Budidaya Kangkung


Habitat Kangkung

Budidaya KangkungKangkung termasuk ke dalam tanaman hortikultura yang banyak disukai oleh masyarakat. Tanaman ini berasal dari wilayah India yang kemudian menyebar ke wilayah Asia, Australia dan Afrika. Ada dua jenis kangkung yang biasa kita temukan yaitu kangkung darat dan kangkung air.

Pada umumnya habitat kangkung air yaitu di perairan yang tergenang. Biasanya kangkung tumbuh secara liar atau alami di sawah, parit dan tepi sungai. Sedangkan kangkung darat dapat tumbuh di daerah dengan iklim yang panas dan dingin dengan curah hujan yang baik.

Habitat tanaman kangkung ini kering tanpa air dengan tanah yang subur, gembur, banyak mengandung bahan organic serta tidak dipengaruhi keasaman tanah.

Baca Juga : Khasiat Kangkung

Cara Menanam Kangkung

Sebenarnya cara menanam kangkung itu mudah. Selain dengan cara seperti orang pada umumnya, menanam kangkung juga dapat menggunakan cara hidroponik. (Baca Juga : Hidroponik Kangkung)

Berikut cara untuk menanam kangkung yaitu sebagai berikut.

  • Persiapan benih

Untuk menanam kangkung anda perlu mempersiapkan bibit yang berkualitas dan bebas dari hama penyakit. Pilih bibit yang berasal dari varietas yang memang sudah terbukti kualitasnya.

  • Persiapan lahan tanam

Pastikan lahan tanam yang akan kita gunakan untuk menanam kangkung bebas dari gulma dan rumput liar lalu gemburkan dengan dicangkul.

Buat gundukan tanah dengan lebar sekitar 1 meter dan beri jarak dengan bedengan yang lain sekitar 40 cm. Sebar pupuk atau kompos diatasnya lalu diamkan semalaman.

  • Proses penanaman

Masukkan 2-3 bibit kangkung ke dalam lubang bedengan yang sudah disiapkan. Dengan kerapatan yang tinggi sehingga hasil panen akan tinggi.

  • Proses perawatan kangkung

Siram secara rutin pada pagi dan sore hari, serta menyiangi gulma atau rumput yang semakin banyak.  Jika kangkung terlihat kurang subur maka dapat dilakukan dengan pemuhan.

  • Proses pemanenan

Kangkung dapat dipanen dengan cara dicabut, sedangkan kangkung air dipanen dengan  cara di potong. Proses ini dapat dilakukan 3-5 minggu setelah disebar.

Cara Menanam Kangkung Cabut

Apakah anda tertarik untuk membudidayakan kangkung cabut? Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakannya berikut cara menanam kangkung cabut.

Pertama, pemilihan bibit. Tahap ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang bagus nantinya. Sehingga anda perlu pilih bibit yang berkualitas. Pemilihan bibit ini ada 2 yaitu dengan biji dan stek.

Kedua, persiapan lahan. Cangkul lahan tanam dan buat bedengan untuk bibit. Usahakan pilih tanah yang memiliki tekstur tanah gembur dan subur.

Ketiga, pemberian pupuk. Berikan pupuk dan bedengan pada tanah yang sudah disiapkan. Anda dapat mengunakan pupuk kandang yang sudah di proses terlebih dahulu. Diamkan selama kurang lebih 3-5 hari agar pupuk dapat tercampur sempurna.

Keempat, penanaman benih. Buat lubang dengan garis memanjang 5 cm dan berurutan agar tanaman dapat tumbuh secara teratur. Satu bedangan dengan lebar 1 meter untuk 5-6 baris memanjang tempat penanaman bibit. Tutup lubang dengan tanah yang sudah dicampur NPK/pupuk kandang.

Kelima, perawatan. Lakukan penyiraman secara teratur dan bersihkan tanaman dari hama serta gulma yang ada di sekitar tanaman.

Keenam, pemanenan. Ketika kangkung sudah berumur 30 hari setelah penanaman maka kangkung siap dipanen. Cara panennya cukup dengan dicabut yang sesuai dengan namanya kangkung cabut.

Cara Menanam Kangkung Darat

Mau tau cara menanam kangkung darat? Kangkung darat dapat ditanam dengan cara disebar. Berikut cara menanam kangkung darat dengan cara disebar.

Cara Menanam Kangkung Darat

Cara Menanam Kangkung Darat

Proses penanaman dengan cara ini sangat mudah dan lebih cepat. Tetapi lebih boros dalam penggunaan bibit kangkung. Dalam satu hektar dapat menghabiskan benih kangkung sebanyak 5-10 kg. Selain itu membutuhkan tenaga kerja terampil agar persebaran benih merata. Serta sulit mendapatkan kepadatan populasi tanaman.

Cara Menanam Kangkung Air

Kangkung merupakan jenis sayur yang disukai oleh hampir semua orang. Tahukah and acara menanam kengkung air? Berikut cara menanam kangkung air.

Siapkan bibit dan lahan terlebih dahulu. Setelah itu buat bedengan dengan ukuran sekitar 2 x 1 m dengan kedalam 30 cm. Setelah itu pembibitan, untuk pemilihan bibit pilihlah bibit dengan tinggi sekitar 20-30 cm. setelah itu tanam pada setiap lahan berjarak sekitar 1,5×1,5 cm.

Selanjutnya pemupukan dan penyiraman yang dilakukan 2 kali sehari. Sedangkan untuk pemupukan dapat dilakukan 2 minggu setelah penanaman. Anda juga perlu menjaga tanaman agar terhindar dari hama dan penyakit. Proses yang terakhir yaitu pemanenan.

Cara Menanam Kangkung Dalam Polybag

Cara menanam kangkung dalam polybag sebenarnya tidak terlalu sulit. Langkah pertama anda perlu menyiapkan polybag, tanah dan bibit kangkung terlebih dahulu serta jangan lupa kompos. Isi polybag dengan tanah humus dan kompos secukupnya.

Setelah itu tanam biji kangkung ke dalam polybag, tambahkan pupuk kompos diatasnya. Kemudian lakukan perawatan dengan menyiram tanaman 2 kali sehari pagi dan sore. Setelah berumur 1-2 minggu berikan pupuk secukupnya. Biasanya masa tumbuh tanaman kangkung berkisar antara 30 sampai 45 hari.

Bibit Kangkung

Sekarang ini bibit kangkung dapat kita temukan di berbagai toko tanaman. Selain itu bibit yang ditawarkan bermacam-macam dari berbagai merek.

Harga yang ditawarkan juga bermacam-macam. Anda dapat menemukan bibit kangkung super, bibit kangkung Bangkok dan lain-lain di toko tanaman sekitar anda. Bibit kangkung juga dapat anda dapatkan dari biji buah kangkung.

Cara menanam bibit kangkung

Sebelum menanam bibit hal yang dapat dilakukan yaitu pemilihan bibit dan media tanam terlebih dahulu. Adapun beberapa cara untuk menanam bibit kangkung sebagai berikut:

Buat gundukan tanah dan biarkan selama 1 malam. Kemudian sebar bibit kemudian tutup dengan jaring. Setelah itu lakukan penyiraman selama 2 kali sehari. Tetapi untuk lebih mudahnya anda dapat langsung menanam bibit di dalam polybag atau pot tanpa proses penyemaian.

Benih Kangkung

Benih kangkung dapat kita jumpai di berbagai toko tanaman yang lengkap. Benih kangkung yang berkualitas sangat dibutuhkan sekali untuk hasil panen nantinya. Karena dengan benih tanaman kangkung yang baik maka hasil tanaman kangkung pun akan bagus.

Benih Kangkung Darat

Benih kangkung darat dapat kita temukan di berbagai macam toko tanaman. Atau jika anda ingin budidaya kangkung dapat membuat benih kangkung darat sendiri.

Pilih buah yang sudah tua. Buang tangkai dan tempatkan dalam wadah yang tidak menampung air. Kemudian jemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Setelah itu kupas kulit biji kangkung dengan cara ditekan buahnya. Biji siap digunakan.

Cara Merawat Kangkung

Untuk cara merawat kangkung sebenarnya tidak sulit. Kangkung memerlukan penyiraman secara rutin. Selain itu juga memerlukan zat hara pada saat ada tanda-tanda tanaman mulai menguning. Ketika terdapat rumput atau gulma akan diperlukan penyiangan sehingga tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Biasanya hama yang sering menyerang kangkung yaitu seperti ular dan belalang serta penyakit karat putih. Anda dapat menangani secara manual atau menggunakan pestisida hayati seperti daun nimba, gadung, sereh wangi dan lain-lain.

Mungkin Anda juga menyukai