Harga Tanaman Crassula

Apakah Anda familiar dengan tanaman Crassula? Tanaman ini juga tergolong sebagai tanaman yang mengandung air atau sukulen layaknya tanaman hias cocor bebek.

Tanaman ini juga ada yang mirip seperti cocor bebek namun bentuknya lebih mungil.

Uniknya, Crassula dipercaya sebagai tanaman yang dianggap memberikan kesejahteraan para pemiliknya.

Maka tanaman ini juga sering dijadikan sebagai hiasan di rumah dan sebagai hadiah bagi orang yang pindah rumah.

Crassula dapat diletakkan di depan rumah maupun pekarangan. Tanaman ini terdiri dari beberapa jenis, namun yang paling terkenal adalah tipe Crassula Ovata. Banyak orang menyebut tanaman ini sebagai coral yang hidup karena bentuknya yang unik menyerupai coral.

Jenis Tanaman Crassula

Tanaman Crassula dapat tumbuh dengan mudah. Tanaman hias ini bahkan bisa tumbuh pada area semak belukar di kawasan iklim hangat. Crassula dapat Anda letakkan pada pot kecil maupun digantung di halaman teras rumah untuk memperindah hunian Anda.

crassula

crassula

Selain adanya Crassula jenis ovata, jenis lainnya yaitu Crassulaperforara. Jenis tanaman ini memiliki daun yang bertumpuk-tumpuk pada area pusat batang.

Tanaman ini bisa tumbuh di are dataran yang tinggi maupun rendah. Crassula yang berasal dari kawasan Afrika Selatan ini membutuhkan sinar matahari di setiap harinya dan bisa bertahan lama tanpa air jika Anda bisa merawatnya dengan tepat. Crassula juga biasanya ditanam pada media tanam yang lembap.

Harga Tanaman Crassula

Lalu jika ingin memilikinya, bagaimana dengan harga tanaman Crassula ini? Anda dapat membelinya secara online maupun di toko-toko tanaman terdekat.

Harga tanaman hias satu ini juga cukup terjangkau. Bibit tanaman ini biasanya berukuran 20 cm dan panjangnya tidak melebihi 50 cm. Perbedaan harga juga dipengaruhi oleh jenis tanaman tersebut dan ukurannya ketika dibeli apakah masih bibit atau sudah mulai besar. Berikut kisaran harga Crassula di Indonesia!

Jenis TanamanHarga
Crassula Ovata SucculentSekitar 40.000
Tanaman Crassula Aborescens CactusSekitar 25.000 ke atas
Tanaman Crassula ArganteaBerkisar 30.000
Tanaman Crassula CampfireBerkisar 60.000-150.000
Bibit Tanaman Crassula OvataSekitar 170.000 ribuan
Tanaman Crassula SpringtimeSekitar 30.000
Tanaman Crassula Ovata MiniBerkisar 50.000
Bibit Tanaman CrassulaRagoda MerahBerkisar 2.000
Tanaman Crassula TricolorBerkisar 35.000-50.000

Perawatan Tanaman Crassula

Perawatan tanaman Crassula bisa dikatakan gampang-gampang susah karena memerlukan perawatan yang teratur dan ada detail yang perludiperhatikan. Media tanam harus Anda perhatikan dengan baik. Tanah yang dapat digunakan untuk menanam tanaman ini bisa tanah yang kering, berpasir, hingga berbatu.

Sementara itu, Crassula tidak perlu untuk Anda siram dengan sering karena daunnya memiliki kemampuan untuk menyimpan air. Sebaiknya Anda menyiram ketika tanahnya mulai kering, sebab jika tanah terlalu lembap juga bisa menyebabkan akar Crassula menjadi busuk.

Pada dasarnya, kunci merawat tanaman ini terletak pada proses penyiraman, pemberian, pupuk, dan juga intensitas cahayanya. Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari, maka Anda dapat menyimpannya di dekat jendela atau di teras yang terkena sinar matahari secara langsung.

Tanaman ini akan tumbuh baik pada kondisi suhu mulai 10 hingga 25 derajat celcius. Anda juga dapat memberikan nutrisi berupa pupuk dengan jangka waktu yang teratur, misalnya dalam jangka waktu 6 bulan sekali. Jangan lupa untuk menyiram Crassula terlebih dahulu sebelum diberi pupuk.

Cukup mudah bukan? Anda hanya peru telaten dan konsisten dalam merawat tanaman ini. Apakah Anda ingin segera membeli Crassula?

Mungkin Anda juga menyukai