Khasiat Kangkung

3 min read

Kangkung Air

Kandungan Kangkung

Khasiat Kangkung – Kangkung merupakan tanaman hijau yang termasuk ke dalam sayur-sayuran dan sebagai makanan.

Tanaman ini banyak di temukan di berbagai pasar yang ada di setiap daerah. Ada dua jenis kangkung yang sering dilihat di Indonesia yaitu kangkung darat dan kangkung air.

Kangkung memiliki zat penting untuk tubuh seperti serat, vitamin C, vitamin A, Protein, Besi dan Kalsium. Tanaman yang satu ini mudah sekali untuk dibudidayakan karena tahan terhadap perubahan cuaca. Selain itu kangkung juga termasuk ke dalam sayuran dengan nutrisi yang tinggi.

Kangkung Air
Kangkung Air

Sayur kangkung mengandung vitamin A yang sangat tinggi serta mengandung antioksidan sehingga dapat membantu anda untuk mencegah penuaan dini serta menangkal serangan radika bebas. Kangkung juga mengandung fosfor yang tinggi dan mengandung zat besi, kentriakontan serta sitoserol.

Kandungan Gizi Kangkung

Kangkung memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk tubuh. Sehingga banyak orang yang menyukai tanaman jenis ini. Selain kandungan gizi yang banyak, kangkung juga merupakan salah satu sayur yang memiliki rasa lezat.

Dalam 100 gram kangkung mengandung berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh diantaranya yaitu Energi (29 kal), Protein (3 gr), Lemak (0,3 gr), Karbohidrat (5,4 gr), Serat (1,0 gr), Kalsium (73 mg), Fosfor (50 mg), Besi (2,5 mg), Vitamin A (6.300 IU), Vitamin B1 (0,07 mg), Vitamin C (32 mg), dan Air (89,7 gr).

Kadar serat dalam tanaman kangkung sangat tinggi dan juga mengandung fosfor, zat besi, hentriakontan dan sitosterol. Dengan berbagai kandungan yang dimiliki kangkung berpotensi sebagai antiracun, antiradang, penenang (sedatif) serta diuretic.

Akan lebih baik jika kangkung tidak langsung dimasak dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup dan simpan di dalam lemari es. Hal tersebut bertujuan agar semua vitamin dan zat gizi dapat tetap dipertahankan.

Apa Manfaat Kangkung?

Banyak orang yang menyukai sayur kangkung. Tapi tahukah anda apa manfaat kangkung? Ternyata kangkung menyimpan banyak sekali kebaikan untuk tubuh kita.

Dengan banyaknya kandungan di dalam kangkung ini membuat tanaman yang satu ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh.

Tanaman jenis ini ternyata bermanfaat untuk menjaga mata, anti radang, mencegah diabetes, melawan kerusakan hati atau liver, mencegah dehidrasi, mengatasi anemia serta mengurangi resiko penyakit kronis.

Baca Juga : Budidaya Kangkung

Manfaat kangkung

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang popular di Indonesia. Terdapat dua jenis kangkung yang familiar di Indonesia yaitu kangkung darat dan kangkung air.

Tapi tahukah anda manfaat kangkung? Dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya kangkung memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh.

Tanaman ini dapat mencegah anemia, mengurangi rasa nyeri haid, kesehatan ginjal, mengatasi sembelit, mengatasi anemia dan lain sebagainya.

Kangkung untuk ibu hamil

Ketika seorang wanita sedang hamil pasti akan menjaga sekali kandungannya. Termasuk menjaga makanan yang akan mereka makan. Tahu gak siy jika kangkung memiliki manfaat baik untuk ibu hamil? Ternyata kangkung memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil loh. Berikut beberapa manfaat kangkung untuk ibu hamil.

  1. Dapat mengatasi insomnia

Sudah bukan jadi rahasia umum lagi jika wanita hamil susah tidur. Sayur kangkung memiliki senyawa seng dan selenium yang bisa menyebabkan kantuk para konsumsinya. Karena kedua senyawa tersebut membuat saraf kita menjadi rileks dan kendur.

  1. Cegah diabetes gestasional

Ternyata memakan kangkung selama kehamilan dapat mencegah dan melindungi ibu serta anak dari resiko diabetes gestasional. Sayuran kangkung dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah serta dapat menghambat penyerapan glukosa. Jadi kangkung sangat bagus untuk pasien diabetes.

  1. Mendukung pertumbuhan tulang janin

Kangkung merupakan tanaman yang kaya akan kalsium. Sehingga mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulan pada janin.

  1. Menaikkan imunitas tubuh

Semakin tua kehamilan seorang ibu maka semakin mudah terserang penyakit. Dengan mengkonsumsi kangkung yang mengandung banyak vitmin C dapat bermanfaat untuk menaikkan imunitas tubuh dan mencegah penyakit influenza. Sehingga bagus untuk ibu hamil.

  1. Mencegah anemia

Zat besi di dalam kangkung bermanfaat untuk orang yang pernah mengalami anemia. Karena besi merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Terutama untuk sel darah merah sebagai pembentukan haemoglobin. Ibu hamil sangat membutuhkan zat besi di dalam makanannya. Jadi kangkung dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat kangkung bagi kesehatan

Kangkung merupakan tanaman yang popular di Indonesia. Biasanya tanaman jenis ini dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropics. Tapi tahukah anda jika kangkung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Yuk kita simak beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan.

  1. Mengurangi kolesterol

Kangkung dapat menjadi salah satu pilihan bagi anda yang sedang menurunkan berat badan. Karena mengkonsumsi kangkung dapat mengurangi kadar kolesterol.

  1. Penyakit kuning dan hati

Ternyata kangkung sudah lama digunakan untuk pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Sebuah penelitiian menyebutkan bahwa ekstrak tanaman kangkung dapat memberikan perlindungan pada kerusakan hati karena memiliki sifat antioksidan.

  1. Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit

Kandungan serat yang ada di dalam kangkung dapat mencegah gangguan pencernaan. Tanaman ini dapat menjadi pencahar bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit.

  1. Mencegah kanker

Kangkung mengandung 13 jenis senyawa antioksidan yang tepat untuk pencegahan kanker. Sayur kangkung juga dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

  1. Memberikan asupan cairan alami dan dapat menghindari dehidrasi

Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat mendukung performa kerja atau pun aktivitas tubuh yang semakin optimal. Kangkung termasuk ke dalam sayuran yang memiliki cairan yang paling tinggi. Sehingga akan membantu memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari.

Khasiat kangkung untuk kecantikan

Sayuran, buah atau biji-bijian dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak gizi dan diklaim memberikan khasiat ke seluruh organ tubuh, kulit dan rambut. Begitu juga dengan sayur kangkung yang memiliki banyak kandungan di dalamnya. Ternyata tidak hanya sehat, kangkung juga dapat digunakan sebagai kecantikan.

  1. Melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV

Kandungan vitamin B yang ada di dalam sayuran kangkung dapat menjaga kulit dari pengaruh buruk paparan sinar matahari. Terutama sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit pigmentasi dan penuaan dini.

  1. Menyembuhkan jerawat

Makanan yang memiliki nutrisi yang baik merupakan salah satu alasan dari kulit tanpa jerawat. Anda dapat mengkonsumsi jus kangkung untuk mengeringkan jerawat meradang serta dapat menghambat pertumbuhan jerawat baru. Selain itu anda dapat menggunakan kangkung sebagai masker.

  1. Menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut

Syarat untuk menjaga kesehatan rambut yaitu dengan nutrisi yang tepat. Dengan mengkonsumsi kangkung secara teratur maka rambut anda akan lebih kuat dan lembab serta tidak mudah berketombe.

  1. Anti penuaan dini

Kangkung kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat pengaruh radikal bebas. Dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam kangkung akan membuat sel-sel kulit lebih tahan dari kerusakan kulit. Selain itu dengan mengkonsumsi kangkung secara rutin juga dapat membantu penuaan dini.

Bayam

ucihadiyanto
3 min read

Manfaat Terong

ucihadiyanto
3 min read

Sayur Terong

ucihadiyanto
3 min read