Tanaman Buah Dalam Pot

Pernah dengar tambulampot kan?  Iya betul, tambulampot adalah tanaman buah dalam pot.  Atau bisa juga dibalik, tanaman buah dalam pot adalah tambulampot.

Kenapa siy tanaman buah di tanam dalam pot?

Karena menanam buah dalam pot ini memiliki beberapa keuntungan.  Apa saja keuntungannya?

Keuntungan tanaman buah dalam pot

  1. Tempat yang dibutuhkan tidak terlalu luas. Ini bisa menjadi solusi untuk  yang memiliki halaman sempit namun ingin menanam buah.
  2. Posisi tanaman dapat diatur-atur dan dipindah sesuai dengan selera. Karena wadahnya dalam pot yang bisa mobile, maka tanaman buah dalam pot ini bisa dipindah-pindah.
  3. Pemberian pupuk dan air akan lebih hemat jika tanaman berada di dalam pot. Wadah yang terbatas menjadikan pupuk yang diberikan juga akan lebih terpusat yang lebih mudah terserap oleh tanaman.
  4. Memiliki fungsi sebagai tanaman hias yang mempercantik halaman rumah. Apalagi apabila buahnya sedang keluar … wah pastinya bisa membuat siapa saja yang melihat menjadi tergiur.

Baca Juga : Rahasia Nutrisi/Pupuk Yang Membantu Durian Cepat Berbuah

Lantas bagaimana siy cara kita memilih tanaman buah dalam pot yang sesuai dengan kita?

Tips memilih tanaman buah dalam pot

Tanaman buat yang bisa di tanam di dalam pot semakin hari semakin banyak variasinya.  Pada mulanya, ini sebetulnya sesuatu yang tidak disengaja.

Bibit tanaman buah yang tidak terjual kemudian terus tumbuh dan membesar.  Karena polybag tempat tumbuh tanaman sudah tidak mencukupi, maka tanaman dipindah ke pot yang ukurannya lebih besar.

Ternyata ketika dipindah ke pot yang lebih besar dan berbuah, tanaman ini menjadi indah di lihat.  Bahkan kemudian laku untuk dijual mahal.  Sehingga tambulampot ini pun menjadi alternatif pilihan bagi pedagang buah.

Dari sisi konsumen, adanya tambulampot juga memberikan jawaban atas kebutuhan adanya tanaman buah di halaman rumah mereka yang terbatas.

tanaman kelengkeng dalam pot

tanaman kelengkeng dalam pot

Nah untuk bisa menanam buah dalam pot ini kita perlu mengenali syarat tumbuh tanaman terlebih dahulu.  Syarat tumbuh itu kemudian di bandingkan dengan kondisi tempat kita tinggal.

Kenapa ini penting?  Karena ternyata tidak semua tanaman bisa berbuah jika di tanam di dalam pot.  Apalagi apabila lingkungan tumbuhnya tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Baca Juga : Harga Tanaman Buah Dalam Pot

Berikut ini kriteria tanaman buah yang bisa di tanam di dalam pot

  1. Jenis-jenis tanaman buah yang mudah berbuah jika di tanam di dalam pot antara lain : Kedondong, jambu biji, belimbing manis, jambu air, sawo, mangga, nangka mini, pisang kate, buah naga, lengkeng, dan buah tin.
  2. Tanaman buah yang memiliki kesukaran sedang untuk berbuah ketika di tanam di dalam pot diantaranya adalah : melon, semangka, anggur, nanas, asem, jambu monyet, manggis, delima dan srikaya.
  3. Tanaman buah yang jika di tanam di dalam pot agak sukar berbuah misalnya duku, sirsak, rambutan, salak, pepaya, kelapa, nangka besar dan pisang
  4. Jenis tanaman buah yang sulit berbuah ketika di tanam di dalam pot : alpukat, apel, belimbing wuluh, durian, markisa, leci, dan kersen.

Kesulitan yang dimaksudkan di atas adalah kesulitan untuk berbuah jika di tanam dalam pot.  Karena memang tanaman-tanaman itu membutuhkan ruang yang lebih luas untuk bisa berproduksi dan berbuah.

Lantas bagaimanakah cara menanam buah di dalam pot?  Teknik dan cara untuk menanam buah di dalam pot  akan dibahas di artikel lainnya (Baca Juga : Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *