Tanaman Palawija di Indonesia

Tanaman Palawija di Indonesia Yang Paling Terkenal – Tanaman palawija di Indonesia sangat beraneka ragam. Bahkan jumlahnya sangat banyak. Sebagai negara tropis, Indonesia merupakan tempat yang sempurna untuk tumbuh berbagai jenis tanaman.

Pengertian dari palawija adalah tanaman lain yang ditanam untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk selain tanaman pangan.  Sering disebut juga sebagai tanaman secondary atau tanaman kedua.

Palawija sendiri menjadi pilihan bagi banyak petani untuk ditanam pada lahan persawahan atau di ladang. Dengan menanam palawija, maka masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik.

Bahkan di beberapa daerah yang tidak bisa tumbuh padi dengan baik, menanam palawija adalah pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Harga jual di pasaran juga sangat baik untuk beberapa jenis palawija. Dalam kesempatan kali ini, Anda bisa mengenal dan mengetahui lebih jauh tentang jenis-jenis dan bagaimana budidaya tanaman palawija.

5 Ragam Jenis Tanaman Palawija di Indoenesia

Contoh tanaman palawija adalah kentang, ubi, singkong, kacang panjang, dan wortel. Semuanya akan dibahas dalam ulasan berikut ini.

1.Kentang

Tanaman palawija yang menguntungkan bisa disematkan pada kentang. Kentang bisa tumbuh dengan baik pada suhu yang relatif dingin, tanaman ini hanya bisa tumbuh pada wilayah dataran tinggi.

Kentang sangat kaya akan manfaat dan memiliki banyak kandungan untuk kesehatan. Biasanya digunakan untuk berbagai olahan makanan. Bagi penderita penyakit gula atau diabetes melitus, kentang adalah sumber karbohidrat utama yang sangat baik agar tingkat gula dalam darah dapat terkontrol dengan baik.

2. Ubi

Ubi menjadi jenis tanaman palawija di Indonesia yang selanjutnya. Tanaman ini masuk dalam keluarga umbi-umbian dengan rasa manis yang nikmat. Setelah di kukus, biasanya tekstur yang dihasilkan mirip dengan kentang.

Ubi sangat baik untuk kesehatan, terutama ubi ungu yang sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit karena tanaman ini mengandung likopen yang tinggi dan betakaroten yang baik untuk kesehatan mata serta kulit. Ubi menjadi tanaman palawija yang cocok di musim hujan.

Baca Juga : Mengenal Aneka Macam Tanaman Palawija Dengan Harga Jual Tinggi

3. Kedelai

Kedelai adalah tanaman palawija yang masuk dalam keluarga polong-polongan. Tanaman yang satu ini dimanfaatkan untuk bahan baku berbagai jenis makanan dan industri, terutama di kawasan Asia.

Seringkali dipakai untuk membuat kecap, susu, tahu dan tentu saja sebagai bahan dasar makanan paling terkenal di Indonesia yaitu tempe.

Manfaat kedelai adalah sangat baik untuk tubuh, tanaman ini baik untuk mencegah radikal bebas dan baik untuk kesehatan jantung karena rendah kolesterol. Untuk Anda penderita jantung juga disarankan banyak mengkonsumsi tahu dan tempe yang direbus.

4. Kacang Panjang

Kacang panjang adalah jenis tanaman palawija di Indonesia yang lebih dikenal sebagai sayur. Sayur kacang panjang menjadi olahan makanan yang sering disajikan dalam keseharian masyarakat Indonesia, harga yang murah, mudah didapat dan rasanya yang enak membuatnya sangat digemari.

Sebagai tumbuhan hijau, kacang panjang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan bisa dijadikan sebagai pencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

tanaman palawija yang menguntungkan, tanaman palawija yang cocok di musim hujan, contoh tanaman palawija adalah, budidaya tanaman palawija, tanaman palawija ditanam pada musim

Tanaman Kacang Panjang

5. Wortel

Satu lagi tanaman palawija yang sangat baik untuk kesehatan dan banyak ditemukan yaitu wortel. Sayuran yang berbentuk panjang dan berwarna oranye cerah ini mengandung vitamin A yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, wortel juga dapat membantu mencerahkan kulit, mencegah penyakit kanker dan berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya. Tanaman wortel biasanya tumbuh di dataran tinggi dengan suhu yang dingin dan merupakan tanaman palawija ditanam pada musim penghujan.

Baca Juga : Cara Budidaya Palawija Yang memiliki Nilai Komersial Tinggi

Demikianlah ulasan seputar 5 jenis tanaman palawija di Indonesia yang paling mudah dijumpai dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *