Pot Hidroponik

Memiliki kebun hidroponik sederhana bisa dilakukan di rumah dan halaman.  Karena prinsipnya bertanam hidroponik adalah menanam tanpa tanah, maka ada banyak bahan yang bisa dijadikan sebagai pot hidroponik.

Bahan-bahan untuk digunakan sebagai pot hidroponik sederhana banyak kita jumpai di sekitar tempat tinggal kita, bahkan bisa juga menggunakan barang-barang bekas.

Selain bisa mendapatkan pot hidroponik murah, memanfaatkan barang bekas untuk digunakan kembali juga termasuk bagian dari menjaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga : Petunjuk Cara Menanam Hidroponik Sederhana Dengan Teknik NFT

Ingin tau barang-barang apa saja yang bisa dijadikan sebagai pot hidroponik?

Yuks kepoin terus tulisan ini ya.

3 Pot Hidroponik Sederhana Yang Bahan Bakunya Ada Di Sekitar Kita

  1. Pot Hidroponik Paralon

Kalau material yang satu ini tentu kita tidak usah bingung-bingung kemana mencarinya.  Tinggal berangkat ke toko material bangunan dan membelinya, maka kita sudah akan mendapatkan barangnya.

Bentuk paralon yang bisa digunakan untuk pot hidroponik bisa yang berbentuk paralon talang berhuruf U atau menggunakan paralon bulat yang biasa.

Pemilihan bentuk paralon dan ukurannya bisa disesuaikan dengan tanaman yang akan kita tanam dan sistem hidroponik yang akan digunakan.  Namun biasanya, kalau untuk pot hidroponik, yang digunakan adalah talang paralon yang berukuran besar (4 dim)

Paralon yang telah kita dapatkan tinggal diberi penyangga dan diberi lubang sesuai dengan jarak tanam (untuk paralon jenis biasa).

Penyangga bisa dibuat dengan menggunakan material aluminium, besi ataupun kayu.  Setting berapa kemiringan penyangga, apakah akan menggunakan yang 2% atau 5%.

Baca Juga : Cara Berkebun Hidroponik

Yang perlu diperhatikan pada saat memasang penyangga adalah pastikan tinggi penyangga sisi kanan dan kiri sama agar larutan yang nanti melalui tanaman bisa seimbang di tengah untuk memastikan kecukupan aliran nutrisi bagi tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik.  Sehingga nantinya tanaman dapat tumbuh dengan seragam tanpa ada yang kerdil atau bahkan mati karena kekurangan nutrisi.

  1. Pot Hidroponik dari Botol Bekas

Jika kita baru saja mengkonsumsi air minum dalam kemasan, jangan buru-buru membuang botol yang telah kosong.  Kumpulkan botol ini dan dapat kita gunakan untuk pot hidroponik.

Pot Hidroponik Dari Botol Bekas

Pot Hidroponik Dari Botol Bekas

Cara membuatnya adalah dengan cara memotong botol bekas kosong tersebut menjadi 2 bagian.  Bagian atas akan digunakan sebagai media tanam, bagian bawah akan menjadi tandon nutrisi hidroponik.

Lubangi botol bagian atas menggunakan paku yang dipanasi menjadi 3 lubang, dan sumbat lubang dengan sumbu kompor sebagai jalan naik nutrisi ke tanaman.  Isi bagian atas botol tersebut dengan media tanam hidroponik (arang sekam atau yang lainnya).

Satukan bagian atas botol yang telah dibalik dan diberi media tanam dengan bagian bawah botol yang telah diisi dengan nutrisi hidroponik.  Beri gantungan apabila ingin menggunakannya sebagai tanaman hias gantung.

Baca Juga : Rahasia Meramu Pupuk Untuk Hidroponik

  1. Pot Hidroponik dari Botol Aqua dan gelas aqua

Botol aqua seringkali kita lihat dibiarkan begitu saja dan dibuang.  Padahal sebenarnya botol-botol dan gelas-gelas tersebut dapat kita gunakan untuk mempercantik ruangan kita dengan memanfaatkannya untuk pot hidroponik.

Botol aqua yang kosong bisa diisi dengan air dan isi dengan tanaman air sebagai hiasan pemanis ruangan. Sedangkan gelas aqua dapat digunakan untuk media pemisahan benih tanaman hidroponik.

Cara menggunakannya cukup dengan memberikan media tanam di atasnya, dan tanam benih yang akan di pisah di dalamnya.

Baca Juga : Aneka Jenis Tanaman Buah-Buahan Dengan Cara Hidroponik

Itulah beberapa barang-barang sederhana yang dapat kita jumpai di sekitar rumah  kita dan dapat digunakan sebagai pot hidroponik.  Tidak mahal dan mudah bukan?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *