Tingkatkan Perekonomian Dengan Sistem Pertanian Berkelanjutan Di Indonesia

Pertanian berkelanjutan di Indonesia merupakan sebuah sistem terintegrasi yang menggunakan 2 obyek sebagai praktik produksi untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat di Indonesia.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki luas wilayah jutaan kilometer yang terbagi ke dalam dua wilayah yaitu lautan dan daratan.

Luasnya wilayah tersebut menyebabkan masyarakat Indonesia mayoritas bermata pencaharian di sektor pertanian. Oleh karena itu, sebagai dasar pembangunan yang lebih baik, pada tanggal 9 Januari 2012 dikeluarkan Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2012 tentang Insentif Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Pertanian berkelanjutan di Indonesia adalah sebuah gerakan pertanian di Indonesia yang menggunakan ekologi, dalam praktik produksinya menggunakan tanaman dan hewan yang dilakukan dalam lokasi yang telah ditentukan dan memiliki jangka waktu yang panjang dalam pengelolaannya.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pertanian Berkelanjutan di Indonesia

Pertanian berkelanjutan adalah suatu sistem bertani yang mengintegrasikan secara komprehensif antara organisme, sosial ekonomi masyarakat, serta lingkungannya.

Untuk mendukung kegiatan pertanian berkelanjutan yang baik, maka Anda perlu memperhatikan beberapa poin-poin penting, sebagai berikut:

Sistem Pertanian Berkelanjutan

Sistem pertanian berkelanjutan merupakan sistem pertanian yang dilakukan bergantung pada kesejahteraan alam, sifat pembangunan tersebut tidak merusak alam, mengubah, dan semuanya berjalan selaras, serasi, dan seimbang dengan sektor pertanian di lingkungan sekitar dan pelaksanaannya tunduk serta patuh terhadap alam.

Maksud dari sistem tersebut yaitu semua tata cara dan aturan yang telah terbentuk dapat berjalan dalam jangka waktu yang lama/berkelanjutan secara terus-menerus agar seluruh kebutuhan yang berhubungan dengan pengelolaan pertanian dapat terus meningkat dan berkualitas baik bagi alam, lingkungan maupun masyarakat sekitar.

pertanian terpadu untuk menunjang pertanian berkelanjutan

Pertanian terpadu untuk menunjang pertanian berkelanjutan

Manfaat Pertanian Berkelanjutan

Manfaat pertanian berkelanjutan bagi masyarakat, terutama masyarakat Indonesia sebagai masyarakat agraris adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat secara keseluruhan.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya alam dan lingkungan yang bersumber dari sektor pertanian.
  3. Memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.
  4. Memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara efisien.
  5. Meminimalisir dampak negatif akibat aktivitas usaha pertanian yang dapat merusak alam dan seisinya.
  6. Menjaga keberlanjutan dan keuntungan dalam bidang usaha pertanian dalam jangka waktu yang panjang.
  7. Konsep Pertanian Berkelanjutan

Konsep Pertanian Berkelanjutan

Konsep pertanian berkelanjutan muncul pertama kali pada tahun 80-an, beberapa tokoh penting dunia mendeklarasikan paradigma tentang pembangunan keberlanjutan yang didalamnya juga membahas mengenai keberlanjutan dalam bidang pertanian.

Adanya paradigma tersebut, seiring berjalannya waktu, kesadaran akan lingkungan terutama bidang pertanian semakin meningkat dan diperkaya dengan kajian pemikiran dan metode pelaksanaan yang konkret disertai teori dari berbagai disiplin ilmu dan diterapkan oleh masyarakat.

Tujuan Pertanian Berkelanjutan

Tujuan pertanian berkelanjutan adalah dapat mewujudkan kondisi yang ideal/berkualitas.

Dalam hal ini, bagi masyarakat Indonesia, tujuan tersebut berarti dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera, sehingga tidak ada lagi masyarakat di Indonesia yang berkesusahan.

Untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut, maka diperlukan kerjasama antar elemen-elemen utama pelaksanaan sistem tersebut seperti komunitas internasional, negara, lembaga pembangunan, organisasi swadaya masyarakat, hingga konsumen yang harus turut serta mendorong serta mengawasi pelaksanaan sistem pertanian tersebut.

Itulah informasi penting mengenai pertanian berkelanjutan di Indonesia Semoga dengan dibuatnya Peraturan Pemerintah tentang Insentif Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LPPB) dapat menyongsong kebangkitan pembangunan nasional di bidang pertanian dalam jangka waktu yang panjang. D

Dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Indonesia namun tetap menjaga lingkungan pertanian itu sendiri.

You may also like...

2 Responses

  1. February 15, 2018

    […] Melihat peluang yang ada tentu menjadi hal wajib yang harus dimanfaatkan. Terutama bagi para lulusan pertanian, selain bisa meraup untung, juga bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah sekaligus dapat menghidupkan ekonomi negara di bidang pertanian. […]

  2. February 15, 2018

    […] karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membayar zakat dari hasil pertanian yang Anda […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *