Khasiat Bawang Merah


Kandungan Bawang Merah

Siapa yang tidak kenal dengan bawang merah?

Salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan masyarakat untuk menyedapkan rasa masakan. Mungkin masak tanpa menggunakan bawang merah serasa tidak lengkap.

Bawang Merah

Bawang Merah

Bahan dapur yang satu ini juga memiliki rasa yang kuat.

Selain itu, bawang merah ternyata memiliki berbagai kandungan di dalamnya.

Kandungan tersebut diantaranya yaitu :

  • karbohidrat dan zat gula,
  • protein,
  • vitamin B6,
  • vitamin C,
  • kalsium,
  • zat besi,
  • magnesium,
  • kalium,
  • flavonoid,
  • folat serta kromium

Selain beberapa zat tersebut, bawang merah juga mengandung berbagai jenis mineral lainnya yang tidak kalah penting bagi tubuh.

Berbagai kandungan yang ada di dalam bawang merah ini memiliki manfaat yang baik, salah satunya yaitu untuk meredakan flu, batuk, dan masuk angin.

Khasiat Bawang Merah Untuk Lelaki

Banyak orang yang kebih menyukai bawang goreng dibandingkan memakan bawang merah mentah.

Karena bawang merah ini memiliki bau yang tajam dan susah hilang sehingga banyak orang yang tidak suka apabila dimakan selagi masih mentah.

Namun, selain memiliki manfaat secara umum yang baik untuk tubuh. Bawang merah ini ternyata juga berkhasiat untuk menunjang vitalitas serta kesuburan pria.

  • Meningkatkan kadar hormone testosterone

Sebuah penelitian yang dilakukan di iran menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus bawang merah dapat meningkatkan kadar hormone testosterone pada pria sehingga dapat memperbaiki kesuburan.

  • Meningkatkan jumlah sperma pria secara alami

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa bawang merah dapat membantu meningkatkan jumlah sperma pria.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi 1 sendok makan jus bawang merah yang dicampur dengan 1 sendok teh jus jahe.

  • Dapat mendongkrak stamina pada tubuh

Lemahnya kekebalan tubuh dapat membuat tubuh kita menjadi lemas, lesu, Lelah dan tidak bergairah.

Nah, kandungan fitokimia pada bawang merah bertindak sebagai stimulant untuk vitamin C yang akhirnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Bawang Merah

Salah satu bumbu dapur yang selalu ada di dapur yaitu bawang merah.

Tanaman ini bersifat panas dan memiliki bau yang tajam, bawang merah terkandung kelembapan yang berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan.

Selain itu juga dapat memperkuat dan meningkatkan daya seksual, mengusir lendir dan dahak, mencegah gejala-gejala muntah.

Di dalamnya juga terkandung zat yang melancarkan falsafah darah sehingga sangat berkasiat untuk menyembuhkan penyakit stroke atau pembekuan/penggumpalan pembuluh darah yang berhubungan bersama jantung.

Manfaat Bawang Merah Mentah

Kebanyakan orang mengkonsumsi bawang merah ketika sudah diolah, baik itu untuk bumbu masak atau pun bawang goreng.

Namun jarang sekali kita temukan orang yang memakan bawang merah yang masih mentah. Padahal bawang merah mentah merupakan sumber yang kaya akan senyawa organic yang mengandung sulfur.

Selain itu, mengkonsumsi bawang merah mentah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan quercein dapat mencegah pengerasan arteri sehingga dapat mencegah penumpukan plak dan mengurangi resiko serangan jantung.

  • Mengobati masalah pernapasan

Anti inflamasi yang ada pada bwang merah dapat menenangkan oto-otot saluran pencernaan, mengurangi asma serta bronchitis.

  • Mengatur tekanan darah

Bawang merah mengandung kalori yang rendah dan tidak mengandung lemak sehingga dapat meningkatkan meningkatkan pembuluh darah serta efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Dapat digunakan untuk sembelit

Bawang merah mengandung serat larut didalamnya yang digunakan untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Manfaat Makan Bawang Merah Mentah

Pernahkah anda memakan bawang merah mentah?

Ketika kita melihat orang yang makan bawang merah mentah tentunya akan terlihat aneh.

Karena pada dasarnya bawang merah memiliki rasa yang tajam dan bau yang khas dan tahan lama.

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat makan bawang merah itu sangat banyak.

Ternyata bawang merah memiliki efek nyata yang dapat meningkatkan produksi ASI loh.

Bukan hanya itu saja, ia juga dapat menjadi antimikroba dan antiseptik yang memiliki kemampuan untuk membuat mycobacterium tidak aktif.

Mycobacetrium ini adalah bakteri penyebab tuberculosis.  Sehingga dapat disebutkan juga bahwa tanaman ini memiliki kemampuan efek anti-tuberkular.

Manfaat Bawang Merah Untuk Rambut

Siapa yang menyangka bahwa bawang merah dapat dimanfaatkan untuk kesehatan rambut.

Selama ini bawang digunakan sebagai bahan dasar utama dalam memasak.

Meskipun dapat membuat air mata keluar ketika diiris tetapi tanaman yang termasuk umbi-umbian ini dapat dimanfaatkan untuk menghindari beberapa masalah yang ada di rambut.

Mau tau apa saja manfaat bawang merah untuk rambut?

  • Dapat mencegah kerontokan rambut dengan cara mengoleskan bawang merah secara langsung ke rambut untuk menumbuhkan rambut baru. Selain itu, jus bawang merah juga bagus untuk merangsang sirkulasi darah untuk memperlancar perumbuhan rambut.
  • Kandungan sulfur dalam bawang merah dapat digunakan sebagai tonik yang bagus untuk rambut serta dapat membantu menebalkan rambut dan memperbaiki tekstur rambut.
  • Bawang merah memiliki sifat anti bakteri yang dapat mengobati beberapa permasalahan rambut dan kulit kepala yang disebabkan oleh jamur.
  • Jus bawang merah juga dapat digunakan untuk mencegah uban yang muncul. Anda dapat menggunakan bawang merah mentah atau pun ekstrak bawang merah untuk digunakan sebagai masker rambut.

Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi

Selain untuk bahan memasak dan bermanfaat untuk tubuh, bawang merah ini juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan bayi loh.

Bawang merah ini termasuk obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati bayi yang sedang sakit. Nah berikut kami berikan beberapa manfaat bawang merah untuk bayi.

  • Penurun demam

Beberapa kandungan yang terdapat pada bawang merah mempu menurunkan demam si kecil.

Caranya mudah hanya dengan menumbuk kasar beberapa suing bawang merah kemudian tambahkan dengan minyak kelapa/minyak telon secukupnya.

Kemudian balurkan ke tubuh anak terutama bagian ubun-ubun, punggung, perut, dada, paha, lengan serta telapak kaki.

  • Meredakan flu dan batuk

Senyawa sulfur yang ada dalam bawang merah mampu mengatasi gangguan pada saluran pernafasandn mampu melegakan serta mencairkan dahak seseorang yang sedang terkena flu disertai dengan batuk.

  • Mampu mengatasi perut kembung

Perut kembung memang sering dialami oleh bayi. Anda dapat menggunakan bawang merah untuk mengatasinya. Anda hanya perlu menumbuk bawang merah lalu campurkan dengan telon.

Setelah itu oleskan pada perut sehingga bayi menimbulkan efek rileks serta perut kembung pun teratasi.

  • Sebagai antibakteri dan antivirus

Anda dapat menggunakan irisan bawang merah dan letakkan di pojok ruangan yang ampuh untuk menyerap virus flu di dalam ruangan.

Biasanya pagi harinya bawang merah akan berubah menjadi putih karena permukaan bawang telah menyerap bakteri serta virus.

Baca Juga :

Manfaat Kulit Bawang Merah

Ketika kita akan memasak dan menggunakan bumbu dapur seperti bawang merah tentunnya kita akan mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Lalu kulitnya dibuang begitu saja. Tapi, tahukah anda jika kulit bawang memiliki beberapa manfaat bagi tubuh?

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kulit bawang merah mengandung antioksidan yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari buah itu sendiri.

Kandungan utama yang terdapat dalam kulit bawang merah yaitu quercetin, flavonoid serta antioksidan yang dapat menghancurkan penyebab utama kanker serta radikal bebas.

Kulit bawang merah juga kaya akan serat tidak larut yang dapat mendukung gerakan peristatik yang tepat dari usus besar, menghilangkan racun yang terkumpul dari usus, mengatur pH serta mencegah pembentukan sel kanker.

Anda dapat menambahkan kulit bawang merah kedalam makanan sehingga dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, masalah gastrointestinal, kegemukan serta kanker usus besar.

Manfaat Bawang Merah Untuk Wajah

Apa anda pernah mendengar manfaat bawang merah untuk wajah?

Ternyata selain bermanfaat untuk kesehatan, bawang merah juga bermanfaat untuk membersihkan wajah secara alami.

Salah satu masalah wajah yang menjengkelkan dan dialami oleh kebanyakan orang yaitu jerawat. Untuk lebih jelasnya berikut kami berikan beberapa manfaat bawang merah untuk wajah.

  • Menghilangkan jerawat

Pada bawang merah terdapat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat dan akan menghentikan peradangan jerawat.

  • Mencegah penuaan dini

Antioksidan yang berupa vitamin A, C, E yang mampu mencegah penuaan dini disebabka oleh masyarakat

  • Mengatasi flek hitam dan pigmentasi

Bawang merah yang segar bagus sekali untuk menghilangkan flek hitam dan pigmentasi pada wajah. Anda dapat menggunakan masker wajah yang dicampur dengan perasan bawang merah.

  • Mencerahkan wajah

Vitamin C pada bawang merah berperan penting untuk menjaga kulit agar tetap lembap, sehat serta cerah berseri.

Masker Bawang Merah

Menurut kebanyakan orang perawatan diri itu penting, apalagi perawatan pada kulit wajah.

Banyak orang terutama wanita yang melakukan perawatan kulit pada wajah ke dokter. Tetapi tidak sedikit juga orang yang menggunakan bahan alami untuk perawatannya.

Salah satu bahan alami yang digunakan yaitu bawang merah.

Percaya atau tidak bawang merah ternyata dapat digunakan sebagai masker. Banyaknya kandungan bawang merah yang baik untuk kulit dapat membantu anda untuk melindungi kulit dari ancaman sinar ultraviolet.

Selain itu juga bisa membantu membersihkan racun dalam darah dan membantu detoksifikasi tubuh. Hal tersebut akan berdampak positif bagi kulit dan dapat mencerahkan kulit.

Manfaat Bawang Merah Goreng

Ada berbagai cara yang digunakan untuk mengolah bawang merah seperti dihaluskan dengan bumbu-bumbu lain, diolah menjadi acar atau dijadikan bawang goreng.

Bawang merah yang diolah menjadi bawang goreng ini ternyata memiliki manfaat atau khasiat bagi tubuh loh.

Selain untuk penyedap alami dalam masakan, bawang goreng ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit.

Hal tersebut karena bawang merah mengandung serat yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan proses pembuangan racun serta partikel makanan yang bertekstur keras dan menumpuk dalam usus.

Sehingga dapat mengatasi masalah sembelit. Manfaat lainnya yaitu dapat mengatasi masalah pendarahan, melindungi organ jantung, mengontrol kadar kolesterol, mengatasi sakit ketika buang air kecil dan lain sebagainya.

Manfaat Bawang Merah Untuk Flu

Apakah benar bawang merah dapat dimanfaatkan untuk flu? Mungkin belum banyak yang tahu jika bawang merah dapat digunakan untuk obat flu. Ternyata bawang merah sudah digunakan untuk mengatasi flu sejak dulu.

Di dalam bawang merah terkandung zat yang memang berkhasiat untuk mengatasi flu dan mencegah flu.

Senyawa sulfur dan quercetin pada bawang merah banyak terkandung dalam minyak esensial atau pun minyak atsiri yang bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk dalam tubuh.

Cara mengatasi flu dengan bawang merah mudah yaitu dengan menempatkan potongan bawang merah dalam kamar.

Irisan bawang yang ditempatkan pada ruangan akan membuat permukaan bawang merah menyerap virus atau pun bakteri yang akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti virus penyebab flu.

Efek Samping Bawang Merah

Bawang merah memang sering digunakan untuk penyedap rasa pada masakan.

Selain itu, tanaman yang termasuk ke dalam umbi-umbian ini juga memiliki banyak kandungan dan manfaat yang baik untuk tubuh.

Kebanyakan orang juga lebih suka memakan bawang merah dari pada bawang putih. Hal tersebut dikarenakan bawang merah memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan bawang putih.

Tetapi perlu anda ketahui bahwa bawang merah memiliki efek samping yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama jika salah dalam pengolahannya.

Ada beberapa efek samping yang timbul pada bawang merah diantaranya yaitu bau mulut, sakit kepala, lambung terbakar, mual dan muntah, sensitive meningkat, perut mulas, tekanan darah rendah, masalah pada kulit dan lain sebagainya.

Mungkin Anda juga menyukai