Kopitiam

Kopitiam atau kopi tiam, rasanya kopi yang satu ini sudah begitu terkenal. Terutama di daerah yang masih dalam rumpun melayu.

Dia sendiri merupakan kopi yang persebarannya di sekitar kawasan melayu yang merupakan kopi perpaduan dua kebudayaan yaitu Melayu dan Cina.

Ia bisa ditemukan hampir di semua sudut Singapura dan Malaysia serta sebagian wilayah Indonesia. Makanya, seringkali orang menyebut kopitiam Singapore dan kopitiam Malaysia.

Baca Juga : Kopi Luwak Halalkah? Ini Dia Penjelasannya

Namanya sendiri sebenarnya berasal dari kosa kata melayu yaitu kata kopi dan kata tiam yang diartikan sebagai kedai dalam bahasa hokkien. Jadi arti sebenarnya adalah kedai kopi yang di dalamnya selain menyajikan kopi, teh dan susu juga menjajakan berbagai jajanan sebagai teman minum.

Kopitiam

Kopitiam

Agar semakin tahu bagaimana nikmatnya nongkrong disini, simak terus ulasan dalam artikel ini.

Jenis dan Ciri Khas dari Kopitiam

Ada dua jenis yang umumnya dibedakan berdasarkan daerah, yaitu Malaysia dan Singapura. Keduanya sebenarnya tidak jauh berbeda. Yang dari Malaysia tersebar di berbagai sudut negara tersebut. Di Malaysia ia lebih diartikan sebagai kedai kopi Cina yang biasanya hanya menjual kopi dengan kuliner khas Cina dan Malaysia. Sementara itu, kopitiam in Singapore justru lebih terkenal, hampir semua kawasan di sana, baik di wilayah pusat perbelanjaan hingga daerah-daerah terpencil memiliki kedai kopi ini.

Nah, perbedaanya dengan yang dari Malaysia adalah dari kepemilikan kedai. Jika di Malaysia kebanyakan pemilik kopi adalah etnis Tionghoa, di Singapura kedai kopi tidak didominasi etnis tertentu melainkan hampir semua etnis.

Perkembangan teknologi kini semakin mempermudah persebaran budaya, kini di Indonesia juga mulai banyak ditemukan berbagai kedai kopi ini.

Ada banyak kedai kopi ini yang legendaris yang sudah sejak lama menjajakan kopi dengan rasa yang mantap. Biasanya, di sini Anda bisa menemukan berbagai jenis kopi yang berasal dari berbagai wilayah di Indoensia, seperti kopi Aceh, Lampung, Bali dan daerah lainnya dari Sabang sampai Merauke.

Hanya saja, penyajian kopi di kopitiam masih mempertahankan cara tradisional dan hal inilah yang membuat rasanya jadi berbeda dari kopi instan. Selain itu, nuansa yang diciptakan dari kedai juga masih mengusung nilai-nilai yang kental dengan budaya. Sehingga, selain menikmati kopi Anda diajak untuk merasakan sensasi ngopi ala tempo dulu.

Kopitiam Yang Terkenal

Beberapa kopitiam yang terkenal misalnya saja seperti kopitiam lowyat dan kopitiam kita.

Hal yang paling istimewa dari kopitiam adalah semua proses dilakukan dengan tradisional dan mutu kopi benar-benar dijaga. Bahkan, kebanyakan kopitiam memilih biji kopi langsung ke daerah penghasil, kemudian memilah kopi kualitas terbaik. Biji kopi dijaga selalu kualitasnya dengan baik, disimpan di tempat yang sudah disediakan agar kualitasnya tidak menurun.

Proses yang dilakukan dalam memproduksi kopi adalah biji kopi disangrai dengan cara manual dan ditumbuk dengan kehalusan yang sudah ditentukan. Semua proses ini benar-benar dipertahankan hingga saat ini. Tidak heran bila kopitiam memiliki rasa yang sangat enak, berbeda dengan kopi lainnya. Aromanya sangat kopi karena memang 100 persen menggunakan kopi asli.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kopi Luwak Indonesia Asli

Demikianlah uraian singkat mengenai sejarah dan ragam jenis dari koptiam. Saat memilih untuk menikmati kopi yang satu ini, rasanya ada perbedaan tersendiri yang membuat siapa saja bisa begitu menikmati kopitiam. Selain menawarkan rasa, kopitiam juga menawarkan cerita dan sejarah dibaliknya. Hal ini, bisa memberikan sensasi berbeda saat para pecinta kopi meminumnya.

Semoga saja hadirnya ulasan ini bisa memberikan Anda referensi kopi untuk dinikmati.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *