Kelapa Sawit

5 min read

Tanaman Kelapa Sawit

Kelapa Sawit Adalah

Kelapa sawit adalah tanaman industry penting yang menghasilkan minyak baik minyak masak, minyak industry atau pun minyak bakar (biodiesel).

Perkebunan tanaman ini menghasilkan keuntungan yang besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama yang dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit.

Indonesia merupakan penghasil minyak sawit terbesar di dunia yang tersebar di beberapa daerah yaitu di daerah Aceh, pantai Timur Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Tanaman Kelapa Sawit
Tanaman Kelapa Sawit

Kelapa Sawit In English

Dalam bahasa inggris kelapa sawit atau yang memiliki nama ilmiah elaeis ini disebut dengan palm oil.

Palm oil atau minyak sawit ini merupakan salah satu komoditas perkebunan yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia.

Tanaman ini tergolong ke dalam family palmae penghasil minyak sawit yang kaya merupakan salah satu sumber minyak nabati di dunia.

Kelapa Sawit Merupakan Hasil Perkebunan Terbesar Dari Negara

Negara penghasil sawit terbesar di dunia yaitu Indonesia dan Malaysia.

Awal mulanya sawit masuk ke Indonesia pada masa colonial dan perkembangannya terhambat selama perang kemerdekaan.

Pada tahun 1967 pemerintah Indonesia milai menggarap perkebunan sawit sampai akhirnya dapat menggeser posisi Malaysia sebagai penghasil sawit terbesar di dunia.

Indonesia menghasilkan 36 juta ton sawit pada tahun 2016 yang menjadikan negara ini menjadi penghasil sawit terbesar di dunia.

Selain itu, Indonesia juga menjadi penghasil utama beberapa komoditas perkebunan lainnya loh seperti teh, kopi serta karet.

Kelapa Sawit Berasal Dari

Meskipun Indonesia dan Malaysia disebut sebagai negara penghasil sawit terbesar, bukan berarti sawit berasal dari wilayah tersebut.

Tanaman sawit ini bukan berasal dari Indonesia atau pun Malaysia. Lalu darimana ya tanaman sawit ini berasal?

Kelapa sawit merupakan tanaman yang berasal dari Afrika.

Awal mulanya Belanda membawa 4 biji sawit yang dibawa ke Indonesia dan ditanam di kebun Raya Bogor pada tahun 1848.

Setelah diuji coba di beberapa daerah di Indonesia ternyata sawit dapat tumbuh dengan subur dan baik.

Sehingga sejak tahun 1910 sawit dibudidayakan secara komersial dan meluas di daerah Sumatera.

Hal tersebut dikarenakan pohon sawit hanya bisa tumbuh dan hidup di daerah tropis sepanjang garis khatulistiwa yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Maka dari itu tidak heran jika Indonesia dan Malaysia merupakan negara penghasil sawit terbesar karena memenuhi syarat untuk pertumbuhannya.

Kelapa Sawit Dapat Diolah Menjadi

Panen Kelapa Sawit
Panen Kelapa Sawit

Apakah anda tahu kelapa sawit dapat diolah menjadi apa saja?

Sawit dapat diolah menjadi berbagai macam bahan yang bermanfaat untuk kita tentunya.

Minyak sawit dapat digunakan sebagai bahan baku minyak makan, margarin, sabun, kosmetik, industry baja, kawat, radio, kulit dan juga industry farmasi.

Minyak ini memiliki keunggulan sifat yaitu tahan oksidasi dengan tekanan yang tinggi, dapat melarutkan bahan kimia yang tidak larut oleh bahan pelarut lainnya, memiliki daya melapisi yang tinggi dan dalam bidang kosmetik tidak menimbulkan iritasi.

Buah dari kelapa sawit merupakan bagian yang popular untuk diolah. Daging buahnya dapat menghasilkan minyak sawit mentah yang menjadi bahan baku minyak goreng dan margarin.

Kelebihan dari minyak nabati ini yaitu memiliki harga yang murah, rendah kolesterol dan memiliki kandungan karoten yang tinggi.

Selain digunakan sebagai bahan minyak goreng, daging dan kulit buah kelapa sawit juga sebagai bahan sabun dan lilin.

Ampasnya atau yang disebut bungkil digunakan sebagai makanan ternak, sedangkan tempurungnya dapat digunakan sebagai bahan bakar dan arang.

Minyak Sawit
Minyak Sawit

Perkebunan Kelapa Sawit

Indonesia merupakan negara penghasil minyak sawit terbesar, sehingga sekarang ini Indonesia terus digencarkan dengan pengembangan perkebunan sawit tersebut.

Perkebunan sawit ini tersebar di berbagai wilayah mulai dari Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan yang tentunya dikenal dapat menghasilkan minyak masak, minyak industry, sampai bahan bakar diesel.

Pohon ini tumbuh subur di lingkungan tropis bersuhu hangat, curah hujan tinggi dan sinar matahari yang cukup dengan persebaran di wilayah Asia, Afrika dan Amerika Selatan.

Produkisi terbanyak dari sawit ini berada di Indonesia dan Malaysia dengan total yang dihasilkan CPO (Crude Palm Oil atau Minyak Sawit Mentah) mencapai 85% – 90% dari total produksi sawit di seluruh dunia.

Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia

Memang benar bahwa Indonesia merupakan penghasil sawit terbesar di dunia.

Dari beberapa wilayah perkebunan sawit pulau Sumatera merupakan wilayah yang memiliki lahan perkebunan sawit terbesar dibandingkan dengan pulau lainnya.

Luas dari lahan perkebunan pohon sawit ini berkisar 3.526.582 hektar, di pulau Kalimantan seluas 837.615 hektar, Pulau Sulawesi dengan luas lahan 175.059 hektar.

Sedangkan untuk daerah Maluku dan Papua seluas 28.367 hektra dan pulau Jawa seluas 7.478 hektar dan juga dimiliki rakyat.

Ada berbagai perusahaan di Indonesia yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit.

Perusahaan tersebut tentunya merupakan perusahaan yang mengolah sawit dalam jumlah yang banyak dan menghasilkan minyak sawit terbanyak dibandingkan dengan negara lain.

Sebagai perusahaan yang besar tentunya tidak hanya memiliki lahan yang luas saja tetapi sistem kerja yang baik juga harus ada.

Mulai dari pemilihan bibit sawit yang ungul, menanam dengan metode yang tepat, merawat sampai pemberian pupuk. Sehingga akan menghasilkan sawit yang berkualitas baik.

Kelapa Sawit Kalimantan

Kalimantan merupakan salah satu daerah penghasil sawit terbesar yang ada di Indonesia. Di daerah Kalimantan Barat lahan yang dahulu dijadikan sebagai kebun karet sekarang ini dijadikan sebagai perkebunan kelapa sawit.

Karena tanaman sawit memiliki banyak fungsi yaitu sebagai minyak makan, bahan bakar, margarin dan sebagainya.

Pulau Kalimantan memang memiliki berbagai macam sumber daya alam serta memiliki lahan perkebunannya yang luas.

Usaha perkebunan sawit di Kalimantan akan sangat menguntungkan dengan berbagai manfaat yang ada.

Baca Juga :

Pabrik Kelapa Sawit Kapasitas 30 Ton/Jam

Setiap perusahaan atau pabrik kelapa sawit tentunya memiliki kapasitas masing-masing untuk mengolah kelapa sawit.

Pabrik Minyak Sawit
Pabrik Minyak Sawit

Mesin westfalia separator pada pablik kelapa sawit berfungsi untuk memisahkan minyak dengan air dan kotoran-kotoran halus yang masih ada dalam minyak.

Pemisahan tersebut dilakukan dengan cara gaya sentrifugal. Adanya perbedaan berat jenis antara sludge dengan minyak maka minyak akan naik keatas dan diteruskan ke vakum drayer untuk mengurangi kadar air.

Proses kerja mesin tersebut didukung oleh pompa sentrifugal dan pompa ton/jam banyak TBS yang akan diolah. Kapasitas loading ramp dihitung berdasarkan kebutuhan harian dengan rumus LR = kapasitas produksi x waktu produksi = 30 ton/jam x 22 jam = 660 ton.

Budidaya Kelapa Sawit

Tahukah anda bagaimana cara budidaya pohon kelapa sawit? Budidaya sawit sekarang ini sedang menjadi primadona usaha di bidang perkebunan.

Hal tersebut tidak lepas dari potensi produksi dan harga dari minyak sawit serta produk-produk turunannya sendiri yang tentunya sangat menggiurkan.

Maka dari itu potensi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar Indonesia tetap bertahan sebagai penghasil minyak sawit terbesar di dunia.

Namun sebelum anda mulai budidaya sawit lebih baik anda ketahui bahwa bisnis tanaman ini akan selalu menghadapi tantangan utama yaitu kualitas, kuantitas, dan kelestarian lingkungan.

Mau tahu cara budidaya sawit? Berikut beberapa cara membudidayakan tanaman kelapa sawit.

  • Pembibitan dan penyemaian

Masukkan tanah yang lembut dan gembur yang sudah diayak kemudian masukkan kecambah kelapa sawit yang berkualitas ke dalam polybag sedalam 2 cm.

Tanah selalu dalam kondisi lembab lalu simpan polybag di bedengan dengan diameter 120 cm. Setelah tanaman berumur 3-4 bulan serta berdaun 4-5 helai bibit dipindah ke lahan tanam.

  • Cara penanaman

Usahakan penanaman dilakukan pada musim hujan dengan cara melepas plastic polybag kemudian masukkan bibit ke dalam lubang. Kemudian taburi pupuk

  • Pemeliharaan tanaman

Pemeliharaan tanaman dilakukan dengan cara penyulaman dan penjarangan jika ada tanaman bibit yang mati pada umur 10-14 bulan.

Kemudian melakukan pemangkasan daun dengan 3 macam pemangkasan yaitu pemangkasan pasir (untuk membuang daun kering, buah pertama atau buah busuk waktu tanaman berumur 16-20 bulan).

Pemangkasan produksi (memotong daun yang saling menumpuk untuk persiapan panen umur 16-20 bulan) dan pemangkasan pemeliharaan (untuk membuang daun sanggo-sanggo dua dengan rutin sehingga pokok tanaman hanya sejumlah 28-54 helai).

Kastrasi bungga dilakukan pada umur 12-20 bulan untuk memotong bunga jantan dan betina.

Selanjutnya penyerbukan buatan dalam penanaman kelapa sawit yang dilakukan oleh serangga ataupun manusia untuk mengoptimalkan produk buah kelapa sawit pada setiap tandannya.

  • Pemanenan

Jika sudah berumur sekitar 31 tahun maka kelapa sawit dapat dipanen atau sedikitnya 60 persen buah sudah matang maka bisa dipanen. Biasanya dari 5 buah pohon kelapa sawit Kelapa sawit terdapat 1 tandan buah matang panen.

Biji Kelapa Sawit

Buah kelapa sawit memiliki berbagai macam warna dari warna hitam, ungu, sampai merah tergantung dari bibit yang digunakan.

Inti sawit atau karnel yang sebetulnya itu adalah biji merupakan endosperma dan embrio dengan memiliki kandungan minyak inti yang berkualitas tinggi.

Pohon ini berkembang biak dengan cara generative dan matang pada kondisi tertentu. Embrionya akan berkecambah menghasilkan tunas atau plumula dan bakal akar atau radikula.

Penanaman Kelapa Sawit

Penanaman kelapa sawit dilakukan pada awal musim hujan, setelah hujan turun dengan teratur.

Pola tanaman pada area rata sampai bergelombang yaitu berbentuk segitiga sama sisi dan untuk area berbukit perlu dibuat teras kontur terlebih dahulu.

Sebaiknya membuat jarak dan pola tanam yang optimal agar tanaman mendapat ruang perkembangan kanopi dan sinar matahari yang optimum serta mendapatkan produksi yang maksimal.

Jarak tanam dari pohon kelapa sawit ini tergantung pada jenis atau tipe tanah dan bibit.

Untuk jenis bibit itu sendiri jika memiliki diameter daun cukup besar maka jarak tanam harus dikasih jarak lebih sehingga pelepah daun tidak saling menutupi satu sama lain.

Sedangkan untuk jenis bibit dengan diameter daun yang sempit maka dapat ditanam lebih rapat.

Kecambah Kelapa Sawit

Benih dan pembibitan merupakan langkah awal dari seluruh kegiatan pembudidayaan tanaman kelapa sawit. Apabila salah dalam memilih bibit maka resikonya akan ditanggung selama pohon itu tumbuh.

Maka dari itu kita harus memilih bibit kelapa sawit yang berkualitas. Ada beberapa kriteria standar dari benih kelapa sawit yang baik dan berkualitas.

Diantaranya yaitu memiliki berat biji minimal 0,8 gram, Panjang radikula dan plumula kurang lebih sudah mencapai 2 cm, arah tumbuh dari radikula dan plumula berlawanan arah.

Selain itu warna dari radikula dan plumula yaitu putih kekuningan, segar dan tidak lembek. Kecambah dari kelapa sawit ini juga harus bebas dari pengaruh Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

 

Bisnis Perkebunan

ucihadiyanto
1 min read

Kopi

ucihadiyanto
4 min read

Albasia

ucihadiyanto
3 min read