Tanaman Hias Merambat

Memiliki rumah yang ingin di hias dengan suasana pedesaan yang sejuk, segar dan eksotis?

Akan sangat cocok jika menggunakan tanaman hias merambat sebagai salah satu ornamen hiasannya.

Karena memang tumbuhnya merambat, maka tanaman – tanaman merambat ini juga bisa menjadi tanaman merambat untuk pagar, sebagai tanaman hias merambat di dinding, atau tanaman hias merambat untuk kanopi.

Tanaman merambat merupakan kelompok tanaman yang pertumbuhannya merambat dan menjalar pada sebuah pohon atau media lain.  Sering juga disebut sebagai istilah tanaman liana.

Biasanya tanaman ini berasal dari ekosistem hutan di daerah tropik atau di daerah iklim sedang. Kelompok tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman hias merambat atau tanaman hias gantung.

Ingin tahu apa saja yang masuk ke dalam jenis tanaman hias merambat? AYo kita lanjutkan membacanya karena untuk itulah tulisan ini di buat.

Baca Juga : Aneka Jenis Tanaman Gantung Hias Untuk Mempercantik Rumah

6 Jenis Tanaman Hias Merambat Yang Indah

  1. Zebrina pendula

Tanaman merambat ini berwarna ungu dengan garis putih di kedua sisi daunnya.  Sering digunakan sebagai tanaman merambat pot atau penambah cantik taman.  Selain bisa mempercantik taman dan rumah, Zebrina pendula juga memiliki khasiat sebagai obat peluruh kencing dan obat bisul.

Gambar Zebrina Pendula

Gambar Zebrina Pendula

Nama lain tanaman ini adalah rumput belang, silvery wandering jew, atau insch plant.

  1. Pothos scandens

Ada juga yang menyebutnya Potos saja atau true pothos.  Tanaman ini hidup liar dengan memanjang pohon atau dinding menggunakan akarnya.  Atau juga bisa menjadi tanaman hias merambang di dinding.  Rambatannya bisa mencapai 6 m.

  1. Philodendron scandens

Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati berwarna hijau tua.  Dia memiliki kemampuan merambat di berbagai jenis permukaan rambatan.  Bisa juga menjadi tanaman hias merambat untuk kanopi.

  1. Philo mediopicta

Daunnya berukuran kecil dan berbentuk bulat.  Warna daunnya hijau gelap dengan terkstur kuning di bagian tengah daun.  Tangkainya yang panjang dan menjalar membuatnya sering dijadikan sebagai tanaman hias gantung

  1. Monstera tenuis

Monstera tenuis memiliki daun berwarna hijau muda dan dihiasi tulang daun berwarna hijau muda yang lebih terang.  Termasuk tanaman hias merambat untuk pagar berukuran sedang.

  1. Daun dolar

Termasuk tanaman merambat yang dapat menempel sendiri pada permukaan rambatan maupun dinding dengan kuat.  Daunnya kecil sepanjang 2-3 cm, berkerut dan membentuk pola yang menarik.  Dapat menutup area permukaan yang luas dengan cepat.

Untuk lingkungan tumbuhnya sendiri, tanaman merambat pada umumnya membutuhkan tempat yang ternaungi karena tidak memerlukan sinar matahari yang terlalu banyak.  Malah bisa menjadi kering dan mati apabila terlalu banyak terkena sinar matahari.

Hal ini bisa dipahami, karena memang asal tumbuh tanaman merambat pada umumnya dari hutan.  Merambat di batang-batang pohon yang tumbuh di dalam hutan tersebut.

Cara Menanam Tanaman Hias Merambat

  1. Sediakan media tanam yang cukup. Bisa berupa pot atau di tanah.  Pastikan tanahnya gembur dan subur agar dapat mencukupi kebutuhan tumbuh tanaman.
  2. Sediakan tempat untuk merambat. Bentuknya bisa tanaman pohon, tiang kanopi, dinding, atau pagar rumah.  Tempat rambatan ini juga bisa disesuaikan dengan bentuk taman, atau bentuk ornamen yang diinginkan karena nanti tanaman tumbuh mengikuti tempat rambatannya.
  3. Perawatan pemangkasan sangat diperlukan untuk mengatur rambatan tanamannya agar tetap terlihat indah
  4. Pemupukan bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi tanaman
  5. Penyiraman perlu dilakukan rutin karena rata-rata tanaman hias merambat memilki kebutuhan air dalam jumlah sedang

Baca Juga : Berbagai Macam Tanaman Hias Bunga Yang Mempesona

Demikian 6 jenis tanaman hias merambat yang bisa menjadi pilihan anda untuk menghias rumah agar terlihat semakin cantik, segar dan bernuansa tropis.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *