Tanaman Paku-Pakuan

Ada banyak jenis tanaman paku-pakuan yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Tanaman jenis ini tergolong mudah tumbuh dalam segala jenis iklim, hanya saja memang tidak bisa berada dalam suhu yang terlampau ekstrem, entah sangat dingin atau sangat panas.

Sebagai daerah tropis, banyak tumbuhan paku yang bisa dijumpai di Indonesia. Tanaman paku ini memiliki banyak kegunaan, yang paling umum tentunya dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Baca Juga : Berbagai Macam Tanaman Hias Bunga Yang Mempesona

Sebagai tanaman hias, paku-pakuan mampu memberikan kesan yang menarik meskipun tanaman ini cenderung tidak memiliki banyak daun.

Dalam kesempatan kali ini, mari kenali lebih jauh tentang jenis tumbuhan paku untuk dikoleksi.

Baca Juga : Jenis dan Kategori Tanaman Paku Yang Ada Di Indonesia

Ragam Jenis Tanaman Paku-Pakuan Paling Banyak Diincar

1. Paku Sarang Burung

Tanaman paku sarang burung atau juga sering hanya disebut dengan paku sarang memiliki nama ilmiah Asplenium Nidus. Tanaman ini sangat populer sebagai tanaman hias dan banyak digilai oleh para penghobi tanaman hias.

Paku Sarang Burung

Paku Sarang Burung

Paku sarang merupakan tumbuhan yang biasanya hidup dengan cara menumpang pada batang pohon lain, namun bukan merupakan parasit. Tanaman ini hidup pada suhu yang sedang pada ketinggian antara 1.060-1.240 mdpl.

Ciri-ciri daunnya berbentuk daun tunggal yang memanjang dari bagian bawah hingga atas dengan batang yang pendek yang diselimuti oleh bulu-bulu halus yang lebat.

2. Paku Kawat

Jenis tanaman paku-pakuan lainnya adalah paku kawat. Tanaman paku kawat memiliki banyak sebutan lain, misalnya saja paku rambut dan pinus tanah.

Tanaman ini juga dilihat sepintas memang sangat mirip dengan pohon pinus yang memiliki tampilah batang yang dihiasi oleh sejenis daun seperti duri yang berdiri tegak dengan ujung runcing.

Paku Kawat

Paku Kawat

Hanya saja paku kawat ini tumbuh di tanah. Ciri lain yang bisa dijumpai selain batangnya yang berbentuk seperti kawat adalah tanaman ini memiliki akar, batang dan daun sejati dengan habitat tumbuh yang berada di kawasan tropis.

3. Paku Sejati

Tanaman paku sejati atau Pteropsida adalah jenis paku yang paling mudah ditemukan dengan jumlah spesies yang mencapai 12.000. Habit yang paling digemari oleh paku jenis ini adalah daerah yang lembap pada wilayah topis, dengan hidup di sekitar air,  permukaan tanah, dan epifit pada pohon.

Paku Sejati

Paku Sejati

Tumbuhan paku sejati juga menjadi ragam tanam hias yang juga memiliki banyak peminat. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang besar dan melebar dengan daun yang juga membentuk sirip. Nama paku sejati sendiri disematkan karena tumbuhan paku ini dianggap menjadi tanaman pakis yang sebenarnya.

Baca Juga : Harga Tanaman Hias 2018

4. Paku Suplir

Jenis tananam paku-pakuan yang tidak kalah populer bahkan menjadi yang paling sering dicari adalah tanaman paku suplir. Tanaman ini kerap menjadi hiasan halaman rumah karena memang memiliki tampilan yang cantik.

Paku suplir memiliki bentuk daun yang berbeda dari kebanyakan pakis yang pada umumnya berdaun memanjang, daunnya paku suplir justru cenderung berbentuk membulat.

Paku Suplir

Paku Suplir

Tangkainya juga unik dan khas karena memiliki warna kehitaman agak mengkilap yang seolah bersisik ketika sudah dewasa. Ternyata dengan kepopulerannya, tanaman ini juga bernilai ekonomi tinggi, sehingga bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Baca Juga : Nama-Nama Tanaman Aquascape Yang Populer

5. Paku Air

Jenis terakhir adalah tanaman paku air. Dari namanya tentu sudah bisa ditebak jika jenis tanaman paku-pakuan ini hidup dikawasan yang memiliki banyak kandungan air. Paku air merupakan sekumpulan paku-pakuan yang memiliki ukuran kecil.

Tanaman ini termasuk dalam jenis heterospora dimana tanaman memiliki dua jenis spora, yaitu spora jantan dan betina yang berfungsi sebagai alat reporduksi. Batang paku air biasanya memanjang dengan ukuran yang ramping dan akar serabut yang terlihat hingga permukaan tanah. Beberapa jenis yang masuk dalam keluarga paku air adalah azolla, semanggi dan kiambang.

Tanaman Paku Air

Tanaman Paku Air

Itulah ulasan seputar jenis tanaman paku-pakuan yang bisa menjadi refersensi Anda, setidaknya ada 5 kategori pakis yang bisa dipertimbangkan. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi seputar tanaman paku yang Anda butuhkan.

Baca Juga : Jenis Tanaman Paku-Pakuan Untuk Mempercantik Rumah Anda

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *