Tanaman Palawija Termahal

Tanaman palawija menjadi jenis tanaman yang sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Tanaman palawija adalah tanaman kedua bila dilihat dari harafiah katanya.

Kata palawija sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang dimaknai bahwa tanaman tersebut merupakan tanaman hasil panen kedua. Dimana tanaman panen pertama adalah padi.

Tanaman palawija ini memiliki ragam jenis yang semuanya memiliki kegunaan masing-masing.

Biasanya tanaman palawija ditanam secara bersamaan dengan padi, namun ditanam pada bagian pinggiran sawah, atau ditanam pada saat bukan musim tanam padi.

Jadi, para petani memanfaatkan lahan agar tetap produktif dengan menanam jenis palawija. Kira-kira apa saja yang menjadi bagian dari palawija? Ini dia beberapa di antaranya.

4 Macam Tanaman Palawija Paling Menguntungkan

Sebagai tanaman yang sangat bermanfaat dan juga bernilai ekonomi tinggi, tanaman palawija bisa dijadikan alternatif untuk mendulang keuntungan.

Nah, jenis tanaman palawija apa saja yang populer dan memiliki harga jual yang tinggi? Mari simak jenis-jenisnya berikut ini.

Baca Juga : Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Paling Ampuh

1. Jagung

Jagung merupakan jenis tanaman palawija yang populer dan sering dipilih oleh petani.

Jagung memiliki banyak kegunaan di masyarakat dan selalu memiliki peminat yang tinggi, tidak heran bila harga jualnya juga cukup tinggi.

Jagung biasanya dimanfaatkan untuk menjadi pakan burung dan diolah menjadi berbagai jenis kuliner yang nikmat.

Hal tersebut karena jagung juga merupakan makanan penghasil karbohidrat yang cukup tinggi dan bisa dijadikan alternatif, rasa yang dihasilkan dari nasi jagung juka enak dan ternyata sangat baik untuk kesehatan.

2. Sorgum

Jenis palawija lainnya adalah tanaman sorgum. Sorgum ini memiliki tampilan yang khas mirip padi hanya saja bentuknya bulir-bulir kecil berwarna hitam.

Sorgum juga dapat menjadi sumber penghasil karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, tanaman serba guna ini juga bisa diolah menjadi makanan tradisional, digunakan untuk pakan ternak, dan dimanfaatkan dalam industri.

Di beberapa negara seperti negara di Asia Selatan dan Afrika, tanaman ini menjadi salah satu makanan pokok yang utama.

3. Kentang

Kentang masuk dalam jenis umbi-umbian yang sudah dikenal baik oleh masyarakat. Banyak sekali kuliner yang memanfaatkan tanaman yang satu ini.

Kentang juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, jika memakan beberapa butir kentang Anda bisa kenyang. Di samping itu, kentang ditengarai lebih sehat karena mengandung kadar gula yang rendah, tidak heran bila para penderita diabetes disarankan untuk beralih pada kentang sebagai pengganti nasi.

Harga kentang di pasaran juga relatif tinggi sehingga menjadikannya sebagai tanaman palawija termahal.

Baca Juga : Khasiat Tanaman Herbal Untuk Kesehatan

4. Kacang Hijau

Dari keluarga kacang-kacangan juga hadir tanaman palawija, yaitu kacang hijau. Kacang hijau merupakan kacang yang sangat baik bagi tubuh.

Tanaman ini mudah sekali ditemukan dan sering diolah menjadi kuliner berupa bubur yang juga merupakan makanan khas dari Indoensia.

Kacang hijau sebagai tanaman palawija cocok ditanam di daerah tropis seperti Indonesia.

Keberadaanya bisa tumbuh subur jika dibudidaya di tanah persawahan yang memiliki sinar matahari cukup dan suhu yang hangat.

Kacang hijau juga termasuk tanaman yang mudah dalam perawatan dan cepat panen, sehingga tentu saja menguntungkan.

tanaman palawija adalah, tanaman palawija termahal, tanaman palawija apa saja, tanaman palawija cocok ditanam di daerah, Tanaman Kacang Hijau

Tanaman Kacang Hijau

Demikianlah daftar nama-nama tanaman palawija yang terpopuler dan memiliki harga jual yang menjanjikan.

Anda bisa mencoba untuk membudidayakan beberapa di antaranya sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Menjadi petani tanaman palawija di sela-sela menanti musim tanam padi tentu saja dapat memberikan Anda penghasilan tambahan yang lumayan. Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *