Wortel


Pengertian Wortel

Wortel merupakan tanaman biennial yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah yang besar.

Pertumbuhan tanaman ini terjadi dengan berbunga pada tahun kedua dengan siklus hidup antara 12 – 24 bulan.

Batang bunga pada tumbuhan ini tumbuh tinggi sekitar 1 meter dengan bunga yang berwarna putih dan memiliki rasa yang manis langu.

Bagian tubuh yang dapat dimakan yaitu pada bagian umbi atau akarnya.

Untuk menghasilkan tanaman yang optimal tanaman ini harus dibudidayakan di dataran tinggi dengan minimal ketinggian 1000 mdpl.

Temperature udara yang optimal untuk menanamnya yaitu sekitar 15 – 21 derajat Celcius. Oleh karena itu kebun tanaman ini sering ditemukan di daerah dengan suhu yang dingin.

Wortel Sayuran Yang Penuh Beta Karoten

Wortel Sayuran Yang Penuh Beta Karoten

Deskripsi Wortel

Wortel atau yang memiliki nama latin Daucus carota L merupakan tanaman sayuran yang diambil umbinya.

Umbi pada tanaman ini memiliki warna oranye yang jelas,memiliki rasa yang gurih, renyah serta sedikit manis.

Tanaman ini dikenal sebagai sumber vitamin A, selain itu juga memiliki kandungan yang banyak dari vitamin B dan vitamin C.

Kandungan vitamin A dalam tanaman sayur ini dapat digunakan untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel sangat baik untuk kesehatan mata terutama dapat meningkatkan penglihatan pada jarak jauh.

Selain itu, ia juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium serta sodium, sehingga baik untuk kesehatan.

Tanaman ini dapat dibudidayakan di dataran tinggi dengan ketinggian minimal 1000 mdpl dengan temperature udara sekitar 15 – 21 derajat celcius untuk hasil yang optimal.

Sayuran ini biasanya diolah dalam campuran untuk berbagai masakan seperti cap cay, acar, sayur bening dan lain sebagainya.

Selain itu juga dapat dijadikan sebagai jus dan memiliki kandungan vitamin yang hampir sama dengan wortel yang dimakan langsung begitu saja.

Kandungan yang ada pada tanaman ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sehingga ia memiliki berbagai macam khasiat di dalamnya seperti kesehatan mata, kolesterol, kanker, sembelit dan lain lain.

Sebaiknya penyimpanan sayur wortel dilakukan pada wadah yang tertutup rapat dan terlindung dari sinar matahari. Hal tersebut bertujuan untuk menjauhkan dari oksidasi oleh udara dan sinar matahari.

Manfaat Wortel

Wortel merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki berbagai macam warna seperti warna ungu, oranye, kuning, merah, putih serta hitam.

Namun, di Indonesia sendiri tanaman yang lebih mudah ditemukan yaitu yang berwarna oranye.

Sayuran ini mudah dikonsumsi oleh bayi dan orang dewasa, baik dimakan secara langsung atau pun dikombinasikan dengan berbagai makanan lain.

Tanaman ini memiliki berbagai macam kandungan di dalamnya.

Sayur wortel mengandung jenis karotenoid yang disebut dengan nama beta karoten.

Sehingga tubuh dapat mengubahnya menjadi vitamin A yang berperan untuk kesehatan mata, kekebalan tubuh, kesehatan reproduksi, komunikasi serta formasi sel dan juga sebagai zat antioksidan.

Studi dalam British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa karotenoid yang ada di dalam tanaman sayur ini dapat membantu melawan penyakit kardiovaskular.

Namun anda juga perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi karotenoid agar tidak berlebihan.

Karena jika anda mengkonsumsi beta karoten berlebihan dalam waktu yang lama maka akan membuat kulit anda berubah menjadi kuning-oranye atau yang disebut dengan carotenoderma.

Dalam satu cangkir wortel mengandung 12 gram karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, mangan serta tembaga yang dapat berperan untuk kesehatan gigi dan tulang, fungsi otot dan sistem syaraf.

Dengan berbagai macam kandungan di dalamnya, tanaman sayur ini memiliki berbagai manfaat dan khasiat loh.

Apa saja ya manfaat dari wortel?

Berikut kami berikan berbagai macam manfaat dari sayuran wortel.

  • Merawat mata

Kandungan vitamin A, beta karotin dan lutein yang ada di dalam tanaman ini dapat mencegah mata dari gangguan atau pun penyakit.

Gangguan dan penyakit tersebut seperti glaucoma, katarak, dan kelainan refraksi (miopi, astigmatisme, dan hipermetropi).

  • Menjaga kesehatan otak

Asupan tinggi pada sayur ini dapat memperbaiki daya ingat dan daya kognitif atau kemampuan berfikir seseorang.

  • Antiradang

Ekstrak sayuran ini dapat mencegah tubuh dari peradangan.

  • Antipenuaan dan kesehatan kulit

Kandungan antioksidan, karotenoid serta polifenol pada sayuran ini dapat membantu memperlambat penuaan. Karena dapat mengurangi radikal bebas dari sinar matahari serta polusi pada tubuh.

  • Menjaga kesehatan mulut

Tahu tidak? Ternyata mengkonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi resiko gigi berlubang loh. Karena ia dapat membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

  • Menjaga kesehatan jantung

Tanaman ini memiliki banyak kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor, serta beta karoten.

Beta karoten mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah serta dapat memperlambat efek penuaan.

Tanaman Wortel

Tanaman ini memiliki struktur batang yang pendek dengan akar tunggang dapat berubah bentuk menjadi bulat yang disebut dengan umbi.

Umbi tanaman ini berwarna kuning kemerah-merahan atau oranye. Itu berarti wortel mengandung senyawa karoten dan flavonoid yang tinggi dan berfungsi sebagai antioksidan.

Daun pada tanaman ini yaitu majemuk bergaris-garis atau lanset dengan 4 sampai 7 tangkai daun yang berukuran Panjang.

Tangkai daun agak tebal dan kaku dengan permukaan daunnya halus.

Bagian batang dari tanaman ini berukuran sangat kecil bahkan terkadang tidak terlihat. Batangnya berdiameter 1 cm sampai 1,5 cm dengan tekstur yang keras, bulat dan tidak berkayu.

Selain itu batang wortel juga tidak bercabang tetapi ditumbuhi dengan tangkkai daun seolah-olah terlihat memiliki cabang.

Tanaman ini memiliki bunga yang tumbuh pada ujung tangkai dengan bentuk menyerupai payung, bertangkai pendek dan tebal.

Memiliki warna merah jambu pudar atau putih, apabila mengalami penyerbukan bunga akan menghasilkan buah dengan ukuran yang kecil dan ditumbuhi bulu-bulu halus serta mengandung biji.

Nama Latin Wortel

Wortel merupakan sayuran yang memiliki warna oranye dengan ukuran yang panjang dan berakar di bawahnya.

Tanaman ini banyak disukai oleh masyarakat dan biasanya diolah atau dikombinasikan dengan sayuran lainnya. Sayuran ini memiliki nama latin Daucus carota L dengan klasifikasi sebagai berikut:

Kingdom                : Plantae

Divisi                      : Magnoliophyta

Kelas                     : Magnoliopsida

Ordo                      : Apiales

Famili                    : Apiaceae

Genus                   : Daucus

Spesies                 : D. carota

Wortel Belgium

Di Indonesia,tanaman ini merupakan tanaman yang popular dikalangan masyarakat karena mudah dimakan oleh bayi atau pun orang dewasa dewasa.

Wortel ini dapat dimakan begitu saja atau pun diolah dengan kombinasi bahan lainnya, tetapi biasanya juga dikonsumsi dengan kombinasi bahan-bahan lain.

Tanaman ini juga memiliki rasa yang gurih, renyah dan sedikit manis.

Namun anda tahu tidak?

Ternyata di luar negeri ada loh daerah yang bernama Wortel. Wortel ini merupakan nama sebuah desa yang berada di kota Hoogstraten, Belgia. Pada tahun 2007 daerah ini memiliki penduduk sekitar 1.700 penduduk.

 

Mungkin Anda juga menyukai