Teknik Hidroponik NFT

Sistem bertanam hidroponik memiliki banyak keunggulan.  Meskipun ini teknik baru namun ada cara untuk menanam hidroponik sederhana. Cara menanam hidroponik sederhana ini bisa dilakukan dilingkungan sekitar kita termasuk di rumah.

Pengertian Hidroponik NFT

Hidroponik Nutrient Film Technique adalah hidroponik yang menggunakan teknis aliran tipis.  Artinya, hidroponik ini hanya menggunakan aliran air (nutrien) sebagai medianya.

Baca Juga : Teknik Hidroponik

Keunggulan Hidroponik NFT

Keunggulan sistem hidroponik ini antara lain air yang diperlukan tidak banyak, kadar oksigen terlarut dalam larutan hara cukup tinggi, air sebagai media mudah di dapat dengan harga murah, pH larutan mudah diatur dan tingan sehingga dapat disangga dengan talang.

Tanaman Yang Ditanam Dengan Hidroponik NFT

Hidroponik NFT pada umumnya digunakan untuk sayuran berumur pendek, misalnya pakcoy, caisim, lettuce, kailan, bayam, dan kangkung. Tomat, paprika dan mentimun juga bisa dibudidayakan dengan sistem NFT tetapi satu bed hanya diisi 2-3 baris talang agar tanaman tumbuh melebar.

Baca Juga : 9 Macam Tanaman Sayur Hidroponik Yang Bisa Dijual Dengan Harga Mahal

Desain Hidroponik NFT

Sebagai penyangga tanaman, digunakan tali yang diikat pada kawat di bagian atas greenhouse .  Perlu diingat bahwa bobot biomassa sayuran buah yang sedang berproduksi kira-kira 3-5kg/tanaman.

Biomassa yang melebihi 5 kg dapat mengakibatkan kawat yang direntangkan ke atas melengkung.  Talang pun dapat melengkung sehingga aliran larutan hara tidak normal lagi.

Sebagai pengganti tali kasur, bisa digunakan belahan bambu setinggi 3 m yang ditancapkan di sisi setiap tanaman.  Belahan bambu ini digunakan sebagai rambatan ke atas.

demikian, bobot biomassa tanaman akan bertumpu pada tanah melalui bambu.  Talang tidak terbebani biomassa sehingga tetap rata dan tidak melengkung.

baca juga : Rahasia Meramu Pupuk Untuk Hidroponik

Instalasi Hidroponik NFT

Cara membuat instalasi hidroponik sederhana untuk menanam sayuran ini adalah sebagai berikut :

  1. Pembuatan Kerangka Hidroponik NFT

  • Buat kerangka konstruksi terbuat dari aluminium atau kayu
  • Tinggi kayu dikurangi 5cm setiap meternya sehingga talang yang diletakkan di atasnya akan mempunyai kemiringan 5%
  • Pasang talang hujan paralon terbuat dari PVC berbentuk U dengan panjang 4m, tinggi 12cm, lebar dasarnya 11cm dan berbentuk rata.
  • Kedua ujung talang diberi tutup yang terbuat dari PVC juga
  • Tutup pada talang bagian atas di beri lubang untuk selang PE ukuran 8mm sebagai inlet atau masuknya kucuran larutan ke dalam talang. Tutup pada ujungnya diberi lubang untuk selang PE ukuran 13mm sebagai outlet atau keluarnya kelebihan larutan.
  • Selang PE disambung dengan paralon yang bermuara di kolam tandon.
  • Di dalam kolam ada pompa submersible atau pompa celup yang memompakan kembali larutan ke inlet talang sebagai kerja resirkulasi atau daur ulang aliran. Dengan kemiringan 5% debit larutan hara yang masuk melalui inlet ke dalam talang 1,5L per menit dan larutan akan mengalir ke ujung bawah. Tebal aliran hanya 3-4 mm sehingga disebut film (lapisan tipis).  Dengan besar debit tersebut, tanaman diujung bawah tetap akan mendapatkan aliran larutan sehingga pertumbuhan tanaman di sepanjang talang akan sama.
    Gambar Kerangka Hidroponik NFT Sederhana

    Gambar Kerangka Hidroponik NFT Sederhana

    Baca Juga : Segarnya Tanaman Buah Hidroponik

  1. Penanaman

  • Proses menanam di awali dengan meletakkan anak semai ke tengah paralon.
  • Apabila akan anak semai tidak menyentuh larutan nutrisi, maka gelar guntingan kertas koran selebar dasar talang dan sepanjang talang. Kertas koran berfungsi sebagai sumbu pengantar larutan ke akar anak semai
  • Sebagai penyangga tanaman, gunakan styrofoam berukuran panjang 100cm, lebar 11 cm, dan tebal 1,5 cm.
  • Agar styrofoam tidak berada di dasar talang, diberi penyangga berupa batu split
  • Batu split berukuran 2-3 cm diletakkan secara zig zag di dasar talang dengan jarak sekitar 25cm. Dengan ukuran batu split tersebut berarti ada rongga udara setebal 2-3 cm antara dasar talang dengan helaian styrofoam
  • Batu split berukuran 2-3 cm yang digunakan untuk menopang helaian styrofoam dapat diperbesar menjadi 3-4 cm untuk sayuran kailan. Kalian mempunyai hipokotil atau pangkal batang yang panjang sekali
  • Potongan styrofoam yang ditumpangkan pada batu split diberi lubang tanam berdiameter 1,5cm seetiap 15cm.
  • Pada lubang styrofoam tersebut di tancapkan anak semai dengan atau tanpa di bungkus dengan busa
  • Pada sayuran buah dan buah hidroponik, perlu diberi penyangga bambu agar berat buah tidak membuat paralon melengkung. Ini akan menghindari ketidaklancaran aliran nutrisi di dalam paralon.
Penanaman Sayuran Hidroponik NFT

Penanaman Sayuran Hidroponik NFT

Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Yang Memberikan Hasil Maksimal

Demikian artikel cara menanam hidroponik sederhana dengan teknis NFT ini di susun.  Penerapannya bisa untuk cara menanam cabe hidroponik sederhana.  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *