Memberi Pakan Burung Yang Baik dan Sehat

Burung perlu dipelihara dengan baik agar tumbuh sehat, lincah dan gesit.  Adapun cara pemeiharaannya adalah dengan memberi pakan, memandikan serta menjemur burung.

Pakan merupakan faktor yang sangat penting dalam pemeliharaan burung.  Seperti manusia, pakan burung juga perlu memenuhi syarat “empat sehat lima sempurna”.  Artinya, pakan burung juga harus mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Koi

Takaran dalam pemberian jumlah pakan harus cukup, tidak boleh berlebihan atau kekurangan.  Durasi pemberian pakan biasanya dua kali sehari yaitu pagi hari dan siang hari.  Pada pagi hari, pemberian jumlah pakan harus lebih banyak daripada siang hari karena burung lebih aktif makan.

Jumlah pakan yang diberikan biasanya tergantung beberapa hal, yaitu berat burung, jenis pakan burung, umur dan tingkat metabolisme burung.

Cara pemberian pakan dapat dibedakan berdasarkan jenis burung.  Berikut uraiannya.

Jenis dan pemberian pakan burung

  1. Burung pemakan biji-bijian

Sebelum diberi makan, tempat pakannya terlabih dahulu perlu dibersihkan, baru kemudian biji-bijian dimasukkan ke wadah.  Pemberian pakan untuk burung jenis ini dilakukan setiap hari sekali.

  1. Burung pemakan buah-buahan

Burung pemakan buah-buahan biasanya menyukai pisang dalam keadaan tidak terlalu matang.  Pisang tersebut digantungkan di dalam sangkar dengan terlebih dahulu sebagian kulitnya dikupas.

Untuk burung pemakan pepaya, sebaiknya pepaya yang diberikan dalam potongan selebar kurang lebih tiga jari dan panjangnya kurang lebih 10 cm.  Biji pepayanya juga sebaiknya dibuang terlebih dahulu.

  1. Burung pemakan daging

Pakan yang diberikan untuk burung pemakan daging biasanya adalah anak ayam, katak, dan ulat.  Daging atau jeroan yang diberikan harus dalam keadaan segar dan dipotong-potong kecil terlebih dahulu.

Cara meramu pakan

Burung yang memiliki tingkat metabolisme tinggi akan mengkonsumsi lebih banyak pakan.  Tingkat metabolisme ini dapat dilihat dari aktif tidaknya burung, ukuran tubuh, jenis dan umur burung.

Burung yang selalu aktif bergerak memerlukan pakan dalam jumlah yang banyak dibandingkan dengan burung yang kurang aktif bergerak.

Burung dengan berat badan 100 – 1.000 g mampu menghabiskan makanan sebanyak 5-9% dari berat tubuhnya (dalam satu hari).

Sementara burung ocehan dengan berat 10 – 90g memerlukan makanan 10 – 30% dari berat badannya.

Burung muda yang masih dalam tahap pertumbuhan memerlukan makanan lebih banyak daripada burung dewasa.  Anak burung dapat menghabiskan makanan sebanyak ukuran berat badannya sendiri.

Burung tidak akan memakan makanan yang tidak disukainya.  Setiap burung akan memilih makanan yang disukai sesuai kebiasaan.

Untuk menentukan jumlah ramuan pakan untuk burung, sebagiknya dilakukan trial dan error.  Pertama beri pakan untuk jangka waktu satu hari.  Jika telah habis pakan ditambah satu takaran lagi.  Perhatikan berapa banyak sisanya, ulangi selama seminggu untuk memastikanjumlah pakan yang diperlukan burung dalam satu hari.

Pakan yang sudah diramu harus diberikan tepat pada saat burung memerlukan.  Waktu pemberiannya sebaiknya pagi hari pada saat burung dalam kondisi sangat lapar.

Ramuan Pakan Kenari

Burung kenari merupakan golongan omnivora dengan sebagian besar pakan pokoknya berupa biji-bijian, sayuran, dan serangga.  Jenis biji-bijian yang biasa diberikan diantaranya jewawut, biji lobak, biji sawi, dan kenari biji.

Baca Juga : Burung Kenari Gacor

Sebaiknya biji-bijian tersebut di campur dengan proporsi seimbang.

Serangga yang biasa dimakan oleh kenari diantaranya kroto.  Pemberian kroto tidah boleh berlebihan karena dapat menyebabkan bulu menjadi rontok.  Kenari juga dapat diberikan makanan berupa kuning telur, tulang cumi-cumi, tepung tulang dan pecahan kulit kerang.

Untuk menguatkan dan menambah keindahan warna bulunya, burung kenari perlu diberikan makanan khusus.  Untuk kenari yang berwarna dasar merah, pakannya perlu ditambahkan parutan wortel yang mengandung pigmen warna merah (karoten).

Gambar Kenari Merah

Gambar Kenari Merah

Sedangkan kenari yang berwarna biru atau hitam diperjelas dengan memberikan pakan berupa lumatan ranti atau leunca yang mengandung antosianin.

Untuk kenari yang berwarna kuning, pakannya dapat ditambahkan parutan kunyit yang mengandung antosianin.

Kenari warna dasar hijau pakannya dapat ditambahkan lumatan sayur-sayuran karena mengandung pigmen hijau daun (Klorofil).

Pakan khusus itu sebaiknya diberikan kepada kenari pada saat mengalami proses pergantian bulu.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *