Kecambah

5 min read

Kecambah Kedelai

Kecambah Adalah

Kecambah atau tauge merupakan tanaman muda yang baru dan berkembang dari tahap embrionik dalam biji.

Perkembangan tersebut juga disebut dengan perkecambahan dan merupakan suatu tahap kritis dalam tumbuhan.

Bagi ibu rumah tangga tentunya sudah tidak asing lagi dengan kecambah yang satu ini karena biasanya kecambah sering digunakan sebagai bahan pangan dan digolongkan sebagai sayur-sayuran.

Perbedaan Kecambah Dan Toge

Banyak orang yang tidak tahu apa bedanya kecambah dan toge, karena memang bentuknya hampir sama.

Orang Jawa sering menyebut toge dengan sebutan kecambah dan kecambah merupakan tanaman dari kacang hijau yang berukuran kecil.

Selain itu ada juga sayuran yang disebut tauge dengan ukuran yang lebih besar dan Panjang.

Pertumbuhan Kecambah

Apakah anda tahu apa itu pertumbuhan kecambah?

Pertumbuhan suatu tanaman merupakan proses bertambahya ukuran baik volume, masa dan tinggi serta jumlah sel secara irreversible  (tidak dapat kembali ke bentuk semula.

Tahap pertumbuhan ini terjadi karena pertambahan jumlah sel serta pembesaran sel.

Selain itu juga terjadi akibat pembelahan mitosis pada jaringan yanag bersifat merismatik.

Jenis Kecambah

Kecambah merupakan tanaman yang digolongkan sebagai sayur-sayuran. Selain itu, kecambah disebut sebagai makanan sehat karena kaya akan kandungan vitamin E.

Namun hal tersebut dikritik karena ada beberapa kecambah yang membentuk zat antigizi. Tanaman ini ternyata memiliki beberapa jenis loh.

Apa anda tahu apa saja jenis kecambah? Adapun beberapa jenis kecambah yang dapat kami berikan.

  • Kecambah kacang hijau

Pada umumnya tauge berasal dari kacang hijau dan sering dijadikan dalam berbagai menu makanan dari Asia Timur. Tanaman ini kaya akan vitamin E dan merupakan salah satu menu yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

  • Kecambah kacang kedelai

Kecambah kacang kedelai memiliki ukuran yang lebih besar dari kecambah kacang hijau. Akarnya Panjang dan bentuknya pun lebih ramping dengan warna kehijau-hijauan.

Jenis kecambah ini terasa renyah dan agak pahit ketika dimakan mentah. Aroma dari kecambah ini langu (beany flavour) dan relative lebih tinggi dibandingkan dengan kecambah kedelai kacang hijau.

  • Kecambah alfalfa

Jenis kecambah yang satu ini menyerupai tunas halus dengan daun hijau dan memiliki rasa yang renyah dan segar.

Kandungan spionin yang ada di dalam kecambah alfalfa ini sangat tinggi dan merupakan senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa mengganggu kolesterol baik (HDL).

Kecambah Kacang Hijau

Biji-bijian atau pun kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi ketika menjadi kecambah.

Kecambah Kacang Hijau
Kecambah Kacang Hijau

Kecambah kacang hijau mengandung vitamin E dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan serta vitalitas pria.

Selain itu juga mengandung protein dibandingkan dengan biji kacang karena pada proses perkecambahan terjadi pembentukan asam amino esensial.

Kandungan nutrisi di dalamnya sangat berkaitan erat dengan hormone testosterone yang identic dengan pria. Hormone tersebut dikenal sebagai hormone seks pada pria.

Kecambah mengandung nutrisi yang erat kaitannya dengan hormone hormon testosterone. Sudah kita ketahui jika hormon testosteron merupakan salah satu hormon yang identik dengan pria.

Wanita tidak banyak membutuhkan hormon ini. Hal tersebut dikarenakan hormon testosterone dikenal sebagai hormon seks yang terdapat pada pria.

Kecambah Kedelai

Kecambah kedelai merupakan tumbuhan yang tidak asing lagi bagi masyarakat yang ada di Indonesia.

Kecambah Kedelai
Kecambah Kedelai

Apalagi bagi mereka para ibu rumah tanggga yang setiap hari menyiapkan makanan untuk keluarga tentunya pernah mengolah kecambah kedelai.

Dengan banyaknya kandungan yang ada pada kedelai membuat kecambah kedelai ini memiliki manfaatt yang bagus.

Untuk membuat kecambah diperlukan biji-bijian atau kacang-kacangan yang sehat dan bersih dari pestisida.

Selain itu juga lingkungan yang optimal diperlukan seperti ruang gelap, lembab, dan kadar air untuk perkecambahan.

Biasanya setiap 3-5 hari kecambah sudah dapat untuk dipanen. Proses pembuatan kecambah kedelai itu sendiri dapat dilakukan di sepanjang tahun, tidak memerlukan sinar matahari serta dapat dilakukan pada musim apapun baik musim hujan atau pun musim kemarau.

Kecambah Gandum

Lembaga atau intisari gandum merupakan cadangan makanan yang mengandung banyak lemak dan terdapat bagian dengan sel yang masih hidup bahkan setelah dipanen.

Kecambah Gandum
Kecambah Gandum

Pada sekeliling bagian yang masih hidup terdapat sedikit molekul glukosa, mineral, protein dan enzim. Perkecambahan akan terjadi pada kondisi yang baik untuk menjadi tanaman gandum yang baru.

Ada beberapa factor yang mempengaruhi perkecambahan pada gandum yaitu kondisi kelembaban yang tinggi, suhu yang relative hangat serta kandungan oksigen yang melimpah.

Intisari gandum merupakan embrio pada tanaman gandum dengan warna coklat keemasan dan berbentuk serpihan.

Tetapi ketika diproduksi menjadi tepung terigu, intisari tersebut dihilangkan ketika proses pemurnian biji gandum.

Karena dengan membuang kandungan minyak nabati yang tinggi dalam intisari gandum akan mencegah tepung agar tidak mudah teroksidasi , tengik dan awet untuk disimpan.

Kecambah Jagung

Perkecambahan pada benih jagung terjadi ketika radikula muncul dari kulit biji.

Awal perkecambahan benih akan menyerap air melalui proses imbibisi dan benih membengkak dengan diikuti oleh kenaikan aktivitas enzim dan respirasi yang tinggi.

Kecambah Jagung
Kecambah Jagung

Pada awalnya koleoriza memanjang menembus pericarp dan kemudian radikel menembus koleorize. Setelah radikel muncul, akar seminar lateral juga muncul kemudian plumule tertutupi oleh koleoptil.

Lalu koleoptil terdorong ke atas oleh pemanjangan mesokotil dan berperan penting pada kemunculan tunas keatas tanah.

Pada umumnya benih jagung ditanam dengan kedalaman 5-8 cm. Jika kelembaban tanah tepat maka tanaman dapat memunculkan kecambah dengan ukuran yang seragam dalam 4-5 hari setelah tanam.

Dengan kondisi yang dingin atau kering pemunculan tanaman dapat tumbuh ketika tanaman sudah berumur dua minggu atau lebih setelah tanam.

Kecambah Kacang Tanah

Proses paling awal dari pertumbuhan kacang tanah yaitu dari perkecambahan. Dalam perkecambahan tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu pergecambahan hypogeal dan perkecambahan epigeal.

Kecambah Kacang Tanah
Kecambah Kacang Tanah

Untuk perkecambahan kacang tanah itu sendiri yaitu dengan perkecambahan hypogeal.

Perkecambahan ini ditandai dengan terjadinya pembentangan ruas batang teratas atau epikotil dan menjadikan daun lembaga tertarik ke atas tanah. sedangkan untuk kotiledon tetap berada atau tertahan di dalam tanah.

Dalam proses perkecambahan tanaman ini memiliki beberapa tahapan yaitu dimana air masuk ke dalam biji atau dikenal dengan sebutan imbibisi.

Tahap selanjutnya dimana embrio diaktifkan untuk melepaskan hormone yang bernama giberelin. Pada tahap ketiga yaitu dimana terjadi pendorongan terhadap aleurone atau lapisan super tipis yang ada pada endosperm.

Untuk tahap keempat ditandai dengan sintesis enzim amilase, maltase dan protease. Tahap terakhir yaitu fase untuk mencegah cadangan makanan pada endosperm dan menjadikannya energi sebagai pertumbuhan serta energi dalam membentuk sel.

Kecambah Kacang Merah

Setiap awal perkecambahan dimulai dari berakhirnya masa dormansi.

Masa dormasi merupakan masa berhentinya pertumbuhan pada tanaman dikarenakan kondisi lingkungan yang tidak sesuai.

Kecambah Kacang Merah
Kecambah Kacang Merah

Biji dapat berkecambah karena di dalamnya terdapat embrio atau lembaga tumbuhan atau intisari tumbuhan.

Ada tiga bagian dari embrio diantaranya yaitu akar lembaga atau calon akar (radikula), daun lembaga (kotiledon) serta bayang lembaga (kaulikulus).

Ada beberapa factor yang mempengaruhi pertumbuhan salah satunya yaitu cahaya.

Pertumbuhan kecambah kacang merah dapat dilakukan di tempat terang atau pun ditempat gelap. Namun, pertumbuhan kacang merah di tempat yang gelap ternyata lebih cepat.

Kecambah Banyak Mengandung Vitamin?

Sayur kecambah atau toge ternyata lebih bergizi jika dibandingkan dengan bijinya.

Dalam makanan ini lebih tinggi dibandingkan protein biji aslinya. Hal tersebut dikarenakan pada saat proses menjadi kecambah terjadi pembentukan asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.

Proses berkecambah (germinasi) dapat meningkatkan daya cerna karena berkecambah merupakan proses katabolis. Proses tersebut menyediakan zat gizi penting untuk pertumbuhan tanaman.

Kandungan yang terdapat pada makanan ini atau tauge diantaranya yaitu vitamin A, B kompleks, C, E, dan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino dan protein.

Nutrisi pada makanan ini juga beragam seperti zat besi, vitamin E, bioflavonoid, potassium, protein dan antioksidan. Selain itu ada juga riboflavin, magnesium, asam folat dan lain sebagainya.

Kecambah Untuk Kesuburan

Salah satu manfaat dari makanan ini yaitu untuk kesuburan wanita dan pria. Memang sudah tidak diragukan lagi jika kecambah memiliki pengaruh besar agar cepat dapat momongan.

Namun, khasiat makanan ini bagi kesehatan pun tak kalah banyak. Ia merupakan jenis tumbuhan bertunas muda yang telah mengalami proses pertumbuhan awal dari aktivitas embriotik didalam binggol biji.

Sebelum tanaman berubah menjadi kecambah, biji akan mengalami proses pembentukan embrio terlebih dahulu. Dengan struktur biji yang memiliki kecenderungan untuk tumbuh secara konsisten.

Kemudian akan muncul menjadi generasi tanaman baru.

Tingginya kandungan asam folat dan zat besi dalam sayur kecambah akan mampu meningkatkan kualitas sperma atau pun sel telur pada wanita.

Apabila anda belum dikaruniai momongan tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengkonsumsi makanan ini sebagai menu makanan.

Anda dapat mengkonsumsinya minimal 1 minggu dua kali.  Selain itu, makanan ini juga dapat membantu produksi sperma suami dan dapat menjaganya agar lebih tahan lama sehingga dapat membantu dalam proses pembuahan dan mendapatkan momongan.

Kecambah Penyubur Kandungan

Ada beberapa sayuran yang dapat dikonsumsi bagi anda pasangan suami istri yang tentunya ingin mendapatkan momongan. Salah satu sayuran yang dapat dikonsumsi untuk penyubur kandungan yaitu kecambah.

Sudah banyak masyarakat yang mengetahui dan sudah tidak diragukan lagi bahwa makanan ini dapat menyuburkan kandungan.

Dengan harga yang terjangkau makanan ini sangat efektif sebagai penyubur kandungan. Berbagai kandungan yang ada di dalamnya seperti vitamin E dapat membuat kesuburan meningkat.

Jadi anda dapat mencoba mengkonsumsinya di rumah dan ada berbagai cara untuk mengkonsumsi sayur tersebut.

Kecambah Untuk Ibu Hamil

Kecambah merupakan salah satu makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.

Makanan yang satu ini memiliki kandungan vitamin E didalamnya dan banyak manfaatnya untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Vitamin E tersebur dapat menguatkan Rahim sehingga resiko keguguran akan dapat dihindari terutama pada trisemester pertama yang rentan terjadi keguguran.

Selain itu juga akan meningkatkan kekebalan tubuh pada saat kehamilan sehingga ibu hamil akan lebih kuat.

Sudah kita ketahui bersama ketika seorang wanita sedang mengandung atau sedang hamil maka kekebalan tubuhnya akan melemah dan menyebabkan mudah terserang penyakit.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E sangat dianjurkan terutama untuk ibu hamil. Makanan ini juga dapat menjaga kesehatan ibu hamil, memperlancar pencernaan dan lain sebagainya.

Bayam

ucihadiyanto
3 min read

Manfaat Terong

ucihadiyanto
3 min read

Sayur Terong

ucihadiyanto
3 min read