Mengenal Pupuk Organik yang Sering Digunakan

Pernahkah Anda mendengar apa itu pupuk organik? pasti pernah. Pupuk jenis ini pernah kita peajari semasa kita duduk dibangku Sekolah Dasar.

Banyak yang mengatakan bahwa pupuk organik merupakan salah satu jenis pupuk yang alami. Karena pembuatannya yang berasal dari bahan-bahan alami yaitu sisa-sisa tanaman atau hewan yang diolah dengan tujuan untuk memberikan unsur hara kepada tanaman.

pupuk organik, pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk cair

pupuk organik yang di buat oleh petani

Sekaligus digunakan untuk memperbaiki segala sifat fisik, kimia, dan juga biologi tanah.

Untuk menerapkan pertanian organik, maka pupuk yang harus digunakan adalah pupuk organik.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh pupuk organik ini adalah tidak akan merusak tanah dan juga biota yang ada di dalamnya.

Sehingga bagi para petani yang ingin memberikan pupuk kepada tanamannya sangat dianjurkan agar memilih pupuk ini dibandingkan pupuk anorganik atau pupuk kimia.

Kenapa?

Karena jika para petani lebih sering memilih menggunakan pupuk anorganik, mereka bisa merusak kondisi tanah yang ada.

Berikut ini beberapa macam pupuk organik berdasarkan jenisnya.

Ini Dia Jenis Pupuk Organik Berdasarkan Jenisnya

Pada dasarnya sebelum membicarakan macam-macam pupuk organik berdasarkan jenisnya, perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa pupuk yang satu ini memiliki dua macam bentuk.

Yang pertama adalah pupuk organik padat  dan yang kedua adalah pupuk organik cair.

Berdasarkan namanya saja, mungkin Anda sudah bisa membedakan apa yang membedakan keduanya.

Di Indonesia sendiri, para petani lebih banyak yang memilih pupuk padat, karena memang cara mengaplikasikannya lebih mudah dan tidak bergantung waktu.

Berbeda dengan pupuk cair, yang harus disemprotkan pada waktu-waktu tertentu agar penguapan dari cairan tersebut terjadi secara sempurna.

Nah, sekarang saatnya membicarakan pupuk organik berdasarkan jenisnya.

  1. Pupuk Kompos

Pupuk kompos merupakan jenis pupuk yang berasal dari sebuah proses dekomposisi atau penguraian mikroorganisme dari sisa-sisa tanaman yang ada. Baik itu dari sisa sayuran di dapur atau sampak organik yang masih bisa diolah. Biasanya pupuk kompos sering digunakan untuk pupuk buah.

  1. Pupuk NPK

Pupuk NPK organik merupakan pupuk organik buatan (baik itu cair atau padat), yang  mengandung unsur hara terutama nitrogen, fosfor, dan juga kalium.

Kandungan unsur dalam pupuk ini membantu dalam pertumbuhan tanaman mulai dari pertumbuhan vegetatif, pertumbuhan akar dan tunas, dan juga pembungaaan sampai pembuahan.

Untuk harga pupuk NPK yang ada di pasaran bermacam-macam tergantung pada merek dan beratnya.

  1. Pupuk Hidroponik Organik

Pupuk Hidroponik Organik ini merupakan salah satu jenis pupuk penyembuh.

Mengapa demikian?

Kkarena pupuk yang satu ini bersifat menyeimbangkan. Dimana kandungannya bisa menutrisi lahan-lahan terbatas atau lahan kering yang notabene tidak bisa digunakan untuk proses cocok tanam.

Dengan aplikasi yang di atur khusus, pupuk hidroponik organik ini dapat memberikan makanan yang dibutuhkan tanaman yang ditumbuhkan di lahan kritis.

Sebenarnya jenis-jenis pupuk organik masih banyak, nanti bisa dijelaskan pada tulisan lainnya. Disini baru diberikan tiga penjelasan diantara banyaknya jenis pupuk organik yang bisa Anda gunakan untuk menutrisi tanaman Anda.

Namun, hal penting yang harus selalu diingat adalah bahwa yang alami lebih baik dibandingkan dengan apa-apa yang berbahaya seperti bahan-bahan kimia.

Penggunaan pupuk buatan terlalu banyak dapat merusak tanah dan menurunkan hasil tanamanPenggunaan Pupuk kimia seperti pupuk urea tetap perlu di selingi dengan pupuk organik.

Seperti yang kita ketahui, secara umum manfaat yang dimiiki oleh pupuk urea adalah sebagai nutrisi yang penting dalam proses pertumbuhan vegetatif tanaman yang ada. Seperti pada daun, akar, batang, tunas dan juga bagian-bagian lainnya.

Akan tetapi kebutuhan itu bisa juga dipenuhi dengan menggunakan pupuk organik NPK yang juga memiliki kandungan unsur N seperti dalam pupuk urea.

Meskipun kebutuhan pupuk jika menggunakan pupuk organik lebih banyak, namun secara lingkungan dan jangka panjang akan memberikan manfaat yang lebih besar.

Tanah lebih sehat, tanaman bisa tetap menghasilkan dengan baik dan dalam jangka waktu yang lebih lama serta lebih enak rasanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *