Media Tanam Hidroponik


Media Hidroponik

Media tanam hidroponik – Tahukah anda apa itu hidroponik?

Hidroponik merupakan teknik bercocok tanam yang menggunakan media tanam selain tanah atau tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya.

Media utama dalam teknik ini yaitu dengan menggunakan air. Tetapi media tanam hidroponik tidak selalu menggunakan air, ada beberapa media yang dapat digunakan untuk media hidroponik.

Media hidroponik dapat anda temukan di sekitar anda. Beberapa media hidroponik tersebut antara lain yaitu ada serabut kelapa, spons, arang sekam, rockwool, perlite, pasir, kerikil, serbuk kayu dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya media tanam yang digunakan untuk hidroponik merupakan segala jenis bahan yang dapat digunakan sebagai pertumbuhan tanaman.

Namun media tanam hidroponik ini harus mampu mengganti fungsi tanah. Akar tanaman tidak bisa dipisahkan dengan media tanam yang digunakan.

Karena media tanam tersebut digunakan untuk menempel dan menyerap nutrisi. Media pengganti tanah tersebut harus mampu memenuhi beberapa persyaratan seperti mampu menyerap air, sirkulasi udara dan murah.

Media Hidroponik Sederhana

Anda yang hobi dengan bercocok tanam dapat memanfaatkan lahan pekarangan anda untuk menanam tumbuhan seperti sayur, buah-buahan dan lain-lain.

Baca Juga :

Tetapi kebanyakan orang yang berada di kota tidak dapat bercocok tanam karena tidak memiliki lahan yang luas dan bahkan tanah sudah ditimbun dengan semen.

Dari beberapa hal tersebut anda dapat memulai bercocok tanam dengan cara hidroponik. Cara ini mudah dan tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya.

arang sekam untuk media hidroponik

arang sekam untuk media hidroponik

Banyak jenis tanaman sayuran yang ditanam dengan menggunakan cara ini. Biasanya yang sering dilakukan yaitu menggunakan arang sekam.

Karena dengan menggunakan arang sekam ini termasuk cara yang mudah dan dapat dilakukan semua orang. Selain itu, cara ini juga sederhana untuk dilakukan.

Anda dapat menempatkan arang sekam di pot hidroponik dimana pun yang anda suka tetapi usahakan tanaman hidroponik tidak dapat terkena hujan. Karena jika terkena hujan nanti larutan nutrisi akan tercampur dengan air hujan.

Tanaman yang di tanam secara hidroponik dibutuhkan penyinaran sinar matahari dengan intensitas yang rendah selama 5 jam.

Biasanya tanaman yang cocok ditanam menggunakan cara ini yaitu caisim (sawi hijau), selada, pokcay, bayam dan sebagainya.

Namanya juga media hidroponik seperhana pasti alat dan bahan yang digunakan untuk membuat tanaman hidroponik juga sederhana dan mudah.

Cara Membuat Media Hidroponik Sederhana

Bercocok tanam dengan menggunakan hidroponik ini cukup mudah. Media tanam yang digunakan juga sederhana, murah dan mudahh dicari.

Bagi anda yang suka bercocok tanam cocok sekali jika menggunakan cara hidroponik. Kareana menanam dengan cara hidroponik dapat menambah keindahan dan pemberian nutrisi akan menjadi maksimal dengan langsung diserap oleh akar.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tanaman hidroponik ini dapat ditemukan disekitar rumah anda. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan bekas di sekitar rumah anda. Nah, untuk lebih jelasnya berikut cara membuat media hidroponik sederhana.

Sebelum membuat media hidroponik anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang akan diggunakan (dapat menggunakan bahan bekas) seperti:

  • Botol plastik
  • Gelas plastik
  • Jerigen
  • Kain untuk sumbu (dapat menggunakan kain flannel atau kain lainnya yang dapat menyerap air nutrisi nantinya)
  • Nutrisi hidroponik
  • Media hidroponik (dapat menggunakan media tanam berupa rockwool, pasir, serabut kelapa, serbuk kelapa, arang sekam, pecahan batu bata, kerikil atau media tanam yang mudah didapat)

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan saatnya memulai untuk membuat media hidroponik sederhana dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Potong botol menjadi dua bagian
  • Kemudian potong bagian atas botol sebagai tempat sumbu dan aliran udara
  • Pasang sumbu pada bagian botol yang sudah disiapkan
  • Masukkan bagian atas botol dengan cara dibalik ke bagian bawah botol
  • Setelah itu masukkan media tanam yang sudah disiapkan ke bagian atas botol. Hal tersebut berfungsi sebagai pijakan agar tanaman tidak rebah
  • Kemudian tanam 2 – 3 bibit tanaman dan siram meggunakan larutan nutrisi hidroponik
  • Tempatkan tanaman dalam tempat yang sejuk. Tidak terkena hujan tetapi tetap terkena sinar matahari

Baca juga :

  1. Pot Hidroponik
  2. Harga Nutrisi Hidroponik

Jual Media Hidroponik

Bagi sebagian orang yang hobi bercocok tanam pasti ingin mencoba media tanam hidroponik. Pasti banyak juga yang bertanya tentang dimana tempat yang menjual media hidroponik?

Sebenarnya media hidroponik ini dapat anda buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana dan bahkan bahan-bahan bekas juga dapat di gunakan.

Ataupun dapat anda membuat dengan pipa paralon. Namun jika anda kesulitan untuk membuat sendiri di rumah anda dapat membelinya di toko hidroponik.

Dengan era modern ini anda juga dapat menemukannya di berbagai media sosial atau di beberapa situs e-commerce.

Berbagai macam media hidroponik di jual di media sosial atau beberapa situs e-commerce. Sehingga anda tidak perlu bingung untuk mencarinya.

Media Hidroponik Murah

Anda yang ingin bercocok tanam tanpa menggunakan pupuk dan media tanah dapat menerapkan teknik tanaman hidroponik.

Tidak sedikit orang yang menggeluti bidang pertanian dengan teknik hidroponik ini. Berbagai macam media tanam hidroponik dapat anda temukan dengan mudah dan murah.

Hasil dari tanaman hidroponik ini juga tergantung dari media tanam yang sesuai. Sehingga jika anda akan memulai membudidayakan tanaman dengan cara hidroponik anda dapat memilih media tanam yang sesuai.

Media hidroponik harus memiliki beberap syarat untuk dapat digunakan seperti memiliki struktur yang gembur dan subur agar dapat mengalirkan air ke tanaman.

Mampu menyerap air serta tidak ada organisme di dalamnya yang akan mengganggu kesuburan tanaman.

Media tanam harus memiliki tingkat salinitas berkadar rendah, memiliki kandungan unsur kalsium/kapur dan memiliki tingkat keasaman mencapai pH 6 – 7 atau disebut dengan alkalis.

Berbagai media tanam dapat anda temukan dengan mudah bahkan dengan harga yang murah seperti spons, serbuk kayu, perlite dan lain-lain.

Spon Cuci Piring

Spon Cuci Piring

Spons bukanlah benda asing bagi penglihatan kita. Benda ini sering kita lihat berada di dapur untuk mencuci piring.

Selain untuk mencuci piring benda ini juga dapat dimanfaatkan sebagai media tanam hidroponik.

Hal ini karena spons memiliki sifat yang mampu menampung dan menyerap air. Sehingga tidak heran lagi jika banyak orang yang menggunakannya untuk media tanam.

Selain spons, serbuk kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai media tanam hidroponik. Sebuk kayu ini dapat bertahan lama jadi dapat digunakan lebih dari sekali.

serbuk kayu untuk media tanam hidroponik

serbuk kayu untuk media tanam hidroponik

Perlite juga dapat digunakan untuk media tanam hidroponik loh. Ternyata perlite memiliki daya serap yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan akar tumbuhan.

Harga Media Hidroponik

Pada setiap tempat, harga media hidroponik pasti mermacam-macam dan berbeda antara tempat satu dengan tempat yang lain. Nah berikut beberapa daftar harga media hidroponik.

No.Media TanamHargaKeterangan
1.RockwoolRp 75.0001 slab
2.Arang sekamRp 20.000Harga per kg
3.PerliteRp 175.000Harga per kg
4.CocopeatRp 90.400Harga untuk 10 kg

 

Mungkin Anda juga menyukai