Sayur Terong


Tanaman Terong

Sayur Terong – Tanaman terung merupakan tanaman penghasil buah yang dijadikan sebagai sayuran. Tanaman ini berasal dari India dan Sri Lanka.

Terung masih berkerabat dengan kentang dan leunca. Namun agak jauh dari tomat. Tanaman terong merupakan salah satu tanaman tahunan musiman.

Sayur Terong

Sayur Terong

Pohon Terong

Pohon Terong

Pohon Terong

Pohon terong memiliki daun yang besar dengan lobus yang kasar. Tinggi dari pohon teron ini sekitar 40-150 cm dengan ukuran Panjang sekitar 10-20 cm dan lebar sekitar 5-10 cm.

Selain itu ada jenis terung liar yang lebih besar dan tumbuh dengan tinggi sekitar 225 cm. Daun pada pohon terong liar ini melebihi 30 cm dan Panjang 15 cm. Biasanya batang dari pohon terong ini berduri.

Memiliki warna bunga antara putih sampai ungu dengan mahkota yang memiliki lima lobus dengan benang sari yang berwarna kuning.

Diameter buah terong kurang dari 3 cm untuk tanaman yang liar dan untuk jenis yang ditanam lebih besar lagi.

Cara menanam pohon terong mudah yaitu dengan disemai terlebih dahulu. Setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam atau dijadikan bibit terlebih dahulu. Masa panen dimulai ketika tanaman sudah berumur 70 – 80 hari setelah semai selanjutnya 5 hari.

Buah Terong

Terong sering sekali diolah menjadi sayur ataupun lauk. Tetapi sebenarnya terong ini termasuk ke dalam buah-buahan. Seperti halnya tomat, paprika, timun, cabai yang sering dianggap sayuran daripada dikonsumsi secara langsung.

Buah terong ini banyak ditemukan di berbagai tempat terutama di negara yang memiliki iklim tropis dan subtropics seperti Asia Selatan, Asia Tenggara serta Afrika Selatan.

Jenis Terong

Bagi anda yang mau menanam terong perlu tahu nih jenis-jenis dari terong. Berikut beberapa jenis-jenis dari terong diantaranya yaitu:

  • Terong Kopek

Terong Kopek

Terong Kopek

Buah dari terong kopek ini memiliki bentuk bulat dam Panjang dengan ujung yang tumpul. Warna dari buah jenis ini yaitu ungu dan hijau keputuh-putihan. Varietasnya terdiri dari imperial, dusky serta imoerialartinya.

  • Terong Belanda

Terong Belanda

Terong Belanda

Terong Belanda merupakan jenis terong yang disukai oleh banyak orang. Bentuk dari terong belanda bulat dengan daging buah yang tebal dan kulit berwarna kemerahan. Selain diolah menjadi lauk terong belanda juga dapat diolah menjai jus.

  • Terong Putih

Terong Putih

Terong Putih

Jika dilihat secara kasatmata terong putih ini tidak jauh berbeda dengan terong ungu. Hanya saja warnanya yang berbeda dan terung putih memiliki rasa yang sedikit manis .

Tekstur dari terong putih ini renyah dan empuk. Terong jenis ini disebut juga dengan terong kania

  • Terong Telunjuk

Terong Telunjuk

Terong Telunjuk

Seperti namanya, terong ini berbentuk seperti telunjuk. Terong jenis ini banyak ditemukan di daerah pulau Sumatera.

Di daerah Medan terong digunakan sebagai variasi sayuran dalam memasak sayur seperti memasak tauco atau sayur tauco kacang panjung

  • Terong Bulat

Terong Bulat

Terong Bulat

Terong merupakan salah satu sayuran yang memiliki berbagai bentuk dan warna dari bentuk bulat sampai lonjong. Biasanya terong bulat ini dihidangkan sebagai lalapan atau bisa juga dimasak sebagai sayur. Rasa dari terong bulat ini rangu tetapi tidak getir.

Cara Menanam Terong

Untuk menanam terong anda dapat menggunakan pot atau pun polybag. Anda penasaran bagaimana cara menanamnya?

Berikut beberapa cara untuk menanam terong.

  • Pemilihan bibit unggul
  • Persiapan media tanam
  • Penyemaian terong di pot atau pun poly bag
  • Pemindahan bibit terong
  • Pemeliharaan tanaman terong
  • Proses panen terong

Cara Menanam Terong Bulat

Bagi anda yang menyukai berkebun dapat menanam terong bulat atau terong lalap ini di rumah. Anda dapat memanfaatkan halaman anda untuk menanamnya.

Selain itu juga dapat menggunakan pot ataupun polybag. Mau tahu cara menaamnya? Berikut beberapa cara untuk menanam terong .

  • Pemilihan benih terong bulat

Anda harus memperhatikan dalam pemilihan bibit ini karena akan mempengaruhi hasil.  Pilih bibit yang memiliki kualitas unggul supaya hasil yang anda dapatkan juga maksimal.

  • Proses persemaian

Setelah tanah dan pupuk dicampur maka taburkan benih ke dalamnya.

  • Proses pemindahan bibit ke polybag
  • Proses pemeliharaan tanaman terong
  • Pengendalian hama

Anda dapat mengendalikan hama dengan Basudin 40 wp serta bayrusi 125 ec.

Budidaya Terong Ungu

Tanaman terong cocok dengan musim panas tetapi tahan juga terhadap hujan. Asalkan tanah untuk menanam tidak menjadi becek.

Oleh sebab itu jika anda menanam terong di persawahan terong ditanam pada musim kemarau. Media tanam yang bagus yaitu dengan tanah lempung berpasir yang terdapat pupuk organic.

Berikut beberapa cara untuk membudidayakan terong ungu, sebagai berikut:

  • Penyediaan dan pengelolaan lahan tanaman

Anda dapat memilih tanah sesuai dengan syarat pertumbuhan. Setelah itu digemburkan dengan bajak atau pun cangkul

  • Pembibitan

Dalam proses pembibitan biji terong disemaikan terlebih dahulu. Setelah umur sudah cukup dapat dipindah ke lubang tanam yang sudah disiapkan.

  • Pemeliharaan dan perawatan

Untuk pemeliharaan dan perawatan anda dapat menggunakan proses penyulaman, pengairan dan penyiraman, pemupukan serta pemangkasan.

  • Panen

Proses ini dapat dilakukan ketika tanaman kira-kira sudah berumur 30 hari setelah penanaman. Tanaman terong juga dapat dipanen selama 2 kali dalam satu minggu.

Benih Terong

Pada saat ini terong merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani. Hasil panennya juga banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional ataupun supermarket.

Terong yang banyak ditanam petani pada saat ini yaitu jenis hibrida karena jika dilihat dari perawatannya itu mudah dan hasilnya juga lebih tinggi.

Ada berbagai macam benih tanaman terong yang ada di pasaran. Berikut merupakan beberapa bibit terong hibrida yang ada di Indonesia

  1. Terong Yuvita F1
  2. Terong Raja Ijo F1
  3. Terong Hitavi F1
  4. Terong F1 Charming
  5. Terong F1 Pertiwi
  6. Terong F1 Lezata
  7. Terong F1 Ratih Hijau 1
  8. Terong F1 Yumi
  9. Terong F1 Hijau Kuat (tahan virus dan layu)
  10. Terong Antaboga
  11. DLL

Bibit Terong

Banyak dari kita yang hanya mengenal terong ungu yang dapat dimasak atau dibuat sambal. Namun sebenarnya ada banyak jenis terong yang dapat ditanam sendiri dan bahkan dapat dimasak.

Tanaman ini sudah dikembangkan hampir di seluruh dunia dengan berbagai jenis. Ada berbagai jenis bibit terong yang tersedia untuk ditanam seperti Terong Putih, Terong Ungu, Terong Belanda, Terong Pulus, Terong Kenari, Terong Hijau Gemuk, Terong Sriti dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Kebun Terong

Banyak dari para petani yang tertarik untuk membudidayakan tanaman terong. Dengan permintaan pasar yang semakin meningkat menyebabkan banyak petani yang tertarik.

Baca Juga : Manfaat Terong

Sekarang ini terong mudah sekali diolah menjadi berbagai makanan, dari dibuat menjadi masakan terong, lalapan bahkan dapat dibuat menjadi jus terong.

Namun dengan keterbatasan lahan membuat para petani membudidayakan tanamn terong di pot tau pun polybag. Dan pastinya akan lebih mudah dalam merawatnya daripada di tanam di tempat atau lahan yang luas.

Mungkin Anda juga menyukai