Mengatasi Hama Tanaman Cabe

Setelah kita mengetahui hama yang menyerang tanaman cabe, maka kita juga perlu bagaimana cara mengatasi hama tanaman cabe.

Tujuan dari mengetahui cara mengatasi hama tanaman cabe tentu saja agar kerusakan yang ditimbulkan oleh hama tersebut dapat diminimalisir atau bahkan dihindari.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi hama tanaman cabe berikut ulasannya :

Baca Juga : Mengenal 7 Hama Pada Tanaman Cabe

7 Jenis Hama Tanaman Cabe dan Penanganannya

  1. Thrips

Hama Thrips dihindari dengan cara seleksi bibit sebelum tanam, pemakaian mulsa plastik, mencabut tanaman yang terserang dan membakarnya agar tidak meluas.

Pembasmi hama tanaman cabai alami thrips dengan menggunakan 5 siung bawang putih yang di tumbuk, dicampur dengan tumbukan bawang merah, lengkuas dan jahe.  Rendam semalam dengan 10 L larutan detergent.  Saring pada pagi hari, lalu semprotkan ke tanaman yang diserang.

Teknik budidaya yang bisa mencegah serangan hama thrips adalah dengan melakukan pergiliran tanaman serta tidak menanam cabe secara bertahap dan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Cabe Di Indonesia

  1. Kutu Daun

Kutu daun bisa diatasi dengan merendam segenggam tembakau ke dalam 5 L air detergent semalaman.  Saring larutan rendaman tersebut kemudian semprot pada bagian tanaman yang terserang.  Penyemprotan di ulang selang 3 hari jika kutu masih tampak.

Pencegahan secara teknik budidaya dapat dilakukan dengan menanam tanaman perangkap di sekeliling kebun cabe misalnya menggunakan tanaman jagung.

Baca Juga : Mengenal Bibit Cabe Unggul Dari Benih

  1. Kutu Kebul

Untuk mengatasi serangan kutu kebul dapat dilakukan dengan memasang yellow trap 40 buah / ha. Sisa tanaman yang terserang di kumpulkan dan dibakar agar tidak meluas.

Pembasmi hama tanaman cabe alami untuk kutu kebul adalah dengan merendam 5kg cabe atau jahe atau lengkuas dalam air detergent semalam.  Tambahkan 1-5 gram tumbukan halus biji nimbi.  Saring dan semprotkan ke tanaman yang terserang kutu kebul.

Sedangkan cara untuk mengalihkan serangan kutu kebul adalah dengan menanam tanaman jagung atau bunga matahari di sekeliling kebun cabe.  Lingkungan tempat tumbuh cabe juga perlu dijaga kebersihannya.  Hindari tumbukan sisa-sisa tanaman di kebun yang dapat mengundang datangnya kutu kebul.  Bisa juga dengan menanam sayuran atau tomat sebagai tanaman tumpang sari cabe.

  1. Lalat Buah

Apabila kebun cabe kita sudah terserang lalat buah, maka kita harus segera mengumpulkan buah cabe yang teserang untuk kemudian di musnahkan dengan cara dibakar.

Cara pengendalian alami lalat buah dilakukan dengan memasang perangkap beracun metal eugenol atau protein hidrosilat yang efektif terhadap serangga jantan.

  1. Tungau

Tungau ini dapat dihindari dengan kebun yang tidak terlalu gelap.  Tanaman cabe setidaknya terkena sinar matahari selama minimal 2 jam sehari.

Apabila tungau telah menyerang tanaman cabe yang kita tanam, maka rendam segenggam tembakau, lengkuas, dan kapulaga dalam 5 L air detergent.  Saring larutan tersebut dan semprotkan pada bagian tanaman yang terserang tungau.

Gambar Tanaman Cabe Yang Terkena Tungau, cara mengatasi hama cabe

Gambar Tanaman Cabe Yang Terkena Tungau

Kebersihan kebun cabe juga akan sangat membantu dalam menghindari adanya serangan tungau pada tanaman cabe kita.

Baca Juga : Peluang Usaha Menguntungkan Dengan Menjalankan Pertanian Cabe

  1. Ulat Grayak

Apa yang dapat kita lakukan jika tanaman cabe kita terkena ulat grayak?  Yang pertama kali dilakukan adalah mengumpulkan ulat dan telur yang kita temukan, kemudian di musnahkan.  Balik tanah tempat tumbuh tanaman cabe untuk menemukan ulat yang bersembunyi di dalam tanah.

Agar ulat ini tidak banyak berkembang, maka sediakan perangkap lampu untuk menjebak kupu-kupu pada malam hari.

  1. Ulat Tanah

Ulat tanah adalah hama akar tanaman cabe.  Untuk mengatasi serangan ulat tanah ini, maka kita perlu membuat genangan air di tanah sepanjang hari.  Tindakan ini dilakukan untuk membunuh ulat dan pupa yang ada di dalam tanah.  Selain itu, kita juga perlu melakukan pemasangan mulsa plastik.

Baca Juga : Jenis Hama Pada Tanaman Cabe

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *