Tanaman Hias Outdoor

Indonesia adalah negara tropis yang memungkinkan aneka jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Cuaca yang mendukung, curah hujan  yang cukup, dan sinar matahari yang berlimpah menjadikan negeri ini adalah negeri kaya raya akan jenis-jenis tanaman.

Termasuk juga tanaman hias.

Tanaman hias ada yang berbentuk bunga, ada juga yang berupa tanaman daun.

Tanaman hias bunga dipelihara karena bunganya yang cantik dan indah.

Sedangkan tanaman hias daun.  Dinikmati keindahannya dalam bentuk daun-daunnya yang indah.

Tanaman hias bisa dipelihara dalam ruangan, lebih dikenal dengan tanaman hias indoor.

Baca Juga : Tanaman Hias Aglaonema

Tanaman hias yang ditanam di dalam ruangan biasanya tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang sedikit untuk pertumbuhannya.

Sehingga memang cocok di tanam di dalam ruangan.

Sedangkan tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang banyak maka masuk ke dalam kategori tanaman hias indoor.

Tanaman ini akan tumbuh merana ketika kekurangan sinar matahari, makanya akan lebih tepat jika di tanam di luar ruangan dan menjadi tanaman hias outdoor.

Baca Juga : Aneka Jenis Tanaman Hias Gantung Untuk Mempercantik Rumah

Sebenarnya apa saja siy jenis – jenis tanaman hias daun outdoor itu?

10 Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor yang Memiliki Keindahan Menawan

  • Abromeitiella chlorantha. Abromeitiella adalah tanaman hias daun yang berwarna hijau, berbercak putih dan diselimuti oleh duri.  Pertumbuhannya roset sehingga sosoknya terlihat cukup kompak.  Tanaman sukulen ini biasa digunakan sebagai penghias taman atau tanaman hias pot.  Perbanyakan tanaman ini bisa menggunakan biji atau pemisahan anak.
gambar Abrometiella chlorantha, tanaman hias daun outdoor

gambar Abrometiella chlorantha

  • Sweet Flag adalah tanaman hias air yang juga bisa ditanam di dalam pot.  Bentuk daunnya panjang dan pipih dengan garis putih di bagian tengahnya.
  • Kaktus kodok memiliki sosok yang kokoh dengan penampilan yang cukup cantik. Daunnya yang berwarna hijau gelap tampak dibingkai oleh warna ungu gelap yang bersumber dari bagian tepi daun
  • Agave Marginata. Memiliki hiasan putih yang berada pada tepi daun.  Tanaman ini seringkali dijadikan sebagai centre point pada taman-taman terbuka
  • Amaranthus tricolor atau di sebut juga dengan bayam hias. Tanaman ini termasuk ke dalam famili Amaranthaceae.  Keunikannya adalah memiliki daun yang berwarna warni kombinasi hijau, merah dan kuning.  Apabila di tanam di pot akan sangat indah.

Baca Juga : Tanaman Hias Merambat

  • Cemara norfolk. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 6 meter.  Bentuk daunnya elegan sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias pot dan sebagai penghias halaman/teras ketika sudah berukuran besar.
  • Bambu hias. Bambu hias memiliki ketinggian 1 – 3 meter.  Jenis bambu ini cocok dijadikan sebagai tanaman pagar pemecah angin (wind breaker).  Selain itu, tanaman ini sangat cocok di tanam di tepi jalan untuk mengurangi polusi suara karena mampu meredam suara.
  • Asparagus Myers. Keunikan tanaman perdu ini terletak pada bentuk daunnya yang menyerupai sikat botol.  Asparagus ini kerap digunakan sebagai tanaman  hias pot.

Baca Juga : Mengenal Indahnya Tanaman Hias Merambat

  • Lili Paris. Dikenal juga dengan nama rumput putih atau spider lily.  Tanaman ini termasuk ke dalam kelompok tanaman herba yang daunnya berbentuk pita dan kerap dijadikan sebagai tanaman hias gantung.  Bagian tengah daunnya berwarna putih kehijauan dengan tepian berwarna hijau tua.  Tanaman ini juga memiliki khasiat sebagai tonik penyegar badan.
  • Puring Norma. Daunnya berbentuk bulat panjang, berujung lancip dan berukuran cukup lebar.  Daunnya tersusun atas 2 corak warna, yaitu hijau dengan tulang daun putih (daun muda) dan merah gelap/kecoklatan dengan tulang daun merah (daun tua)

Baca Juga : Berbagai Macam Tanaman Hias Bunga Yang Mempesona

Tanaman hias outdoor yang disebutkan di atas adalah tanaman-tanaman outdoor yang memerlukan sinar matahari penuh dalam pertumbuhannya.

Sinar matahari berguna dalam proses fotosintesis yang menyediakan makanan bagi tanaman .  karena kebutuhannya akan sinar matahari yang banyak itulah kemudian akan lebih baik jika di tanam di luar ruangan (outdoor).

Bisa ditanam menggunakan pot, atau di tanam di taman.  Yang penting memiliki akses terhadap sinar matahari yang penuh.  Tanaman hias outdoor di atas juga termasuk ke dalam kumpulan tanaman hias tahan panas.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *