Pertanian Indonesia

Definisi Pertanian

Pertanian merupakan sebuah pemanfaatan sumber daya alam hayati yang dilakukan oleh manusia untuk menghasilkan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Selain itu pertanian saat ini juga bisa dijadikan sebagai suatu pekerjaan yang mampu meningkatkan perekonomian manusia.

Anda pastinya sering mendengar sebuah kata agraris dalam kehidupan Anda.

Ya, itu merupakan julukan yang diberikan oleh beberapa negara lain terhadap Indonesia karena memiliki lahan untuk bercocok tanam yang begitu melimpah.

Disamping itu julukan tersebut juga disematkan kepada Indonesia dikarenakan negara ini mempunyai mayoritas rakyatnya yang bekerja sebagai petani.

Suatu rasa syukur yang tiada tara sudah sepantasnya ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan suatu kekayaan alam yang melimpah untuk negara ini.

Maka dari itu Anda harus bangga bisa berada di negara Indonesia ini.

sawah indonesia

sawah indonesia

Kembali lagi pada topik pembahasan utama, saat ini bercocok tanam sudah menjadi sarana mata pencaharian yang sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Banyak bidang yang dapat diterapkan untuk menghasilkan suatu keuntungan besar dalam kegiatan bercocok tanam. Dimulai dari bercocok tanam padi, buah, sayur-sayuran, bunga, ataupun tanaman lainnya.

Dalam hal ini tinggal bagaimana Anda berinovasi dan juga tekun dalam menjalankan kegiatan bercocok tanam ini.

Ada beberapa jenis pertanian ataupun bercocok tanam yang sering dilakukan ataupun dijalankan di masyrakat.

Berikut Beberapa Jenis Pertanian di Lingkup Masyarakat

Kegiatan bercocok tanam bukan hanya terdiri dari satu jenis saja. Bahkan terdapat dua atau lebih kegiatan bercocok tanam yang ada di lingkup masyarakat. Berikut ulasanya.

  1. Pertanian organik

Merupakan suatu kegiatan bercocok tanam yang seluruhnya memanfaatkan bahan-bahan alami tanpa disertai penggunaan bahan-bahan sintetis ataupun kimia dalam penerapanya.

Banyak tanaman di Indonesia yang berpotensi bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari pertanian organik.

Dimulai dari padi, sayur-sayuran, berbagai macam buah-buahan (brokoli, kubis merah, jeruk), hingga berbagai macam tanaman perkebunan (kopi, teh, kelapa), dan lain sebagainya.

Pertanian organik merupakan jenis pertanian yang mampu menghasilkan suatu keuntungan besar jika Anda mampu menjalankannya dengan baik.

Selain itu, jenis kegiatan bercocok tanam ini juga mampu menghasilkan berbagai sayur-sayuran yang sehat dan segar.

Dengan berbagai keuntungan yang dihasilkannya, jenis kegiatan bercocok tanam ini sangat dianjurkan untuk Anda jalankan.

Dengan Anda menerapkan sistem pertanian organik dalam kegiatan bercocok tanam Anda, pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen memilih berbagai hasil kegiatan bercocok tanam Anda.

Baca Juga : Memahami Pertanian Organik Di Indonesia

  1. Pertanian Hidroponik

Pertanian hidroponik merupakan suatu kegiatan bercocok tanam yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Cara ini dilakukan karena bertujuan untuk menekankan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Selain itu kebutuhan air untuk jenis kegiatan bercocok tanam ini juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis kegiatan bercocok tanam lainnya.

Jenis kegiatan ini sangat cocok untuk diterapkan bagi daerah yang memiliki keterbatasan pasokan air.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Hidroponik

  1. Pertanian Modern

Pertanian modern merupakan jenis kegiatan bercocok tanam yang saat ini sering diterapkan diberbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

Baca Juga : Pertanian Modern Di Dunia

Selain efisien, jenis kegiatan ini juga sangat mudah untuk dilakukan jika dibandingkan dengan kegiatan bercocok tanam lainnya.

Penggunaan berbagai alat modern, dan juga pemanfaatan berbagai macam bahan kimia dalam penerapannya menjadi ciri yang menonjol pada kegiatan bercocok tanam ini.

Namun ada beberapa kekurangan pada jenis ini. Selain membahayakan konsumen, penggunaan bahan kimia juga bisa merusak ekosistem alam yang ada.

Demikianlah beberapa jenis kegiatan bercocok tanam yang banyak diterapkan di lingkungan masyarakat diberbagai daerah di Indonesia.

Dengan tersedianya fasilitas yang sudah alam ini berikan, maka tidaklah sulit untuk Anda menjalankan berbagai macam kegiatan bercocok tanam ini.

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Februari 15, 2018

    […] berkelanjutan di Indonesia adalah sebuah gerakan pertanian di Indonesia yang menggunakan ekologi, dalam praktik produksinya menggunakan tanaman dan hewan yang dilakukan […]

  2. Februari 15, 2018

    […] itu anda juga bisa melihat gambaran umum tentang pertanian di Indonesia terlebih […]

  3. Mei 6, 2018

    […] Dengan berbagai keunggulan yang dihasilkan mampu dijadikan sebagai bahan pelajaran untuk Anda terapkan dalam menjalankan kegiatan pertanian dengan sistem yang baik dan benar di Indonesia. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *