Kopi Luwak Halalkah?

Kopi luwak menjadi begitu terkenal akhir-akhir ini. Proses mendapatkannya yang tidak biasa menjadi perbincangan banyak orang dan akhirnya menjadikannya terkenal.

Rasa kopi ini juga terbilang nikmat, banyak orang yang menjadikannya sebagai pilihan utama untuk menikmati kopi.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kopi Luwak Indonesia Asli

Namun, sampai saat ini masih banyak orang yang bertanya mengenai kopi luwak halalkah? Ternyata kegelisahan ini muncul karena kopi luwak yang harus dipilah dari kotoran luwak.

Hal ini dianggap menjijikan, dan makanan yang menjijikan cenderung harus dihindari.

Kopi Luwak Halalkah

Kopi Luwak Halalkah

Nyatanya, semua proses tersebut mampu menghasilkan kopi berkualitas baik bahkan menjadikannya sebagai kopi termahal di dunia.

Nah, untuk mencari jawaban tentang keraguan sebagain orang, simak penjelasan singkat tentang proses dalam mendapatkan dan mengolah kopi luwak berikut ini.

Baca Juga : Selain Nikmat, Kopi Luwak Juga Menyimpan Sejuta Manfaat Baik

Kopi Luwak Halalkah? Mari Cari Tahu Tentang Proses Produksi Kopi Luwak

Luwak sendiri adalah hewan sejenis musang liar yang biasa hidup di hutan. Luwak ini memang biasa memakan biji-bijian, termasuk biji kopi.

Kopi luwak dihasilkan dari kopi yang sebelumnya sudah dimakan oleh luwak, biji kopi yang dimakan kemudian dikeluarkan lagi melalui kotoran luwak.

Nah untuk diproses menjadi kopi, biji kopi yang bercampur dengan kotoran tersebut harus dipilah. Jadi ada proses untuk sampai ke tahap menjadi kopi layak konsumsi. Hal ini menjawab tentang pertanyaan kopi luwak halalkah? Tentu saja kopi luwak halal.

Biji kopi yang keluar dari saluran pencernaan luwak ternyata memiliki cita rasa yang berbeda dengan biji kopi yang langsung di petik dari pohon, meskipun biji kopi berasal dari pohon yang sama.

Baca Juga : Jenis Kopi Luwak Paling Nikmat

Biji kopi yang telah melewati saluran pencernaan luwak diyakini telah mengalami proses yang membuatnya memiliki rasa berbeda.

Selain itu, luwak termasuk hewan yang selektif dan hanya memakan biji dengan tingkat kematangan yang pas dan biji kopi yang berkualitas.

Ternyata pencernaan luwak yang tidak bisa mencerna dengan sempurna biji-bijian membuat biji kopi dikeluarkan lagi dalam bentuk yang utuh.

Dari sinilah kemudian biji kopi diolah dengan cara membersihkannya. Sebenarnya pertanyaan tentang kopi luwak halalkah tidak perlu dirisaukan lagi, karena jelas-jelas prosesnya yang halal, cara mendapatkannya juga halal.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Tanaman Kopi : SI Hitam Yang Nikmat

Sebelum menjadi bubuk kopi bahkan biji kopi luwak diolah dengan cara yang higienis dan sesuai standar sehingga tidak membahayakan tubuh konsumen.

Ada dua jenis kopi luwak yang beredar di masyarakat, yaitu kopi yang dihasilkan dari luwak tangkaran dan luwak liar. Kopi luwak tangkaran didapatkan dari luwak yang ditangkar sehingga luwak memang sengaja dipelihara untuk memilih biji kopi di perkebunan.

Cara ini dianggap mudah karena biji kopi dihasilkan dari kebun sendiri. Sementara itu, kopi luwak liar dihasilkan dari luwak liar yang berkeliaran di hutan, dan untuk mendapatkan biji kopi, harus dicari di hutan.

Cara ini tergolong sulit karena memang persebarannya yang tidak menentu. Namun, kopi dari luwak liar ditengarai memiliki rasa yang lebih enak dengan kualitas baik dan harganya jauh lebih mahal.

Kopi luwak haram sejauh ini sepertinya tidak ditemukan, selagi semua proses produksinya dilakukan dengan cara yang baik.

Lagi pula untuk mengetahui kopi luwak fiyat atau tidak bisa dicek dari logo halal yang tertera pada kemasan.

Cara ini tentu cukup efektif untuk meyakinkan Anda tentang status kopi luwak yang akan dikonsumsi.

Baca Juga : Mengenal dan Menikmati Kopitiam Yang Kesohor

Sebaiknya, membeli kopi luwak di gerai asli yang menyediakan kopi terbaik dengan jaminan mutu dan label halal yang sudah didaftarkan ke lembaga yang berwenang.

Demikianlah ulasan yang dapat menjawab pertanyaan Anda tentang kopi luwak halalkah. Semoga bermanfaat dan menjawab rasa penasaran Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *