Rahasia Khasiat dan Budidaya Cabe Jawa part 1

Cabe Jawa termasuk tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.  Dan saat ini kebutuhan industri kesehatan akan cabe jawa sangat tinggi, namun belum dapat dipenuhi kebutuhannya.  Tentu saja bisa dipahami karena memang tanaman cabe jawa belum banyak dibudidayakan oleh petani.

Baca Juga : Menanam Bibit Cabe Unggul Dari Benih

Dalam dunia kesehatan cabe jawa ini dapat menjadi bahan campuran obat-obatan atau menjadi campuran jamu-jamuan.

Tanaman Cabe Jawa

Tanaman Cabe Jawa

Tanaman asli dari Indonesia ini memilik beberapa khasiat di seluruh bagian tubuhnya.  Mulai dari akar, batang, daun hingga buahnya.  Mari kital lihat apa sajakah khasiat tanaman cabe jawa ini :

Khasiat Tanaman Cabe Jawa Untuk Kesehatan Dan Ramuannya

  1. Obat Kuat Lelaki

Cabe jawa bisa digunakan untuk obat kuat lelaki.  Ramuan untuk manfaat ini menggunakan 3g akar cabe jawa kering yang ditumbuh halus kemudian diseduh dengan air panas.  Airnya diminum sehari sekali sebanyak 1 gelas.

  1. Masuk Angin, perut kembung dan pegal-pegal

Ramuan yang diperlukan untuk keluhan kesehatan jenis ini adalah Buah cabe jawa 3 butir, daun mint ¼ genggam, daun kesumba keling ¼ genggam, gula aren 3 jari.

Cuci bersih semua bahan tersebut kemudian rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa dua seperempat gelas.  Ramuan diminum 3 kali ¾ gelas sehari sebelum makan.

  1. Penambah nafsu makan dan badan lemah

Untuk dapat menambah nafsu makan, capur 2 buah cabe jawa dengan lempuyang emprit 2 jari.  Cuci bersih keduanya, kemudian memarkan.  Setelah itu rebus 2 gelas air menggunakan api kecil hingga tersisa menjadi 1 gelas.  Dan dinginkan rebusan herbal tersebut.  Setelah dingin air disaring dan diminum sekali 1 gelas sehari selama 7 hari.

  1. Penghangat badan

Penghangat badan sering dibutuhkan di dataran tinggi yang cuacanya dingin.  Untuk mendapatkan khasiat cabe jawa untuk menghangatkan tubuh, gunakan 6 gram cabe jawa mentah kering.  Tumbuh hingga halus, dan seduh menggunakan air panas.  Minum setiap hari segelas.

  1. Obat kumur

Gunakan 3 lembar daun cabe jawa yang ditumbuh halus dan diseduh dengan 1 gelas air panas.  Gunakan air tersebut untuk obat kumur alami.

  1. Urat syaraf lemah

Urat syaraf yang lemah bisa di bantu dengan ramuan cabe jawa 6 buah, rimpang alang-alang 3 batang, rimpang lempuyang ¾ jari, daun sambiloto ¾ jari, dan gula enau ¾ jari.

Cuci dan potong bahan-bahan tersebut, tambahkan rebusan gula enau 4 gelas ke dalam campuran bahan tersebut.  Rebus hingga tersisa 3 gelas.  Setelah mendidih, biarkan air rebusan dingin terlebih dahulu baru kemudian saring.  Minum sebanyak ¾ gelas ramuan sebanyak 3x sehari untuk mendapatkan manfaat.

  1. Obat sakit gigi dan gigi berlubang

Jika mengalami sakit gigi karena gigi berlubang, bisa dibantu dengan 5 butir cengkih dan ¼ gram akar cabe jawa yang kemudian disangrai (goreng tanpa minyak) sampai hangus.  Setelah itu, haluskan dan masukkan ke dalam gigi yang berlubang, tutup dengan kapas.

  1. Obat kumur untuk mengatasi bau mulut

Cara memanfaatkan cabe jawa untuk mengatasi bau mulut adalah dengan merebus 3 daun cabe jawa, 5 lembar daun sirih segar ke dalam 2 gelas air.  Rebus hingga diperoleh 1 gelas air ramuan, kemudian dinginkan.  Setelah air menjadi dingin, gunakan air tersebut untuk berkumur.

  1. Luka baru

Luka yang masih baru bisa dipercepat pengeringannya menggunakan daun cabe jawa 3 lembar, dicampur dengan akar trengguli 1 genggang yang dicincang halus.  Setelahnya rebus dengan air sebanyak  6 gelas selama ½ jam.  Gunakan air tersebut untuk mencuci luka.  Awalnya akan terasa nyeri dan panas, namun khasiatnya luka akan lebih cepat sembuh.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Rawit, Si Kecil Nan Pedas Nikmat

Bagaimana cara membudidayakan cabe jawa ini? Nanti akan diulas pada tulisan berikutnya.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *