Pupuk NPK Organik Untuk Tanaman Sawi

1 min read

Perbandingan Hasil Sawi Menggunakan Pupuk Sintetis dan Pupuk Organik

Pupuk NPK Organik Untuk Tanaman Sawi – Intensitas pemakaian pupuk sintetis yang terus meningkat dari waktu ke waktu memberikan dampak negatif terhadap ekosistem pertanian.

Pupuk sintetis lebih mudah didapatkan tetapi harganya relatif mahal.

Penggunaan pupuk sintetis selalu diikuti dengan masalah lingkungan, baik terhadap kesuburan biologis maupun kondisi fisik tanah serta dampak pada konsumen.

Alternatif solusi yang dapat digunakan yaitu dengan penggunaan pupuk organik.

Pupuk Organik Pengganti Pupuk Sintetis

Tim PKM Penelitian yang beranggotakan Anisa Puji Andani, Alda Ramadhani dan Ihza Dinoel Salam mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini mencoba untuk membuat NPK organik dengan memanfaatkan limbah darah sapi, tulang sapi, dan sabut kelapa.

Baca Juga : Pupuk Organik

Limbah darah sapi dapat menjadi sumber Nitrogen, tulang sapi yang telah diabukan dapat menjadi sumber Fosfor  dan abu sabut kelapa dapat menjadi sumber Kalium.

Sehingga darah sapi, tulang sapi dan abu sabut kelapa dapat dikombinasi menjadi pupuk NPK organik Kombinasi.

Pembuatan pupuk organik kombinasi ini dibuat dengan cara membakar tulang dan sabut kelapa hingga menjadi abu, kemudian tulang dihancurkan dengan mesin penggiling.

Pupuk organik NPK
Pupuk organik NPK

Setelah kedua bahan menjadi abu lalu dicampurkan dengan darah segar kemudian dikeringkan dengan tidak terkena sinar matahari langsung.

Pupuk NPK organik ini telah di uji dilaboratorium kemudian diaplikasikan ke tanaman sawi.

Hasil Riset Pupuk Organik Yang Dilakukan

Hasil uji laboratorium menunjukkan N total mencapai 1,74 % yang mana lebih tinggi dari kandungan awal darah segar yang hanya 0,005%.

Kandungan P tersedia mencapai 41,4 ppm dan K mencapai 154,2 Cmol/Kg.

Setelah diaplikasikan ketanaman sawi, sawi yang dipupuk dengan pupuk sintetis dengan sawi yang dipupuk dengan pupuk dari NPK yang dikombinasikan dari limbah darah sapi menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan.

Dapat disimpulakan bahwa pupuk NPK organik dari darah sapi ini cukup bagus untuk djadikan pupuk.

Perbandingan Hasil Sawi Menggunakan Pupuk Sintetis dan Pupuk Organik
Perbandingan Hasil Sawi Menggunakan Pupuk Sintetis dan Pupuk Organik

Baca Juga : Pupuk Urea

Baca Juga : Hidroponik Sawi

Harapannya pupuk ini dapat menjadi solusi masalah kelangkaan pupuk dan harga pupuk yang mahal. Juga mengatasi masalah lingkungan akibat pencemaran pupuk anorganik dan langkah menuju produksi pertanian yang berkelanjutan.

 

Hasil Riset Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

(Ditulis dengan sedikit editing, dari penelitinya : Anisa Puji Andani, Judul Asli : HINDARI DAMPAK BURUK DARI PUPUK SINTETIS PADA BUDIDAYA PERTANIAN, MAHASISWA UMY KOMBINASIKAN PUPUK NPK DARI DARAH SAPI)