Tanaman Aquascape untuk Pemula

Tanaman aquascape merupakan jenis tumbuhan yang hidup di air, dijadikan sebagai hiasan untuk aquarium.

Tanaman jenis ini banyak sekali ragamnya dengan tampilan dan juga pemeliharaan yang berbeda-beda.

Perawatan tanaman air sangat menentukan kondisinya dan juga lingkungan sekitarnya. Jika tidak bisa merawat dengan baik, maka tanaman bisa cepat mati dan mengotori air di aquarium, alhasil ikan bisa menjadi tidak nyaman.

Nah, bagi para pemula yang baru saja menggeluti dunia tanaman aquascape, bisa mencoba untuk memilih beberapa jenis tanaman aquascape untuk pemula berikut ini.

Baca Juga : Ragam Jenis Tanaman Aquascape Untuk Mempercantik Aquarium

5 Jenis Tanaman Aquascape untuk Pemula dengan Perawatan yang Mudah

1. Java Moss

Java Moss adalah tanaman jenis aquascape yang sangat populer. Tanaman ini selalu menjadi incaran karena mudah sekali ditemukan, terlebih lagi mudah untuk merawatnya.

Bagi para pemula, Java Moss adalah pilihan wajib untuk menghias aquarium.

Java Moss

Java Moss

Tanaman ini termasuk dapat hidup dalam segala jenis pencahayaan, bisa dibilang juga sebagai tanaman karpet aquapsace low light dan bisa juga dalam kondisi high light.

Sebagai tanaman karpet, tumbuhan ini hidup pada dasar aquarium, selain sebagai hiasan juga bisa dijadikan tempat ikan bersembunyi dan menjadi sumber makanan sekunder bagi anakan ikan.

2. Lilaeopsis

Lilaeopsis adalah Tanaman aquascape untuk pemula yang juga bisa dikategorikan sebagai tanaman aquascape low light.

Lilaeopsis

Lilaeopsis

Tanaman ini cenderung  bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi pencahayaan yang sedang alias tidak terlalu terang. perlu diperhatikan dengan baik kadar cahaya dalam air agar bisa tumbuh dengan sempurna.

Lilaeopsis juga termasuk tumbuhan yang tumbuh pada dasar aquarium dan memiliki tampilan yang sangat mirip dengan rumput untuk menghias halaman rumah, tinggi tanaman ini berkisar pada ketinggian 5 cm.

Baca Juga : Nama-Nama Tanaman Aquascape Terpopuler

3. Water Wisteria

Water Wisteria menjadi tanaman aquascape lainnya yang hidup di dasar air. Fungsinya sebagai tanaman karpet yang menghias bagian bawah depan aquarium.

Perawatannya sangat sederhana, tidak memerlukan treatment khusus yang merepotkan sehingga ideal sekali dipelihara oleh para pemula.

tanaman aquascape low light, tanaman background aquascape, tanaman aquascape tanpa pupuk dasar, tanaman karpet aquascape low light

Gambar Tanaman Water Wisteria

Jenis tanaman ini juga bisa tumbuh dengan cepat, sehingga cepat memberikan tampilan yang cantik pada aquarium Anda.

Suhu rata-rata untuk bisa tumbuh dengan baik yaitu pada suhu antara 23-28 derajat celcius dengan jenis pencahayaan sedang.

Baca Juga : Harga Tanaman Anubias

4. African Water Fern

Jenis tanaman aquascape untuk pemula yang selanjutnya adalah African Water Fern.

Tanaman ini selain mudah dalam perawatan, juga cantik untuk menghias aquarium pada bagian background.

Tanaman background aquascape ini memiliki warna hijau cerah yang bisa memberikan kesan segar pada aquarium.

African Water Fern

African Water Fern

Tanaman ini juga termasuk multiguna karena selain dipakai untuk menghias background aquarium, juga dapat tumbuh menjadi dasar aquarium dan tempat bersembunyi para bayi ikan.

Untuk bisa tumbuh dengan baik, tanaman jenis ini harus berada pada kondisi yang lembap dan pencahayaan yang redup.

Baca Juga : Harga Tanaman Aquascape 2018

5. Amazon Sword

Satu lagi rekomendasi bagi para aquascaper pemula yaitu Amazon Sword.

Dari namanya yang menggunakan kata “sword” atau pedang sudah bisa ditebak bahwa bentuknya memang mirip seperti pedang, dengan daun yang memanjang dan cukup lebar.

American Sword

American Sword

Tanaman ini lebih sering digunakan sebagai background pada aquarium. Tanaman ini bisa hidup dengan baik dalam pencahayaan yang sedang dan tidak terlalu memerlukan perhatian khusus.

Baca Juga : Harga Tanaman Aquarium

Dalam merawatnya, tanaman aquaspce tanpa pupuk dasar ini bisa diberikan perhatian minimalis namun dijamin hasilnya sangat memuaskan.

Demikianlah review seputar 5 jenis tanaman aquascape untuk pemula. Semoga saja dengan hadirnya informasi ini bisa memberikan Anda alternatif pilihan yang memudahkan dalam menemukan tanaman yang paling tepat untuk menghias aquarium kesayangan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *