Step By Step Budidaya Tanaman Hias Bonsai untuk Pemula

Budidaya bonsai sudah dimulai sejak lama dan memiliki penggemar yang tidak pernah surut. Membudidayakan tanaman dengan cara bonsai dapat menghasilkan pohon dengan tampilan yang lebih menarik. Gambaran tanaman bonsai saat sudah jadi biasanya tanaman menjadi lebih kerdil. Untuk beberapa jenis tanaman, bisa tumbuh hanya dengan ketinggian tidak sampai 1 meter. Ada banyak tanaman yang bisa dibudidaya secara bonsai, yang paling sering sebut saja seperti pohon beringin, pohon kelapa, pohon jambu biji dan tanaman bonsai serut yang terkenal keindahannya. Bagi Anda yang baru saja mulai tertarik dan ingin budidaya tanaman hias bonsai, bisa menyimak tulisa berikut ini yang akan membahas tentang step by step membudidayakan tamanam bonsai.

Cara Budidaya Tanaman Hias Bonsai untuk Pemula

Ada beberapa hal yang harus diperkatikan jika ingin mulai menekuni budidaya tanaman hias bonsai, di antaranya seperti berikut ini.

  1. Pemilihan Bibit Tanaman

Pemilihan bibit menjadi fokus utama dalam setiap proses budidaya, termasuk untuk tanaman bonsai.

Budidaya tanaman hias bonsai yang baik tidak mungkin bisa terjadi jika bibit tidak berasal dari bibit yang unggul. Proses membonsai merupakan pekerjaan yang rumit, diperlukan pohon berkualitas baik dalam segala aspek, sehingga nantinya pohon bisa dibentuk dengan baik.

Untuk mendapatkan bonsai yang cantik, sebaiknya memiliki bibitan pohan yang memiliki strutur batang dan bagian pohon yang indah, misal memiliki cabang dan lekukan yang berestetika seperti pohon beringin.

Namun, untuk pemula bisa gunakan pohon jambu yang mudah untuk dibentuk. Cara membuat bonsai tanaman jambu biji juga tidak terlalu sulit, sehingga bisa dijadikan media untuk awal belajar.

Baca Juga : Ragam Jenis Tanaman Bonsai Paling Cantik

  1. Pemangkasan dan Pembentukan Tanaman

Proses yang kedua dalam budidaya tanaman hias bonsai adalah melakukan pemangkasan dan pembentukan tanaman. Pemangkasan dilakukan untuk membuang dahan dan ranting yang tidak dibutuhkan dan jika tidak dibuang akan menghambat. Pemangkasan juga dilakukan untuk membentuk bagian tubuh pohon sesuai dengan keinginan. Disarankan untuk melakukan pemangkasan dari bagian pangkal yang bercabang agar pohon tidak mengering. Setelehnya, pohon bisa mulai dibentuk dengan teknik pengawatan pada berbagai bagian pohon yang ingin dibentuk. Untuk jenis tanaman bonsai beringin dan tanaman bonsai kamboja memiliki struktur pohon yang indah sehingga tidak terlalu sulit dibentuk, sehingga cocok dijadikan uji coba bagi para pemula.

Gambar Bonsai Beringin

Gambar Bonsai Beringin

  1. Mempersiapkan Pot Atau Tempat

Mempersiapkan tempat untuk tanaman bonsai tumbuh adalah tahapan lain yang harus dipersiapkan. Pot menjadi media tanaman yang umum dipakai untuk tanaman bonsai. Pot dipilih karena tanaman ini memang bisa hidup dengan baik di dalam pot, apalagi untuk jenis tanaman bonsai hias dengan ukuran mini, seperti tanaman bonsai serabut. Namun, pot ini juga bisa tidak digunakan jika Anda ingin menanamnya langsung di tanah, pemilihan lahan langsung di tanah biasanya dipakai untuk tanaman ukuran besar seperti pohon kelapa. Nah, untuk menambah estetika pohon bonsai, bonsai bisa ditempatkan di pot yang terbuat dari batu alam yang cantik.

Baca Juga : Nama-ama Tanaman Aquascape Terpopuler

  1. Melakukan Perawatan

Langkah terakhir untuk menumbuhkan bonsai yang indah dan berkualitas adalah dengan melakukan perawatan yang baik dan benar. Budidaya tanaman hias bonsai memerlukan perhatian ekstra, pertumbuhan batang, cabang dan ranting harus benar-benar dipantau. Lakukan pemangkasan secara berkala, jangan lupa untuk memupuk tanaman dan menyiramnya secara rutin. Berikan beberapa vitamin agar tanaman bonsai tidak mudah mati.

Baca Juga : Harga Tanaman Bonsai 2018

Demikianlah proses step by step yang bisa Anda lakukan untuk budidaya tanaman hias bonsai. Semoga saja informasi ini memberikan pengetahuan yang bermanfaat, terutama bagi Anda yang baru mulai belajar tentang tanaman bonsai.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *