Tanaman Hidroponik

Tanaman Hidroponik – Ingin menanam hidroponik tapi belum memutuskan jenis tanaman yang akan ditanam?

Apakah semua tanaman bisa di tanam menggunakan sistem hidroponik?

Ternyata tidak semua tanaman bisa di tanam dengan cara hidroponik.  Ada beberapa ciri-ciri tanaman yang bisa dibudidayakan dengan menggunakan sistem hodroponik ini.

Pengertian Tanaman Hidroponik

Apa itu tanaman hidroponik?

Tanaman hidroponik adalah tumbuhan yang bisa di tanam dengan menggunakan sistem budidaya hidroponik. 

Nah, apa saja syarat dan ciri-ciri tanaman yang bisa ditanam dengan cara hidroponik itu?

Ciri-Ciri Tanaman Hidroponik

Ingin tahu apa itu ciri-ciri tanaman hidroponik?

Beberapa ciri tumbuhan hidroponik antara lain adalah :

  • Merupakan tanaman semusim.

Tanaman semusim adalah tanaman yang jika usia produktifnya telah selesai bisa di cabut untuk kemudian ditanami lagi bibit baru.  Tumbuhan yang di tanam dengan hidroponik biasanya adalah tumbuhan semusim sehingga nanti bisa dirotasi dan diganti dengan jenis tumbuhan yang lainnya.

  • Memiliki usia yang pendek.

Usia tumbuhan hidroponik biasanya paling lama 6 bulan bahkan banyak yang kurang dari itu.  Hal ini tentu saja berhubungan dengan jumlah nutrisi yang dapat diberikan kepada tanaman dengan dibandingkan dengan usia produktifnya.

  • Pohonnya tidak terlalu besar.

Media tanam hidroponik biasanya dalam bentuk wadah yang ukurannya tidak besar dan hanya mampu menampung maksimal bobot tertentu.

Apabila buah yang dibudidaya beratnya melebihi kemampuan topang wadah maka pertumbuhan tanaman tidak akan maksimal.

Baca Juga : Menemukan Pot Hidroponik di Sekitar Rumah Kita

Beberapa contoh tumbuhan hidroponik yang biasa di budidayakan dengan sistem hidroponik antara lain tanaman sayuran, sayuran buah, dan tanaman buah semusim.

Langkah Memilih Tanaman Hidroponik

Bagaimana siy cara nya memilih tanaman hidroponik yang sesuai dan cocok dengan kita?

Ini admin sampaikan beberapa langkah yang perlu kita lakukan sebelum memilih tanaman hidroponik.

  • Liat luasan lahan hidroponik yang kita miliki.

Apabila kita memiliki lahan yang luas untuk budidaya hidroponik, maka kita bisa memilih variasi jenis tanaman yang beragam.  Variasi jenis tanaman yang beragam akan menguntungkan kita dari segi mencegah serangan hama dan penyakit tanaman.  Juga akan memudahkan kita dalam menjualnya.

Dengan variasi yang beragam, maka kemungkinan konsumen membeli lebih banyak akan tinggi.

Baca Juga : Hidroponik Cabe

  • Sistem hidroponik yang digunakan

Apabila kita menggunakan sistem hidroponik NFT, maka kita bisa menanam tanaman-tanaman yang ukurannya kecil.  Tapi tanaman yang ukurannya lebih besar juga masih memungkinkan.  Karena pemberian nutrisi untuk tanaman mudah dilakukan.

Namun akan berbeda apabila sistem hidroponik yang dilakukan adalah sistem hidroponik sederhana menggunakan botol atau gelas plastik, maka semakin pendek usia tanamannya akan semakin bagus hasilnya.

  • Mengidentifikasi kebutuhan pasar

Yang tidak kalah pentingnya jika kita ingin berbisnis hidroponik adalah adanya pasar yang siap menampung produk yang kita hasilkan.

Melakukan pendataan tentang jenis tanaman hidroponik yang dibutuhkan oleh pasar, serta berapa jumlahnya, adalah sebuah langkah yang perlu dilakukan sebelum menentukan jenis tanaman.

Kegiatan ini akan menghindarkan kita dari terjadinya over produksi atau adanya hasil panen yang tidak dapat dijual.

Jika ini terjadi, tentu saja kita akan mengalami kerugian.

Baca Juga :

  1. Harga Tanaman Hidroponik
  2. Harga Nutrisi Hidroponik
  • Iklim tempat tumbuh tanaman hidroponik

Untuk dapat tumbuh dengan baik, tanaman memerlukan syarat tumbuh lingkungan yang perlu dipenuhi.  Apabila kita memilki cukup modal yang memungkinkan rekayasa iklim mikro tanaman, maka hal ini tidak terlalu penting dilakukan.

Akan tetapi, jika kita menjalankan hidroponik dengan biaya terbatas, maka kita perlu berhati-hati dalam menentukan jenis tanaman yang sesuai dengan lokasi tanamnya.

Salah satu penyebab kegagalan budidaya tanaman adalah ketidaksesuaian lingkungan dengan kebutuhan tanaman.

Baca Juga : Hidroponik Sawi

Tips Memilih Tanaman Hidroponik

Memilih tanaman untuk dibudidaya dalam sistem hidroponik ini gampang-gampang susah.  Kita perlu mempertimbangkan beberapa faktor supaya yang kita tanam menguntungkan.

Apalagi jika tujuan kita menanam hidroponik adalah untuk bisnis pertanian.

Apa saja tips supaya kita bisa memilih tanaman hidroponik yang menguntungkan?

Berikut ini adalah tips memilih tanaman hidroponik yang menguntungkan

  • Memilih jenis tanaman yang memiliki nilai jual tinggi

Diantara daftar jenis tanaman yang dibutuhkan pasar, kita bisa memilih jenis tanaman yang nilai jualnya tinggi.  Jika kita dapat menemukan tanaman yang bernilai jual tinggi, maka kita bisa mendapatkan keuntungan lebih.

  • Memilih jenis tanaman yang perawatannya mudah

Tanaman yang mudah dirawat adalah tanaman yang kebutuhan nutrisinya tidak terlalu banyak, dan juga tidak mudah terserang penyakit.

Kedua komponen tersebut adalah komponen yang paling banyak memakan biaya.  Artinya, jika kita memelihara tanaman tanpa banyak masalah, maka biaya produksi kita juga akan lebih rendah

  • Memilih jenis tanaman yang sesuai dengan iklim dimana kebun hidroponik kita berada

Semakin sesuai tanaman dengan lingkungan tumbuhnya, maka perawatannya akan semakin mudah, serta hasilnya akan semakin banyak.

Lantas, apa saja jenis tanaman hidroponik yang sesuai dengan tips di atas?

Dibawah ini adalah beberapa contoh tanaman hidroponik yang mudah dirawat dan menguntungkan

Jenis Tumbuhan Hidroponik

  1. Selada/lettuce

Selada adalah tanaman daun yang banyak digunakan untuk pelengkap lalapan.  Rasanya yang segar dan warnanya yang menarik sering menjadi pilihan utama lalapan ditemani daun kemangi dan timun.

Selada Hidroponik

Selada Hidroponik

Selada yang dibudidayakan dengan cara hidroponik ada selada merah ataupun hijau.

Tanaman selada hidroponik dapat tumbuh seragam dan berukuran sama.  Dalam sistem budidayanya bisa juga diukur, berapa berat tanaman yang ingin dipanen agar nanti bisa lebih mudah dan menarik dijual.

  1. Kangkung

Sayuran kangkung begitu populer di kalangan masyarakat.  Rasanya yang lezat ketika di masak sering menjadi pilihan.  Biasanya sayuran ini disajikan dalam bentuk sayur matang baik untuk pecel ataupun oseng.

Kangkung hidroponik

Kangkung hidroponik

Menanam kangkung hidroponik bisa juga dilakukan.  Usia panennya cepat, cara budidayanya mudah dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit tanaman.

Selain itu, banyaknya penggemar sayuran kangkung akan memudahkan kita untuk memasarkan hasil panen yang nanti diperoleh.

Baca Juga : Sayuran Hidroponik

  1. Cabe

Tanaman yang satu ini menjadi salah satu tanaman yang prospek untuk dibudidayakan.  Jika waktunya tepat, menanam cabe bisa memberikan keuntungan yang besar.

Tentunya jika pada saat panen harga cabe tinggi, maka kita bisa mendapatkan keuntungan berlipat.

Menanam cabe hidroponik akan memberikan beberapa keunggulan, diantaranya adalah menghindari adanya serangan hama dan penyakit tanaman yang berasal dari tanah.

Cabe Hidroponik

Cabe Hidroponik

Kemudian dengan kombinasi green house, kita bisa mencegah adanya serangan hama dan penyakit tanaman yang berasal dari luar.

Green house ini di bangun untuk memproteksi tanaman cabe.

Apabila serangan hama dan penyakit bisa dihindari maka tanaman akan tumbuh dengan baik, karena sebagaimana kita ketahui, tanaman cabe ini memiliki banyak penyakit dan hama yang bisa menyerangnya kapan saja.

Ditambah lagi dengan pemberian nutrisi tanaman hidroponik yang sesuai, maka hasil buah cabe tentu akan lebih optimal dan banyak.

  1. Tomat

Tanaman tomat adalah sayuran buah.  Kegunaannya banyak sekali.  Bisa untuk lalapan, campuran sayur, atau untuk kecantikan dan kesehatan.

Ia juga merupakan sayuran buah yang banyak disukai sehingga permintaannya akan selalu banyak.

Hidroponik Tomat

Hidroponik Tomat

Dari sisi perhitungan usaha, adanya permintaan yang banyak menjadi satu pertimbangan penting dalam mengambil keputusan memilih tanaman sayur jenis ini sebagai pilihan.  Sehingga tanaman hidroponik tomat akan menarik untuk ditanam.

Sama seperti tanaman cabe, sayuran buah tomat juga memiliki banyak hama dan penyakit yang siap menyerang dan merusaknya. (baca juga : Budidaya Tanaman Tomat)

Dengan menggunakan kombinasi hidroponik dan green house, maka tomat bisa lebih terjaga kualitasnya dan memberikan hasil panen yang lebih baik.

Baca Juga : Khasiat Tanaman Tomat Dan Fungsinya Bagi Tubuh

  1. Caisin

Caisin adalah sayur yang sering di masak menjadi oseng-oseng.  Rasanya segar, enak dan sehat.

Sering juga caisin menjadi campuran mie ayam atau mie instan yang kita masak sendiri atau menu olahan mie yang lainnya.

Caisin Hidroponik

Caisin Hidroponik

Menambahkan caisin dalam masakan mie yang dimasak akan menambah kesegaran dan kenikmatan tersendiri.

Baca Juga : Cara Berkebun Hidroponik

Tanaman hidroponik Caisin adalah pilihan yang sangat menguntungkan karena ia termasuk tanaman yang cepat panen, perawatan mudah, serta permintaannya banyak.

Penutup

Masih banyak jenis tumbuhan lainnya yang bisa ditanam dengan cara hidroponik.

5 jenis tumbuhan hidroponik di atas hanya sedikit dari puluhan contoh jenis tumbuhan yang bisa di tanaman dengan cara hidroponik.  Kita bisa memilih 5 jenis yang disebutkan di atas atau memilih jenis lainnya.

Apapun pilihannya, selama kita mengetahui cara merawatnya, maka tanaman hidroponik kita akan tumbuh dengan subur dan memberikan hasil panen yang berlimpah. (Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *