Harga Tanaman Calathea

1 min read

Calathea Makoyana

Harga Tanaman CalatheaTanaman hias menjadi salah satu komponen penting untuk membuat rumah Anda terlihat semakin indah.

Tanaman-tanaman tersebut mampu memberikan kesan yang fresh, rindang, dan asri. Kegunaan lain dari tanaman hias ini yaitu membuat rumah semakin nyaman untuk ditinggali.

Salah satu tanaman hias yang memiliki daun unik dan sangat indah adalah tanaman Calathea. Bagi Anda yang sedang membutuhkan referensi terkait tanaman hias, maka tanaman satu ini bisa menjadi pilihannya. Lalu, bagaimana dengan harga tanaman Calathea? Kali ini akan dibahas seputar tanaman Calathea secara lebih lengkap.

Tentang Calathea

Tanaman ini memang indah sesuai dengan namanya yaitu Calathea. Ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tropis. Tanaman ini merupakan bagian dari genus Marantaceae. Tanaman hias Calathea bisa tumbuh hingga ketinggian 30 sampai 50 cm. Tanaman cantik ini sungguh unik dan cantik karena daunnya yang lebar dan memanjang serta memiliki motif yang menarik.

Ia juga dikenal sebagai prayer plant karena pada malam hari daunnya bisa menggulung. Hal ini dikarenakan tanaman hias ini sangat sensitif dengan adanya cahaya.

Jenis Calathea

Tanaman Calathea juga terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini terdapat beberapa jenis tanaman Calathea yang banyak disukai oleh para penggemar tanaman hias.

  • Calathea Roseopicta

Corak dari daun tanaman ini sangat indah. Warnanya terlihat ungu di bagian bawah dan terkadang juga muncul bunga putih maupun berwarna ungu kecil-kecil. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu sekitar 8 sampai 24 derajat celcius.

Calathea Roseopicta
Calathea Roseopicta
  • Calathea Multicolor

Tanaman Calathea jenis ini juga bisa menjadi pilihan Anda. Keunikan tanaman ini terletak pada daunnya yang memiliki warna merah marun dan terdapat garis putih di bagian tengahnya. Tanaman ini bisa ditanam di pot maupun ditanam pada area taman atau kebun Anda.

Calathea Multicolor
Calathea Multicolor
  • Calathea Makoyana

Tanaman Calathea jenis ini juga dikenal dengan nama tanaman merak. Hal ini dikarenakan daun ini sangat indah dan menyerupai bulu burung merak. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 60 cm dan cocok untuk ditanam pada lingkungan yang lembap dengan suhu yang ideal mulai 15 hingga 24 derajat celcius.

Calathea Makoyana
Calathea Makoyana

Manfaat Calathea

Manfaat tanaman Calathea ini selain sebagai penghias rumah Anda juga memiliki manfaat lain sebagai penyejuk di dalam ruangan karena tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di dalam ruangan atau indoor.

Tanaman ini juga dipercaya dapat memberikan kebaikan kepada penghuni rumahnya karena dikenal juga sebagai prayer plant. Jika Anda ingin memiliki tanaman ini, maka Anda dapat membeli bibit tanaman hias ini. Berapakah harga tanaman Calathea? Hal ini tergantung dari seberapa besar tanaman tersebut dan juga jenis-jenisnya.

Harga Tanaman Calathea

Jenis Tanaman CalatheaHarga TanamanCalathea untuk Ukuran kecil
Black LipstikHarga mulai 40.000 ke atas hingga ratusan ribu
MakoyanaHarga sekitar 30.000
PicturataArgenteaHarga rata-rata sekitar 20.000
OrnataHarga mulai 15.000
MerakHarga sekitar 45.000-55.000
LancifoliaHarga sekitar 20.000
LevoneroHarga mulai 14.000

Perawatan Calathea

Perawatan Tanaman Calathea ini cukup mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan merawatnya. Ketika hendak menanam tanaman ini, Anda perlu memisahkan anakan dan induknya. Anda dapat mengambil bagian anakkannya lalu ditanam dengan media tanah dan pupuk kandang untuk ditaruh pada pot. Selanjutnya, penyiraman dilakukan dengan sedikit air pada setiap harinya. Proses pemupukan dapat dilakukan selama 6 bulan sekali dan sekaligus dilakukan penggantian media tanam baru.