Pupuk Untuk Durian

Sudah memiliki pohon durian tapi belum berbuah?  Sudah berbuah tapi buahnya kecil-kecil dan sedikit?  Kalau itu yang terjadi berarti perlu niy tahu tentang Tips Pemberian Pupuk Untuk Durian Yang Tepat.

Kalau begitu, yuks lanjut baca artikerlnya.

Untuk menghasilkan buah yang optimal, tanaman durian membutuhkan unsur hara yang lengkap.  Baik unsur hara mikro ataupun makro.  Di alam liar, kebutuhan hara ini dipenuhi tanaman dari tanah tempat dia tumbuh.

Kadang unsur hara yang ada di tanah cukup kadang kurang di unsur-unsur tertentu.  Disinilah fungsi pemupukan diperlukan.  Memberikan unsur hara yang tidak terpenuhi dari tanah, supaya tanaman durian dapat tumbuh dengan optimal.

Bagaimana dengan tanaman durian yang tumbuh di pekarangan?

Karena tanah dipekarangan tidak sesubur tanah di hutan atau di kebun, maka pemberian pupuk perlu dilakukan secara rutin.  Pemberian pupuk bisa diberikan semenjak tanaman di pindah ke lahan dan diulangi setiap 4 bulan sekali.

Sebenarnya, tidak ada standar baku untuk dosis pemberian pupuk untuk durian.  Jumlah pemberian pupuk akan sangat tergantung pada kondisi tanah dan unsur apa yang kurang untuk tanaman.

Namun patokan yang akan disampaikan di bawah bisa untuk standar pemberian pupuk di tanah pekarangan.

Baca Juga : Rahasia Nutrisi/Pupuk Yang Membantu Durian Cepat Berbuah

Pemupukan Untuk Tanaman Durian Muda

Yang disebut dengan tanaman muda untuk durian adalah tanaman yang belum berbuah.  Biasanya masih berumur di bawah 5 tahun semenjak dipindah ke lahan.

Pemupukan pada tanaman durian yang masih di usia muda ini tujuan utamanya adalah untuk membantu pertumbuhan vegetatif tanaman.

Pertumbuhan vegetatif ini meliputi pertumbuhan daun, batang dan akar tanaman.

Tanaman yang memiliki pertumbuhan vegetatif optimal akan memiliki akar yang sehat, daun yang rimbun dan batang yang kuat.

Pupuk yang digunakan untuk tanaman di fase vegetatif ini adalah pupuk NPK, ZA, SP-36 atau TSP, KCL, yang diberikan langsung ke akar.

Pupuk kandang juga harus diberikan minimal setahun sekali untuk menjaga kesuburan tanah.

Baca Juga : Tahu Lebih Banyak Tentang Pupuk Kompos

Jika menggunakan pupuk majemuk NPK, maka dosis yang diberikan adalah 200 g per tanaman.  Diberikan ketika tanaman sudah 3 bulan dipindah ke lahan.  Dan diulangi setiap 4 bulan sekali (dalam setahun tanaman dipupuk 3 kali).

Pada tahun kedua, tambah dosis pemupukan sebanyak 20 – 25 % setiap tahun hingga tanaman siap berbuah.  Kenaikan dosis juga terjadi pada pemberian pupuk kandang.

Cara memberikan pupuk pada tanaman muda adalah dengan membuat lubang melingkar sejajar dengan tajuk terluar pohon durian.  Kedalaman lubang pupuk sekitar 15 – 20 cm pada tahun pertama dan ditambah setiap tahunnya.

Gambar cara memupuk durian

Gambar cara memupuk durian

Taburkan pupuk merata di lubang parit tersebut, kemudian timbun dengan tanah.  Setelah tertutup tanah dengan rapat, maka siram hingga basah.  Tujuannya agar hara-hara dalam pupuk dapat meresap dan diserap oleh akar tanaman.

Pemberian pupuk kandang pada akhir musim hujan akan membantu menyimpan air pada saat musim kemarau tiba.  Jumlah pupuk kandang yang diberikan setiap aplikasi sekitar 15 – 17 kg tergantung kebutuhan.  Sehingga dalam setahun tanaman bisa mendapatkan sekitar 50 kg pupuk kandang.

Untuk mendukung kebutuhan unsur hara mikro, tanaman durian muda juga membutuhkan pupuk cair.  Pupuk cair ini diberikan melalui daun dengan cara disemprotkan.  Beberapa jenis pupuk cair yang memiliki unsur hara mikro lengkap adalah Gandasil, Growmore, Gutasil dan Gandapan.

Selain melalui daun, pupuk yang mengandung unsur kalsium dan magnesium diberikan melalui tanah dalam bentuk kapur dolomit.  Pemberian kapur dolomit ini bisa dilakukan bersamaan dengan pemberian pupuk kandang.  Dosisnya 5 – 10 sendok makan per tanaman per tahun.

Baca Juga : Tips Agar Tanaman Durian Cepat Berbuah

Pemupukan Untuk Tanaman Yang Sudah Berbunga dan Berbuah

Pemupukan durian pada tahap ini bertujuan untuk merangsang pembuahan, meningkatkan kualitas buah, dan memperbaiki kondisi tanaman setelah berbuah.

Pupuk untuk durian agar cepat berbuah. Pada saat tanaman durian mulai memasuki usia ke 3 setelah dipindah ke lahan, maka sudah memerlukan tambahan pupuk rock phospat sebanyak 8 ons per tanaman.  Pupuk ini berfungsi untuk mempersiapkan fase pembungaan dan pembuahan tanaman.

Setelah mulai berumur 4 tahun, berikan pupuk NPK 15-15-15 atau 16-16-16 dengan dosis 1,5kg per tanaman.  Pupuk ini juga diberikan bersamaan dengan pemberian pupuk kandang.

Pupuk untuk durian yang sedang berbunga perlu diberi juga pupuk daun yang diberikan dengan disemprot dengan kandungan NPK 30 – 10 – 10.  3 bulan setelah itu berikan pupuk NPK 12-34-12 atau 8-24-24 dengan jumlah 1,5kg per tanaman.  Dosis tersebut adalah pupuk untuk durian supaya cepat berbuah.

Baca Juga : Rahasia Membuat Pupuk Organik Cair Yang Membuat Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman durian yang telah memiliki bunga dan bunganya sudah mekar, sebentar lagi bunga akan menjadi buah.  Di fase tersebut, usahakan tanaman tidak lagi mengeluarkan tunas daun.  Jika ini terjadi, maka bisa menyebabkan buah dan daun berebut makanan.  Untuk itu, tanaman bisa disemprot dengan pupuk daun berupa NPK 20-10-20.  Penyemprotan ini dilakukan 3 kali dengan jarak 2 minggu setiap penyemprotan.

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *