Tanaman Sayuran di Halaman Rumah

UntukĀ  menghiasi halaman rumah, Anda dapat memilih berbagai tanaman. Namun alangkah lebih baiknya Anda memilih tanaman sayuran untuk mengisi halaman rumah. Selain untuk menambah keindahan dari halaman rumah, tanaman sayuran juga dapat mengurangi pengeluaran belanja Anda. Karena dana yang seharusnya digunakan untuk membeli sayuran, tidak akan digunakan, karena tinggal mengambil di halaman rumah Anda. Apa saja jenis tanaman yang dapat ditanam di halaman rumah? Berikut informasi untuk Anda.

Jenis Tanaman Sayuran

  1. Wortel

Wortel adalah salah satu tanaman sayuran yang dapat di tanam di halaman rumah. Jika Anda tidak memiliki halaman yang cukup, dapat digunakan kontainer untuk menanam wortel. Satu yang perlu diperhatikan bahwa tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang baik, sehingga wortel dapat bertumbuh dengan baik. Wortel tergolong dalam tanaman sayuran yang cepat panen, karena hanya memerlukan 80-90 hari waktu tanam. Dan setelahnya Anda dapat memanen wortel langsung dari halaman rumah sendiri.

tanaman sayuran di halaman rumah

tanaman wortel di halaman rumah

  1. Cabai

Cabai adalah tanaman sayuran dalam pot atau tanpa pot sebagai media tumbuhnya. Tanaman sayuran ini pun tidak terlalu membutuhkan perhatian khusus, karena tanaman ini dapat tumbuh pada suhu 26-37 derajat celcius. Satu kali panen tumbuhan ini akan menghasilkan 40-50 buah cabai. Tentunya, satu kali panen sudah cukup untuk dikonsumsi selama satu bulan dan mengurangi pengeluaran Anda. Cabai bisa dibudidayakan sebagai tanaman sayuran hidroponik dan juga tanaman sayuran di polybag sehingga sangat mudah ditanaman di rumah.

  1. Bawang Bombai

Penanaman tanaman sayuran ini pun hampir sama dengan tanaman sayuran lain. Perbedaannya terletak pada, tanaman ini tidak boleh terlalu banyak terkena cahaya. Karena bila terlalu banyak terkena cahaya tanaman ini akan rusak. Tanaman ini hanya memerlukan tanah yang baik, drainase dan kebaikan pupuk. Dan untuk pertama kali, Anda harus meletakkan tanaman ini di tempat yang gelap dengan suhu 18-20 derajat celcius. Bawang jenis ini juga termasuk jenis tanaman sayuran yang cepat panen.

  1. Ketimun

Menanam ketimun tidak terlalu sulit namun juga tidak mudah. Untuk menanam tanaman ini pertama kali, Anda harus memilih varietas hibrida F1 yang dapat menghasilkan bunga betina. Setelah Anda berhasil menanam ini, Anda harus bersiap-siap untuk memanen ketimun 3 sampai 4 lusin dalam sekali panen. Namun, untuk menanam tanaman ini perlu diperhatikan suhu pada saat penanamannya. Suhu yang tepat untuk menanam ketimun adalah 21-24 derajat celcius sehingga timun tergolong sebagai tanaman sayuran dataran tinggi.

  1. Brokoli

Tanaman sayuran kelima ini cukup mudah untuk ditanam. Anda hanya membutuhkan satu buah pot untuk satu bibit brokoli. Pot tesebut haruslah memilki kedalaman 12 sampai dengan 16 inchi. Ini berguna agar bibit brokoli yang ditanam dapat bertumbuh dengan baik. Sehingga dapat di panen. Permasalahan utama dalam penanaman brokoli adalah hama ulat. Anda harus selalu waspada dan mengenali ciri dari hama ulat tersebut. Cirinya adalah dilihat dari kupu-kupu yang mengitari tanaman brokoli Anda. Biasanya masalah ini muncul bila brokoli dibudidayadakan sebagai tanaman sayuran organik.

Tanaman sayuran yang telah disebutkan dapat dijadikan sebagai tanaman sayuran di halam rumah. Atau jika ingin membuat penampilan halaman lebih menarik, Anda dapat menanamnya secara bergantian. Sehingga ketika panen tiba, halaman terlihat lebih berwarna-warni. Kelima tanaman sayuran di halaman rumah ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan. Karena memiliki manfaat masing-masing. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk para pembaca. Selamat mencoba dan selamat menghias kebun!

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Februari 5, 2018

    […] Anda mempunyai sebuah keingian untuk berbudidaya tanaman sayuran di rumah, Anda tentunya harus mencermati lahan yang akan digunakan untuk kegiatan budidaya tanaman […]

  2. Mei 5, 2018

    […] Baca juga : Tanaman Sayuran Yang Dapat Dibudidayakan Di Halaman Rumah Anda […]

  3. Mei 7, 2018

    […] Baca juga : Tanaman Sayuran Yang Dapat Dibudidayakan Di Halaman Rumah Anda […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *