Tanaman Hias Daun Merah

Menghias rumah dengan tanaman hias merupakan kegiatan yang menyenangkan.  Ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika kita menanam tanaman hias di rumah.

Memelihara tanaman hias di rumah dapat memjadi sarana refreshing yang menyegarkan.  Melepas penat karena kegiatan di tempat kerja dan memerlukan jeda, maka bertanam tanaman hias bisa menjadi kegiatan alternatif.

Suasana rumah yang telah di hias dengan tanaman hias juga akan semakin indah, segar dan sejuk.  Keindahan yang diberikan oleh tanaman hias menambah suasana apik yang menyenangkan.

Beberapa jenis tanaman hias memiliki fungsi-fungsi khusus seperti sebagai penyaring polusi, pengusir nyamuk, atau bisa digunakan sebagai tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan pada saat dibutuhkan.

Baca Juga : Harga Tanaman Pucuk Merah

Terdapat begitu banyak jenis tanaman hias, namun salah satu jenis tanaman hias yang sangat indah adalah tanaman hias daun merah.

Warnanya yang terang mampu meningkatkan kesegaran, keindahan dan keceriaan rumah di dalam rumah.  Menjadikan penghuni rumah betah berlama-lama tinggal di dalam rumah.

Beberapa jenis tanaman hias berdaun merah mungkin sudah banyak di temui disekitar kita, namun ternyata masih terdapat banyak tanaman hias daun merah lainnya yang belum banyak dikenal, namun memiliki keindahan yang mempesona.

Bukan hanya itu, ternyata karakteristik tanaman – tanaman hias berdaun merah ini juga berbeda-beda, ada yang tahan panas ada yang tidak.  Ada yang cocok di tanam di luar ruangan atau justru akan tumbuh indah di dalam ruangan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Mengenal Aneka Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor Yang Mempesona

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak catatan di bawah ini.

Tanaman hias daun warna merah yang unik dan jarang dikenal oleh masyarakat

  1. Keluarga Acalypha

  • Acalypha godseffiana

Dikenal juga dengan nama daun renda, akalipa, atau copper leaf.  Tanaman ini masuk ke dalam famili Euphorbiacheae.  Memiliki warna daun merah muda di tepi, dan merah tua di bagian tengah.  Bentuk daunnya runcing.  Bisa berkembang biak dengan setek batang atau di cangkok.  Bisa juga di jadikan tanaman pagar.

Supaya bisa tumbuh dengan baik, Acalypha godseffiana perlu di tanam di tempat yang terkena sinar matahari full serta memiliki curah hujan yang sedang.  Jadi akan cocok jika menjadi tanaman hias outdoor.

Baca Juga : Tanaman Hias Aglaonema

  • Acalypha wilkesiana “Marginata”

Daunnya hampir mirip dengan A. Godseffiana tetapi bentuknya lebih lebar.  Cocok untuk di tanam di tanam karena memiliki kebutuhan tempat tumbuh yang sama seperti A. Godseffiana.

  1. Aechmea “Burgundy”

Sering juga dikenal sebagai purple pineapple lily. Daunnya tumbuh roset di dominasi oleh warna merah burgundi dan terlihat sangat cantik.  Semburat hijau juga tampak menghiasi beberapa helaian daunnya.  Sering dijadikan sebagai tanaman hias indoor ber-AC karena tahan di tempat yang bersuhu dingin/rendah.

Gambar tanaman hias daun merah

Aechmea burgundy

  1. Keluarga Alternanthera

  • Alternanthera dentata “Red marble”

Ada juga yang menyebutnya sebagai tanaman kriminil.  Red marble ini masuk ke dalam keluarga Amaranthaceae dan berbentuk perdu.  Warnanya merah cerah di seluruh daunnya, sangat indah di pandang mata.  Cara perbanyakannya bisa menggunakan setek batang.  Untuk tumbuh optimal, Red marble perlu naungan sehingga akan lebih cocok jika di tanam di dalam ruangan (indoor).  Kebutuhan akan airnya sedang sehingga perlu rutin disirami.

  • Alternanthera dentata “Ruby”

Warna daunnya sedikit lebih tua dari Red marble.  Namun bagian tepi daunnya ada warna merah muda yang menggoda.

Baca Juga : Tanaman Hias Merambat

  • Alternanthera ficoidea

Termasuk keluarga arternanthera yang berjenis pendek.  Warna daunnya yang merah menjadikan tanaman ini terlihat menarik.  Termasuk tanaman yang mudah beradaptasi di segala jenis kondisi lingkungan.

  • Alternanthera “Purple Knight”

Daunnya berwarna ungu kehitaman.  Bila kurang mendapat sinar matahari daun akan menjad hijau dengan tulang daun berwarna ungu.  Warna ungu kemerahan tersebut membuat tanaman ini sangat menarik ketika di jadikan bedding plant.

  1. Keluarga Begonia

Tanaman begonia ini termasuk unik karena warna merahnya terletak di bagian bawah daun, sedangkan bagian atasnya hijau.  Aneka jenis begonia akan dibedakan dari bentuk daunnya dan variasi warna di permukaan atas daun.  Warna merah daun yang teretak di balik permukaan daun inilah yang menjadikan tanaman ini eksotis.  Rata-rata tanaman begonia cocok dijadikan tanaman indoor karena tidak membutuhkan sinar matahari dalam jumlah banyak untuk dapat tumbuh dengan baik.

  • Begonia listida

Permukaan daunnya tempat berambut sepertu kain beludru.  Warna permukaan daun hijau tua dengan tulan daun putih dan warna hijau muda di sekeliling tulang daun.  List tepi daun dan bawah permukaan daunnya berwarna merah.

  • Begonia manicata crispa

Daunnya lebih lebar daripada begonia listida.  Dan bisa diperbanyak dengan menggunakan stek daun

  • Begonia “polkadot”

Terdapat bintik-bintik putih seperti polkado di permukaan atas daunnya.  Daunnya lebar dan batang daunnya sukulen.  Tanaman ini tumbuh pendek dan bergerombol, menjadikannya semakin indah dipandang mata.

  • Begonia scharffiana

Daunnya berbentuk bulat hati dengan tepi tidak bergelombang.  Daun bagian atasnya berwarna hijau tua dengan pusar percabangan tulang daun berwarna kuning.

Baca Juga : Step By Step Budidaya Tanaman Hias Bonsai Untuk Pemula

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *