Ragam Jenis Tanaman Bonsai Paling Cantik

Tanaman bonsai menjadi salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari karena memang bentuknya yang unik dan cantik. Menghias rumah dengan tanaman bonsai nyatanya dapat memberikan kesan yang lebih hidup di dalam rumah. Tanaman bonsai sendiri adalah jenis tanaman yang sengaja dikerdilkan, biasanya ditananam di dalam pot ataupun di atas batu. Membuat sebuah tanaman menjadi bonsai merupakan sebuah seni dalam pemangkasan tanaman. Diperlukan skill mumpuni untuk dapat menghasilkan bonsai yang tumbuh dengan bentuk atau pola tersendiri. Nah, ada banyak tanaman yang bisa dibudidaya dengan teknik bonsai. Bagi Anda yang tertarik, bisa mencoba beberapa tanaman berikut ini.

Gambar Tanaman Bonsai

Gambar Tanaman Bonsai

5 Jenis Tanaman Bonsai Paling Cantik

  1. Bonsai Beringin

Beringin merupakan jenis pohon yang paling sering dijadikan tanaman bonsai. Pohon yang secara umum tumbuh menjulang tinggi dengan batang yang besar ini banyak dibudidaya dengan bonsai karena bentuk pohonnya yang secara alamiah sudah cantik. Dengan bentuk batang, ranting, dan cabang-cabang yang atraktif. Jika dijadikan bonsai, tampilannya bisa menjadi semakin menarik lagi. Bonsai termasuk memiliki peminat yang tinggi karena pohon ini memiliki ukuran yang besar dengan kemampuan bertahan hidup yang sangat baik. Usia beringin juga bertahan lama, bahkan hingga puluhan tahun.

Baca Juga : Nama-Nama Tanaman Aquascape Terpopuler

  1. Bonsai Jambu Biji

Jambu menjadi salah satu tanaman bonsai buah yang banyak dibudidayakan. Tanaman ini tergolong mudah untuk dibentuk sebagai bonsai karena memang memiliki batang yang baik. Batang jambu termasuk kuat dan kokoh sehingga saat proses dibonsai menjadi lebih mudah dibentuk. Selain itu, bagian akar pohon jambu juga memiliki nilai estetika tersendiri. Tanaman tropis ini selain indah untuk dibonsai, juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya baik untuk menjaga meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercantik kulit.

Baca Juga : Harga Tanaman Bonsai 2018

  1. Bonsai Kelapa

Tanaman kelapa ternyata juga memiliki popularitas yang tinggi di tengah para penghobi bonsai. Tanaman yang secara umum tumbuh dengan tinggi ini bisa dibuat mini. Dan jika sudah dibudidaya dengan bonsai, tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri dengan tampilan yang sangat indah. Ada banyak jenis pohon kelapa yang biasa dijadikan tanaman bonsai kepala, seperti misalnya kelapa gading merah, kelapa albino dan kelapa gading susu. Biasanya, tanaman kelapa ini jadikan hiasan pada halaman rumah, dengan bentuk tanaman yang menyerupai pohon palem.

  1. Bonsai Serut

Tanaman bonsai serut merupakan jenis tanaman bonsai yang memiliki ciri khas yang dapat membuat banyak orang jatuh cinta. Bonsai serut berasal dari jenis tanaman yang memiliki batang dengan warna putih atau pucat, warna daunnya hijau segar dengan bentuk bulat-bulat yang berukuran kecil. Pohon bonsai serut juga tidak terlalu tinggi, tanaman ini cocok untuk dijadikan hiasan di dalam rumah. Tanaman yang masuk dalam jenis bonsai serut seperti semak kasar siam, pohon sikat gigi dan pohon kertas pasir.

  1. Bonsai Sakura

Tanaman bonsai yang tidak kalah cantik adalah bonsai pohon sakura. Pohon sakura jika tumbuh normal sudah bisa dilihat keindahannya, terutama jika sedang berbunga. Bunganya yang berukuran kecil dengan warna pink yang lembut dipastikan bisa memukau mata setiap orang. Jika dijadikan bonsai, tanaman ini juga tidak kalah cantik. Bahkan bentuknya jadi semakin menarik dengan batang pohon yang lebih berestetika. Dengan segala kelebihan yang dimiliki, membuat sakura menjadi salah satu tanaman bonsai termahal.

Baca Juga : Aneka Jenis Tanaman Gantung Hias Untuk Mempercantik Rumah

Itulah 5 jenis tanaman bonsai yang paling cantik dan memiliki banyak penggemar. Anda bisa mulai belajar untuk membuat bonsai sendiri untuk mendapatkan pohon dengan sesuai dengan keinginan. Semoga saja hadirnya tulisan ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda untuk menemukan pohon bonsai yang ingin dibudidaya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *