Tomat


Pengertian Tomat

Tomat merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru.

Tanaman yang memiliki nama latin Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum ini memiliki siklus hidup yang singkat dan dapat tumbuh setinggi satu sampai tiga meter.

Tumbuhan dengan buah berwarna hijau, kuning dan merah ini biasanya digunakan sebagai sayuran dalam masakan atau makanan secara langsung tanpa diproses.

Namun tanaman ini dapat dikatakan sebagai salah satu jenis buah-buahan.

Tomat

Tomat

Sejarah Tomat

Kemungkinan tanaman ini berasal dari dataran tinggi pantai barat Amerika Selatan.

Kemudian setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan mereka menyebarkan tanaman ini kepada koloni-koloni mereka yang ada di Karibia.

Selain itu Spanyol juga membawa tanaman ini ke Filipina yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia.

Spanyol juga membawa benih tanaman ini ke Eropa dan tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah dengan iklim Mediterania.

Tanaman Tomat

Tomat merupakan tanaman yang banyak ditemukan diseluruh dunia. Tanaman ini memiliki dua perakaran yaitu perakaran tunggang dan perakaran serabut.

Pohon tomat

Tanaman tomat

Akar tunggang dari tanaman tersebut tumbuh menembus kedalam tanah dan untuk akar serabut tumbuh ke arah samping tetapi dangkal.

Dengan kedua perakaran tersebut sebaiknya tanaman ini ditanam pada kondisi tanah yang gembur dan banyak mengandung unsur hara.

Akar Tomat

Akar Tomat

Buah tanaman ini memiliki bentuk yang bervariasi tergantung dari varietasnya, diantaranya yaitu bentuk bulat, agak bulat, agak lonjong, bulat telur dan persegi.

Warna yang dimiliki dari buah ini juga bermacam-macam dari warna merah, belang kemerahan, kekuningan sampai warna hijau.

Tanaman ini memiliki daun yang berbentuk oval pada bagian tepinya bergerigi dan membentuk celah-celah yang menyirip agak melengkung ke dalam.

Batang tanamannya lunak tetapi dapat disebut kuat karena dapat menopang buah-buahnya meskipun dengan bantuan ajir.

Buah Tomat

Semua orang tentunya tahu dengan buah sayur ini terutama bagi ibu-ibu yang suka memasak di dapur.

Buah ini memiliki bentuk yang bermacam-macam dari mulai bentuk bulat sampai bentuk bulat telur dengan warna yang bermacam-macam dari mulai warna merah sampai warna hijau.

Rasa dari buah ini asam dan manis sehingga cocok jika digunakan untuk menu makanan atau pun minuman. Di bagian dalam buah terdapat biji tomat yang berwarna putih.

Biji tersebut bergerombol dan diselimuti dengan daging buah. Daging buahnya agak lunak dan mengandung banyak air, apabila dibelah maka akan keluar lendir.

Tomat Yang Berbuah

Tomat Yang Berbuah

Semakin tua buah tanaman ini maka akan semakin banyak mengandung air.

Struktur Buah Tomat

Bagian-bagian yang ada di dalam buah ini meliputi eksocarp, mesocarp, dan endocarp.

Eksocarp merupakan bagian terluar atau lapisan terluar dari buah, sering mengandung zat warna buah yang terdiri dari dinding pericarp dan kulit buah.

Struktur Tomat

Struktur Tomat

Bagian mesocarp merupakan lapisan paling dalam yang berupa selaput terdiri dari parenkim dengan ikatan pembuluh atau jaringan tertutup serta lapisan bersel tunggal yaitu lokula.

Sedangkan bagian endocarp merupakan lapisan yang berada paling dalam, terdiri dari biji, plasenta dan columella.

Habitat Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang diperlukan sebagai sayuran, selain terong, paprika, mentimun, zucchini serta labu.

Buah ini mengandung antioksidan alami yang bernama likopen yang merupakan salah satu antioksidan alami paling kuat untuk membantu memerangi radikal bebas penyebab kanker.

Tanaman ini tumbuh pada suhu yang berkisar antara 20-27 oC dengan curah hujan berkisar 750-1250 mg per tahunnya.

Pada umumnya tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-1500 mdpl dan tentunya dengan media tanah yang subur dan gembur dengan kandungan unsur hara yang baik.

Baca Juga :

Kandungan Tomat

Tanaman ini mengandung berbagai vitamin, mineral dan senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Beberapa mineral yang terkandung di dalam buah tomat yaitu Kalsium, Magnesium, Kalium, Natrium, Ferum, Sulfur dan Klorin.

Sedangkan untuk vitamin yang ada didalamnya yaitu vitamin A, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin E serta niasin.

Selain vitamin dan mineral ada juga kandungan lain diantaranya yaitu alkaloid, saponin, asam folat, asam malat, coumarie acid dan cholorogenie acid, bioflanoid yaitu pigmen merah yang bernama likopen, ademin, biotin, trigo melin, histamine, protein, lemak, gula dan serat.

Baca Juga : Khasiat Tanaman Tomat

Tomat Mengandung Vitamin

Tahu tidak?

Ternyata tanaman ini yang memiliki buah berwarna merah ini banyak mengandung vitamin A, vitamin C lima kali lebih banyak dibandingkan dengan buah dengan warna hijau.

Tingkat kematangan pada tanaman buah ini menentukan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya.

Semakin matang buah tersebut maka akan semakin banyak mengandung vitamin C.

Selain mengandung vitamin A dan vitamin C, buah dengan kulit tipis ini juga mengandung vitamin B di dalamnya meskipun dalam jumlah yang tidak banyak.

Vitamin Tomat

Tanaman ini menjadi salah satu makanan dan sumber obat yang dikenal sejak lama dan biasanya masyarakat mengenalnya sebagai sayuran karena digunakan sebagai penambah dalam menu makanan.

Buah tersebut sebenarnya merupakan salah satu jenis berry yang tinggi akan kandungan antioksidan dan berguna dalam melawan radikal bebas serta menjadikan anda awet muda.

Salah satu vitamin yang penting di dalam buah ini yaitu vitamin C.

Berdasarkan penelitian ternyata vitamin C yang terkandung dalam buah tomat ini lebih tinggi loh dibandingkan dengan vitamin C yang terkandung pada buah jeruk.

Selain itu buah ini juga mengandung vitamin B9 dimana kandungan tersebut dapat mempercepat regenerasi sel sehingga membuat tubuh dan pikiran kita tetap muda.

Tomat Buah Atau Sayur

Tomat termasuk buah atau sayur ya?

Kebanyakan dari kita mungkin akan sulit mendeskripsikan tomat.

Sebagian dari kita ada yang menganggap bahwa tanaman ini termasuk buah namun sebaliknya sebagian lagi menganggap jika ia termasuk ke dalam sayuran.

Tahukah anda, jika dilihat dari arti harfiah buah dan sayur ternyata buah tanaman ini termasuk dalam golongan buah dan sayur sekaligus.

Buah didefinisikan sebagai produk tanaman yang mengandung biji dan umumnya dapat dimakan sedangkan sayur didefinisikan sebagai bahan pangan yang berasal dari tumbuhan dan memiliki kadar air yang tinggi.

Sayuran tidak melulu berupa daun tetapi batang yang masih muda seperti rebung, wortel, lobak, bonggol umbi juga termasuk ke dalam sayuran.

Jenis Tanaman Tomat

Tomat yang merupakan sayuran dan buah-buahan ini biasanya digunakan untuk campuran masakan tetapi bisa juga digunakan untuk membuat jus.

Tetapi tahukah anda apa saja jenisnya?

Nah berikut kami berikan beberapa jenis dari tanaman tomat.

  • Tomat cherry memiliki bentuk seperti buah cherry dengan warna merah. Biasanya digunakan sebagai campuran untuk membuat masakan tumisan.
  • Tomat plum hampir sama seperti tomat cherry namun bentuknya lebih lonjong. Biasanya jenis ini diaplikasikan untuk membuat sambal karena rasanya lebih asam dibanding dengan jenis cherry.
  • Tomat hijau ini biasanya dipanen ketika buah tanaman ini masih berusia muda sehingga warnanya seperti namanya yaitu hijau. Buah ini memiliki rasa asam yang lebih tinggi dibanding lainnya dan memiliki kandungan air tidak banyak.
  • Tomat beef memiliki ukuran yang jumbo dan permukaan kulit yang tidak halus. Biasanya jenis ini digunakan untuk isi sandwich karena ukurannya lebih besar bisa membungkus bagian daun selada dan daging.
  • Tomat anggur ini ukurannya hampir menyerupai seperti anggur dan rasanya pun tidak seperti jenis lainnya yang asam. Buah ini memiliki rasa manis, sehingga banyak yang mengkonsumsinya secara langsung. Namun di Indonesia sendiri masih jarang dalam budidaya jenis ini.

Mungkin Anda juga menyukai