Lidah Buaya

5 min read

Lidah Buaya Untuk Wajah

Lidah buaya adalah

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang dikenal untuk menyuburkan rambut, menyembuhkan luka dan perawatan kulit.

Tanaman ini memiliki kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen-komponen lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman sekarang ini, aloe vera dikembangkan sebagai bahan baku dalam industry farmasi dan kosmetik serta sebagai makanan dan minuman kesehatan.

Baca Juga : Harga Lidah Buaya

Kandungan Lidah Buaya

Banyak kandungan di dalam aloe vera ini yang memiliki manfaat bagus untuk tubuh.

Salah satunya yaitu aloe emodin, senyawa dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin.

Tanaman ini juga mengandung semua vitamin kecuali vitamin D.

Beberapa kandungan ilmiah yang terdapat di aloe vera ini yaitu kadar air, karbohidrat, kalori, lemak, protein, vitamin A, vitamin C, Thiamin, Riboflavin, niasin, kalsium, zat besi, fosfor dll.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Pria

Kebanyakan orang mengenal lidah buaya bermanfaat untuk pembersih atau perawatan rambut dan sebagai tanaman hias. Tetapi bukan hanya itu saja, manfaat di dalam aloe vera ini banyak sekali bagi wanita ataupun pria.

Lidah buaya atau aloe vera mengandung banyak zat dan vitamin di dalamnya sehingga manfaat yang terkandung dalam tanaman ini juga banyak.

Sama sepert wanita, seorang pria pasti memiliki masalah pada kulit wajah seperti jerawat. Tetapi kebanyakan pria tidak memperdulikan atau tidak mau ribet untuk merawat kulit.

Lidah Buaya Untuk Pria
Lidah Buaya Untuk Pria

Selain untuk kulit wajah, ia juga memiliki manfaat sebagai:

  • Mengatasi rasa tidak nyaman karena alat cukur
  • Untuk meredakan otot yang keram dan menegang
  • Mengurangi ketombe pada kulit rambut
  • Untuk mencegah kebotakan
  • Untuk meningkatkan stamina

Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyakit

Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyakit
Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyakit

Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat untuk penyakit. Berikut merupakan manfaat lidah buaya untuk penyakit.

  • Mengobati Sembelit

Kandungan antrokuquinon yang ada di dalam lidah buaya atau aloe vera menciptakan pencahar ampuh yang meningkatkan kadar air di dalam usus dan menstimulasi sekresi lendir.

Meningkatkan peristaltic usus yang memecahkan makanan serta bercampur dengan zat asam dan enzim. Makanan akan berubah menjadi chime (cairan kental) yang meninggalkan lambung ke usus halus.

  • Membantu System Pencernaan

Lidah buaya dapat dibuat menjadi jus dan dapat menormalkan asam/basa dan keseimbangan pH, mengurangi pembentukan ragi, mendorong bakteri pencernaan dan mengatur pengolahan usus. Sehingga lidah buaya membantu system pencernaan.

  • Menurunkan Gula Darah

Lidah buaya mampu meredakan hiperglikemia kronis dan propil lipid yang terjadi pada penderita diabetes.

  • Untuk Mengobati Magh

Dengan banyaknya kandungan alami yang ada pada lidah buaya salah satunya yaitu untuk mengobati magh. Lidah buaya dapat mengurangi asam lambung yang meningkat sehingga dapat menyembuhkan magh.

  • Menutrisi Tubuh

Sudah diketahui jika lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Dengan mengkonsumsi lidah buaya dapat menutrisi dan meningkatkan imunitas dalam tubuh.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Lidah Buaya Untuk Kecantikan
Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Manfaat yang terkandung dalam lidah buaya atau aloe vera ini banyak sekali.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Bagi setiap wanita pasti ingin berpenampilan cantik di setiap waktu. Anda dapat menggunakan bahan alami lidah buaya untuk merawat kecantikan.

Dari banyaknya manfaat lidah buaya berikut merupakan manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

  • Mengobati Luka

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa lidah buaya dapat mengobati luka.

Lidah buaya dapat mengobati luka bakar, luka gigitan serangga dll.

Dengan menggunakan lidah buaya akan mempercepat penyembuhan dan cepat menghilangkan bekas sehingga tidak akan mengganggu penampilan Anda.

  • Mencegah Penuaan

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan anti aging karena fungsi anti aging pada lidah buaya berkaitan dengan kandungan antioksidan yang melimpah. Sehingga dapat membantu Anda untuk mencegah penuaan dini dengan hasil yang menakjubkan.

  • Melebatkan Alis

Untuk  melebatkan alis dengan lidah buaya Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya ke alis Anda kemudian biarkan semalam lalu bilas. Dengan rutin menggunakannya Anda akan mendapatkan alis seperti yang diinginkan.

  • Menjaga Kesehatan Bulu Mata

Anda yang suka menggunakan make up terutama maskara akan menyebabkan bulu mata mudah patah.

Hal ini dapat dijaga dengan menggunakan lidah buaya.

Cukup oleskan gel lidah buaya ke bulu mata yang sudah dicuci kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas air bersih.

  • Mencerahkan Warna Bibir Dan Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Dengan konsumsi lidah buaya secara rutin maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke bibir secara rutin untuk mencerahkan warna bibir dan mengatasi pecah-pecah.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

Lidah Buaya Untuk Wajah
Lidah Buaya Untuk Wajah

Setiap wanita pasti ingin memiliki wajah yang cantik dan bersih, begitupun dengan setiap laki-laki pasti ingin memiliki wajah yang tampan dan bersih.

Lidah buaya atau aloe vera ini memiliki kandungan yang dapat bermanfaat untuk wajah.

So, Anda dapat menggunakan tanaman ini untuk merawat wajah baik digunakan langsung atau dibuat menjadi masker.

Berikut beberapa  manfaat tanaman ini untuk wajah.

  • Mencegah Dan Mengobati Jerawat

Gel yang terdapat di dalam lidah buaya memiliki zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat.

Untuk mengobati jerawat dapat dilakukan dengan mengoleskan gel ke jerawat yang tumbuh lalu diamkan. Kemudian bilas dengan air hangat.

  • Menghilangkan Flek Dan Bintik Hitam Pada Wajah

Flek hitam dan bitnik hitam pada wajah pasti akan merusak penampilan Anda. Tanaman ini dapat menghilangkan flek dan bintik hitam dengan cara mengoleskan gelnya ke wajah yang bermasalah secara teratur.

  • Mengatasi Wajah Kusam Dan Kering

Dengan kandungan lignin yang terdapat pada aloe vera dapat melembabkan kulit wajah dan elastisitas kulit tetap terjaga.

  • Membersihkan Wajah

Anda baik perempuan atau laki-laki dapat membersihkan wajah dengan menggunakan gel tanaman ini. Untuk cara penggunaannya sama seperti pembersih lainnya, bedanya hanya pada gel aloe vera yang alami. Dengan menggunakan gel tanaman ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan efek samping ataupun ketergantungan.

  • Mengecilkan Pori-Pori Pada Wajah

Aloe vera juga dapat mengecilkan pori-pori wajah sehingga penampilan wajah Anda akan lebih bagus.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Lidah Buaya Untuk Rambut
Lidah Buaya Untuk Rambut

Rambut merupakan mahkota untuk seorang wanita begitu juga dengan seorang laki-laki. Setiap orang pasti menginginkan rambut yang sehat dan berkilau.

Untuk mendapatkan rambut seperti itu Anda dapat menggunakan aloe vera secara rutin. Berikut merupakan beberapa manfaat tanaman ini untuk rambut.

  • Mencegah dan mengatasi ketombe

Kandungan anti-jamur dalam aloe vera berfungsi untuk mencegah dan mengatasi ketombe. Dengan perawatan yang rutin dapat membantu pengelupasan ketombe pada kulit kepala.

  • Mengurangi rambut rontok

Kandungan vitamin dan mineral dalam tanaman ini mampu meminimalisir rambut rontok sehingga rambut akan terlihat lebih sehat dan tebal.

  • Mempercepat pertumbuhan rambut

Enzim proteolitik pada aloe vera mampu meningkatkan kesehatan folikel ramput sehingga pertumbuhan rambut lebih cepat dan sehat.

  • Menutrisi rambut

Enzim yang terdapat dalam tanaman ini mengandung protein, vitamin dan mineral yang tinggi sehingga dapat menutrisi kulit kepala. Anda harus menggunakannya secara teratur untuk rambut yang kuat, lembut dan berkilau.

  • Rambut mudah diatur

Dengan penggunaan gel ini membuat rambut semakin lembut dan halus sehingga akan lebih mudah untuk mengaturnya.

Cara mengkonsumsi lidah buaya

Cara Menggunakan Lidah Buaya
Cara Menggunakan Lidah Buaya

Aloe vera  memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Selain itu ia juga dapat dikonsumsi sebagai jus, obat ataupun olahan makanan dari aloe vera atau bisa diaplikasikan ke kulit secara langsung.

Untuk itu kita harus memperhatikan bagaimana cara untuk mengkonsumsinya. Anda perlu memperhatikan cara memotong, mencuci dan menyimpan aloe vera untuk mengkonsumsinya.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan mengambil gelnya terlebih dahulu.

Cara untuk membuat atau mengambil gel lidah buaya dilakukan dengan:

  • Memotong salah satu batang aloe vera yang besar dan berisi
  • Kemudian iris dan buang bagian yang berduri dari lidah buaya
  • Masukkan ujung pisau ke dalam aloe vera tepat di bawah kuitnya melalui sisi yang sudah kita buang bagian durinya
  • Belah memanjang sampai menjadi dua bagian
  • Keruk gel dari atas ke bawah sampai semuanya terlepas dari kulit
  • Masukkan ke dalam wadah lalu simpan di dalam kulkas
  • Setelah itu kita dapat mengkonsumsinya dan dapat mengolahnya menjadi makanan atau minuman. Anda dapat membuat pudding, jus, manisan atau bisa juga untuk masker dan dioleskan langsung ke wajah.

Efek samping lidah buaya

Efek Samping Lidah Buaya
Efek Samping Lidah Buaya

Aloe vera selain memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan dan kesehatan ternyata juga memiliki efek samping dalam mengkonsumsinya. Kelebihan asupan jus aloe vera dalam mengkonsumsinya memiliki berbagai efek samping. Berikut beberapa efek samping lidah buaya yang bisa membahayakan kesehatan.

  • Menyebabkan alergi pada kulit

Penggunaan gel aloe vera dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan peradangan dan gatal-gatal, kekeringan, pecah-pecah pada kulit, serta menyebabkan kemerahan pada kelopak mata dan alergi kulit lainnya.

Untuk orang yang memiliki kulit sensitive dalam menggunakan aloe vera dapat mengalami masalah dermatitis ringan.

  • Gagal ginjal

Reaksi aloe vera dengan obat-obatan akan menyebabkan penyakit ginjal dalam waktu yang panjang. Bahkan sampai menyebabkan gagal ginjal.

  • Menyebabkan komplikasi pada ibu hamil dan ibu menyusui

Mengkonsumsi gel atau latek aloe vera tidak aman bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

Hal ini disebabkan karena aloe vera dapat merangsang kontraksi uterus dan menyebabkan komplikasi bahkan sampai keguguran dan resiko cacat lahir.

  • Ketidaknyamanan perut

Efek dari mengkonsumsi aloe vera berikutnya adalah rasa tidak nyaman dalam perut. Hal ini dapat menyebabkan mulas bahkan sampai diare.

  • Tidak seimbangnya elektrolit

Penggunaan aloe vera dengan jumlah yang banyak akan menyebabkan diare dan kram pada perut sehingga mengakibatkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit.

Ketidakseimbangan elektrolit juga menyebabkan kadar potassium rendah.

Harga Tanaman Lavender

ucihadiyanto
2 min read

Merica

ucihadiyanto
3 min read

Kacang Almond

ucihadiyanto
5 min read