Tanaman Pangan dan Pentingnya bagi Kehidupan

Melimpahnya lahan pertanian yang ada, ditambah banyaknya penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai petani, membuat Indonesia mendapatkan julukan sebagai negara agraris terbesar di dunia. Sebuah prestasi yang membanggakan tentunya untuk kita semua, karena bagaimanapun kita merupakan bagian dari negara Indonesia yang kaya raya ini.

Ini tentunya sebuah peluang usaha sekaligus bisnis yang sangat menjanjikan untuk Anda jalani. Selain mampu meningkatkan kualitas pangan nasional, dengan membudidayakan tanaman pangan juga mampu membuat kebutuhan pangan Anda pribadi terpenuhi. Tidak cukup sampai disitu, jika Anda sukses membudidayakan tanaman pangan di Indonesia, Anda juga mampu bermanfaat untuk kepentingan orang banyak.

Baca Juga :Tingkatkan Perekonomian Dengan Sistem Pertanian Berkelanjutan Di Indonesia

 Aneka Tanaman Pangan di Indonesia

Tanaman pangan adalah berbagai macam jenis tanaman yang dapat menghasilkan karbohidrat dan protein. Karbohidrat dan protein inilah yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia untuk menjalankan berbagai macam aktivitas dalam menjalani sebuah kehidupan. Hal ini menekankan betapa pentingnya fungsi tanaman pangan untuk kelangsungan hidup manusia. Lalu apa saja tanaman yang bisa dijadikan sumber pangan? Ini dia daftarnya.

  1. Padi atau Beras

Beras yang dihasilkan oleh tanaman pangan padi menjadi sumber utama bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Padi masuk dalam kategori tanaman pangan serealia yang juga satu kelopok dengan gandum dan sorghum.

Beras memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa memberikan tenaga bagi manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, kandungan glukosa yang cukup tinggi juga bisa membuat manusia tidak mudah lemas dan memiliki asupan gizi yang cukup.

Tidak hanya itu saja, kandungan serat, protein dan vitamin di dalamnya juga menjadi unsur penunjang lain yang membuat beras selalu diolah menjadi nasi yang selalu dikonsumsi oleh setiap orang.

  1. Jagung

Pada zaman dahulu, banyak orang yang tidak mampu membeli beras dan akhirnya beralih mengkonsumsi jagung sebagai sumber pangan utama.

gambar tanaman jagung, tanaman pangan serealia

gambar tanaman jagung

Jagung juga merupakan tanaman pangan dan hortikultura yang memiliki kandungan yang hampir setara dengan beras, bahkan dianggap lebih sehat. Namun, memang rasanya tidak seenak beras.

Cara mengolah jagung menjadi makanan juga tidak jauh berbeda dengan beras. Biasanya jagung harus ditumbuk dulu agar halus sehingga bisa dimakan dengan mudah.

Kandungan gizi jagung yang bermanfaat untuk tubuh di antaranya seperti karbohirat, serat pangan yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama, gula, pati dan masih banyak lainnya.

  1. Kentang

Kentang menjadi komoditi yang cukup menguntungkan mengingat harganya yang tinggi dan konsumsi masyarakat akan kentang juga tinggi.

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha agribisnis tanaman pangan dan hortikultura, rasanya kentang adalah peluang yang bagus. Terlepas dari itu, kentang sangat bernilai gizi tinggi.

Biasanya pencari tanaman kentang adalah penderita diabetes. Kentang memang memiliki kadar gula dan karbohidrat rendah sehingga sangat baik menggantikan beras. Selain itu, masih ada berbagai kandungan lain yang sangat sehat seperti vitamin, mineral, serat, dan tinggi antioksidan yang dapat mencegah kanker.

Demikianlan beberapa jenis tanaman pangan yang bisa Anda manfaatkan dan tentunya sangat bergizi. Masih ada banyak lagi aneka tanaman untuk sumber pangan bahkan jumlahnya bisa lebih dari 10 jenis tanaman pangan lainnya misalnya seperti singkong, ubi, talas dan lain-lain.

Tersebarnya berbagai jenis tanaman pangan yang ada di Indonesia juga semakin mempermudah Anda untuk mendapatkan energi utama dalam tubuh Anda.  Semoga saja informasi yang dihadirkan dapat memberikan informasi sekaligus alternatif sumber pangan bergizi untuk Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *