Makanan Ikan Lele

Makanan Ikan Lele  – Jika kita memelihara ikan lele, maka pakan dan makanan untuk lele akan berpengaruh penting terhadap hasil yang nanti kita panen.

Apalagi lele ini termasuk jenis ikan yang sangat rakus makan, maka jika kita sering-sering memberi makanan yang tepat maka ikan akan cepat tumbuh.

Tapi memberi makan lele juga ada aturannya, tidak bisa sembarangan.

Meskipun lele mau makan apa saja, justru kita yang harus melakukan filter supaya tidak sampai terjadi keracunan makanan.

Baca Juga : Makanan Ikan

Makanan Ikan Lele Supaya Cepat Besar

Masing-masing periode tumbuh lele, memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda.  Inilah nanti yang akan kita jadikan pedoman dalam memberi makan lele yang kita pelihara.

Baca Juga : Lele Dumbo : Besar Badannya, Besar Peluang Usahanya

Jenis Makanan Ikan Lele

Jenis pakan lele ada yang berasal dari pakan alami namun ada juga yang berasal dari pakan buatan.

Pakan Alami Lele

Yang dimaksud dengan pakan alami lele adalah pakan yang ada di secara alami di alam.  Pakan alami ini bisa dalam wujud binatang-binatan kecil atau mikroorganisme yang hidup di dalam air.  Misalnya plankton dan cacing kecil.

Pakan alami yang kita berikan ke lele akan tetap tersedia di kolam jika kita memberikannya lebih.  Dia juga tidak akan merusak kualitas air kolam. Dan bisa sewaktu-waktu di makan lagi oleh lele karena kualitas pakan juga tidak menurun.

Apa saja bentuk pakan alami lele dumbo?

Plankton Nabati

  • Diatomae ini adalah ganggang bersel tunggal yang memiliki bentuk silinder dan lonjong.  Sering juga disebut dengan nama ganggang kersik.  Makanan ini mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang baik untuk pertumbuhan benih lele
Diatomae

Diatomae

  • Chlorella ini merupakan ganggang hijau yang bersel tunggal juga. Selnya berbentuk bulat telur dan mempunyai zat hijau daun sehingga berwarna hijau cerah.  Makanan ini juga sangat cocok untuk makanan benih lele dumbo yang masih kecil.
Chlorella Dalam Kolam

Chlorella Dalam Kolam

  • Spirulina sp berwarna hijau kebiruan dan bentuknya menyerupai spiral.
Spirulina

Spirulina

  • Tetraselmis sp berwarna hijau karena memiliki zat klorofil dan dapat berfotosintesis. Kandungan yang terdapat dalam makanan ini adalah protein, karbohidrat, lemak, vitamin,  dan mineral.  Sangat cocok untuk pertumbuhan benih lele dumbo.

Plankton Hewani

  • Brachionus sp mengandung protein yang sangat tinggi hingga 57% sehingga sangat cocok untuk pertumbuhan benih ikan. Benih ikan lele dumbo yang cocok dengan makanan ini adalah yang berumur kurang dari 7 hari.
  • Infusoria sp termasuk protozoa yang ketika bergerombol akan terlihat berwarna putih seperti susu. Infusoria cocok untuk benih berukuran 1-1,5 cm atau benih yang baru menetas sampai dengan umur 7 hari.
  • Kutu air ini adalah sejenis udang namun ukurannya sangat kecil. Namun, meskipun bentuknya seperti udang, kutu air tidak termasuk dalam keluarga udang.  Kutu air masuk ke dalam zooplankton.  Kandungan protein yang terdapat dalam kutu air mencapai 66% sehingga sangat cocok untuk memacu pertumbuhan benih berumur 7-14 hari.
  • Cacing tubifex dikenal juga dengan nama cacing sutra atau cacing rambut. Kandungan yang terdapat di cacing tubifex adalah 57% protein dan 13,3% lemak.  Dengan kandungan seperti itu maka cacing tubifex cocok untuk makanan benih lele yang berumur lebih dari 2 minggu.

Baca Juga : Ikan Bawal

Pakan Buatan Untuk Lele Dumbo

Pakan buatan adalah pakan yang sengaja di buat untuk melengkapi pakan aami yang telah disediakan oleh alam.  Jenis pakan ini ada yang bisa kita dapatkan dengan membeli di toko, namun ada juga yang bisa kita buat sendiri.

Baca Juga : Ikan Gurami

Pakan buatan yang bisa kita beli di toko biasanya berupa pelet.  Pelet ada yang mengapung dan ada yang tenggelam.  Pelet yang mengapung akan tetap berada di atas permukaan air dan ikan akan memakannya dengan cara menyambarnya.

Pelet Untuk Lele

Pelet Untuk Lele

Baca Juga : Tips Budidaya Lele Dumbo

Berbeda dengan pelet tenggelam, dia akan tenggelam begitu di sebarkan ke kolam.  Sehingga ikan akan memakannya di dasar kolam.

Cara Membuat Makanan Ikan Lele Jumbo

Lalu bagaimana dengan pakan lele yang bisa kita buat sendiri?

Keuntungan kita membuat pakan lele sendiri adalah kita bisa menentukan sendiri berapa % protein, berapa banyak vitamin dan mineral yang akan kita tambahkan kedalam pakan.  Pakan lele dumbo yang baik paling harus mengandung protein sebanyak 30%.

Sumber protein untuk ikan lele bisa berasal dari tepung ikan dan daging keong mas.  Karbohidrat di ambilkan dari dedak dan ampas tahu.  Sedangkan vitamin perlu kita beli di toko pakan ternak.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pakan sendiri ini adalah mesin penggiling dan pembentuk pelet.

Baca Juga : Penyakit Ikan

Komposisi pakan ikan lele buatan sendiri

Komposisi pakan lele yang bisa di buat sendiri, misalnya :

  • Tepung kepala udang 27%
  • Tepung kedelai 32%
  • Dedak halus 17%
  • Tepung terigu 5%
  • Tepung pollard 7%
  • Bungkil kelapa 6%
  • Vitamin premix A 2%
  • Mineral mix 1%
  • Dikalsium fosfat 3%

Dengan bahan campuran seperti di atas maka akan didapatkan komposisi gizi

  • Bahan lain-lain 42,74%
  • Protein 32,88%
  • Lemak 5,26%
  • Abu     16,26%
  • Serat kasar 2,86%
  • Air  9,69%

Baca Juga : Ikan Mas

Pakan Alternatif Lele

Tidak hanya mengandalkan pakan alami dan pakan buatan saja, lele juga perlu diberikan juga pakan alternatif.

Pakan alternatif ini biasanya dalam bentuk sisa-sisa peternakan dan perikanan, daging keong mas, daging bekicot, serta limbah industri makanan seperti rempah roti, mi dan kue.

Pakan alternatif ini memiliki kandungan protein tinggi dan harganya biasanya lebih murah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *