Tanaman Hias Paku-Pakuan

Tanaman paku-pakuan menjadi jenis tanaman hias daun yang diminati. Di Indonesia, jenis tanaman ini sangat mudah ditemukan dan memiliki ragam jenis dengan tampilan yang berbeda dan keunikan masing-masing.

Ciri khas yang membedakan tanaman paku-pakuan dengan yang lainnya terletak pada akar, batang dan daun sejati.

Gambar Tanaman Paku-Pakuan

Gambar Tanaman Paku-Pakuan

Tanaman ini bisa tumbuh dalam kondisi daerah subtropis hingga tropis. Biasanya cenderung muda ditemukan di kawasan yang lembap, seperti ditepian tebing, gunung hingga perairan. Bagi Anda yang ingin menjadikannya sebagai hiasan, ada 5 jenis yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan tepat untuk mempercantik rumah. Berikut ulasannya.

Baca Juga : Jenis Tanaman Paku-Pakuan Yang Paling Banyak Diincar

5 Jenis Tanaman Paku-Pakuan untuk Menghias Rumah

Tanaman paku-pakuan sebenarnya terbagi ke dalam banyak kategori, sebut saja seperti tumbuhan paku memiliki daun muda yang menggulung yang disebut dengan sporofil. Ada juga tanaman paku homospora, heterospora dan masih banyak lainnya. Nah, dalam kesempatan ini akan dirangkum 5 jenis yang paling cantik dan popluer, dijamin dapat membuat tampilah rumah jadi lebih indah dan segar.

1.Paku Ekor Kuda

Tanaman paku-pakuan yang pertama dan sering dijumpai adalah paku ekor kuda. Tumbuhan paku yang masuk dalam kelas Arthrophita ini memiliki ciri seperti ekor kuda berupa bentuk yang bercabang-cabang dengan tampilan yang jelas terlihat berupa berbuku-buku atau seperti menumpuk. Lapisan luarnya yang memiliki kandungan silika, tanaman jenis ini terlihat seperti berpasir. Selain cantik, tamanan paku jenis ini biasa dimanfaatkan untuk menggosok  benda-benda metal, sehingga sering disebut juga dengan tanaman penggosok.

Baca Juga : Tanaman Aquascape Terpopuler

2. Paku Kawat

Jenis tanaman paku-pakuan yang berikutnya adalah paku kawat, tanaman yang masuk kategori ini memiliki akan dan batang yang menyerupai kawat dengan bentuk bercabang mirip dengan garpu. Biasnya bentuknya tumbuh memajang ke atas dengan daun kecil yang tidak bertangkai dan bertulang satu. Paku kawat ini mirip sekali dengan pinus, sehingga memiliki julukan pinus tanah karena tumbuhnya menjalar di permukaan tanah.

3. Paku Purba

Paku Purba adalah jenis tanaman paku yang hampir punah, keberadaanya sudah semakin sulit ditemukan.  Tanaman paku-pakuan tipe ini adalah paku telanjang alias tidak memiliki daun yang tumbuh di batangnya. Jika memang memiliki daun, biasanya tidak banyak dan tidak lebar. Untuk proses fotosintesisnya sendiri berlangsung melalu batang tanaman yang menyimpan kandungan klorofil. Dua jenis tanaman paku purba yang yang masih bisa dijumpai di antaranya adalah Rhynia SP dan Psylotum Nudum.

Baca Juga : Kategori dan Jenis Tanaman Paku Yang Ada Di Indonesia

4. Paku Sejati

Tanaman paku sejati menjadi jenis yang paling sering dan mudah dijumpai, bahkan bisa tersebar di pinggir-pinggir jalan. Yang paling mudah dikenali dari jenis paku sejati adalah tanaman paku tanduk rusa yang biasanya menghiasi pohon-pohon besar. Paku jenis ini adalah yang paling sempurna dari struktur tumbuhan karena memiliki akar, batang dan daun sejati. Daun yang tumbuh memiliki ragam yang bervariasi dan merupakan daun makrofil, dengan memiliki tungkai dan tulang daun yang bercabang.

Baca Juga : Klasifikasi Tanaman Paku

5. Paku Bersarang

Jenis terakhir dari tanaman paku adalah paku sarang burung. Menjadi tanaman paku yang sangat populer sebagai tanaman hias. Tanaman paku ini pepoler karena memiliki tampilan yang menarik, biasanya hidup dengan menumpang pada tanaman jenis lain. Paku sarang bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 1.060-1.240 mdpl sehingga bisa dibilang sangat menyukai area yang lembap dan cenderung sejuk. Tanaman ini cenderung memiliki daun yang panjang dan cukup lebar.

Baca Juga : 5 Jenis Tanaman Aquascape Untuk Pemula

Demikianlah ulasan seputar tanaman paku dan lumut yang bisa mudah dijumpai. Anda bisa memilih beberapa di antarnya sebagai penghias rumah. Semoga saja informasi mengenai tanaman paku-pakuan ini bisa menjadi sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *