Tips Menemukan Peluang Usaha Agribisnis yang Menjanjikan

Menjalankan usaha berbasis tanaman pertanian atau yang lebih dikenal dengan sebutan agribisnis terbilang sangat menguntungkan, apalagi bila melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang memang sangat mencintai sayur-sayuran.

Ingin tau bagaimana tips menemukan peluang usaha agribisnis yang menjanjikan ini?  Yuks simak terus tulisan ini.

Hampir setiap hari masyarakat selalu menjadikan sayuran sebagai pelengkap makan.

Saking menjanjikannya usaha jenis ini, bisa membuat pengusaha yang menekuni agribisnis dapat meraup untung sangat besar setiap bulannya.

Tidak mengherankan bila peluang usaha agribisnis terus berkembang.

Melihat peluang yang ada tentu menjadi hal wajib yang harus dimanfaatkan. Terutama bagi para lulusan pertanian, selain bisa meraup untung, juga bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah sekaligus dapat menghidupkan ekonomi negara di bidang pertanian.

hidroponik, agribisnis, sayuran organik

Tanaman Hidroponik sayuran di rumah

Inilah Tips dan Strategi serta Prospek Menjalankan Usaha Agribisnis

Prospek agribisnis diprediksi terus mengalami kenaikan, termasuk untuk usaha tanaman sayur organik yang bebas dari obat dan pestisida.

Gaya hidup sehat yang berkembang di daerah perkotaan mendorong orang banyak mencari sayuran sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa dijual dengan harga tinggi di pasaran, contoh saja seperti tomat, wortel, kubis, cabai dan lainnya.

Khusus untuk cabai, rasanya menjadi yang paling prospektif karena hobi masyarakat terhadap makanan pedas.

Untuk Anda yang mulai melirik usaha agribisnis ini harus memperhitungkan banyak hal karena usaha dibidang ini memerlukan perhatian lebih dan strategi yang tepat.

Tanaman sayur sangat rentan busuk, sehingga mulai dari proses awal hingga akhir harus dilakukan dengan cepat. Berikut ini beberapa fakta lapangan yang bisa dicermati dan dijadikan tips serta strategi dalam menjalankan bisnis pertanian.

  1. Anda harus mengirimkan sayuran tepat pada waktunya kepada agen-agen penjualan Anda. Coba Anda bayangkan, jika Anda tidak dapat mendistribusikan sayur dengan cepat ke agen atau tempat pemasaran. Tentu saja sayuran tidak lagi segar dan minat masyarakat untuk membelinya jadi menurun. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian dalam usaha pertanian bisnis pertanian. Sebaiknya sejak awal mulai bisnis, selain penyediakan bahan baku atau bibit yang baik juga harus memikirkan proses pengolahan pasca panen hingga tahap marketing atau pemasaran yang baik. Nah, jika ingin sayuran lebih awet maka bisa diolah menjadi berbagai produk yang tahan lama. Inovasi produk pertanian yang tahan lebih lama dan menarik bisa diciptakan untuk menaikan pendapatan sekaligus menarik perhatian pembeli. Inovasi memang sangat dibutuhkan dalam usha agribisnis yang rentan terhadap kerugian.
  2. Anda harus menyadari bahwa tidak hanya dari sayuran saja Anda bisa meraup keuntungan dalam bisnis. Anda bisa mencoba agribisnis peternakan. Pola bisnisnya sebenarnya hampir sama dengan sayur, masyarakat juga gemar mengkonsumsi daging. Bisnis daging sapi menjadi yang paling menjanjikan. Selain itu, untuk memulai usaha ini Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain yang sudah lebih memahami soal hewan. Jika masih ingin belajar untuk mengetahui seluk beluk usaha dibidang peternakan hewan, Anda bisa bergabung dengan perusahaan peternakan yang sudah mapan dalam bentuk investasi. Olahan daging menjadi aneka jenis bahan makanan juga bisa dilakukan. Misalnya dengan membuat produk berupa daging asap kemasan atau abon daging sapi. Intinya jika dijalankan dengan serius, setiap usaha agribisnis akan mendatangkan banyak pemasukan.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha agribisnis kecil-kecilan bisa mencoba metode hidroponik di halaman rumah atau lahan yang tidak terlalu luas serta daerah yang minim air.

Sayuran cenderung harus ditanam pada area dengan suhu rendah dan memiliki asupan air yang cukup.

Tapi dengan metode hidroponik ini Anda tetap bisa mencoba menaman sayuran karena hidroponik merupakan cara menanam tanaman tanpa menggunakan tanah tapi menggunakan air.

Hanya dengan menggunakan lahan halaman rumah dan air yang tidak terlalu banyak agribisnis pertanian tanamanam hidroponik bisa dijalankan dan menghasilkan tanaman yang sehat. Tentu saja juga menguntungkan.14

You may also like...

2 Responses

  1. February 23, 2018

    […] Sebenarnya, tidak hanya 3 jenis tanaman perkebunan di atas yang dapat memberikan peluang usaha agribisnis yang menguntungkan. […]

  2. April 8, 2018

    […] untuk mencukupinya menjadi sinyal tingginya prospek budidaya 4 jenis palawija di atas dalam bidang agribisnis pertanian. Potensi pasar yang tinggi tentu menjadi salah satu indikator peluang yang menguntungkan untuk […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *