Jenis Tanaman Pangan

Tanaman pangan menjadi sumber bahan makanan utama seluruh umat manusia.  Sebagai sumber energi pangan memiliki peranan yang sangat penting.  Terdapat 10 jenis tanaman pangan di Indonesia yang penting dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca Juga : Agribisnis Tanaman Pangan

Ciri-Ciri Tanaman Pangan

Tidak semua tanaman bisa dijadikan sebagai tanaman pangan.  Untuk itu, sebenarnya seperti apakah ciri-ciri tanaman pangan itu?

Berikut ini adalah ciri-ciri tanaman pangan :

  • Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi

Kepentingan utama tanaman pangan adalah untuk menyediakan kebutuhan karbohidrat bagi tubuh.  Karena karbohidrat memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai sumber energi tubuh.

Tanpa energi maka manusia tidak akan dapat beraktifitas.  Itu sebabnya sumber karbohidrat ini penting dan harus ada.

  • Dapat dimakan

Tanaman berkarbohidrat tinggi yang dapat dijadikan sebagai tanaman pangan adalah tanaman yang tidak beracun dan dapat dikonsumsi oleh manusia.

Tentu saja ciri-ciri ini penting karena makanan yang dimakan oleh manusia haruslah makanan yang menyehatkan dan tidak mengakibatkan penyakit bagi tubuh.

Tumbuhan berkarbohidrat yang beracun tidak dapat dimasukkan sebagai tanaman pangan

  • Dapat di budidayakan atau di akses oleh masyarakat di daerah tersebut

Idealnya tanaman pangan memang bisa di tanam di daerah yang membutuhkan agar ketersediaannya bagi masyarakat dapat terpenuhi.

Jika pun tidak dapat di budidayakan di sebuah daerah karena memang lingkungan tumbuhnya tidak sesuai, maka ia hendaknya dapat di akses atau diperoleh oleh masyarakat.  Sebagai contoh kentang, meskipun tidak semua daerah dapat menanamnya, namun hampir setiap daerah dapat memperolehnya.

  • Petani dapat menanamnya

Untuk menyediakan tanaman pangan dalam jumlah yang cukup diperlukan petani yang menanamnya.  Sehingga apabila suatu jenis tanaman tidak dapat dibudidayakan oleh petani, maka ia tidak akan dapat mencukupi kebutuhan pangan masyarakat.

Apa saja 10 jenis tanaman pangan di indonesia dan negara-negara lainnya? Yuks kita simak artikel lanjutannya.

10 Jenis Tanaman Pangan Dan Nama Latinnya

  1. Padi (Oryza sativa)

Ini dia tanaman pangan utama di dunia dan di Indonesia.  Sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai hasil dari olahan padi.

Saking pentingnya padi untuk ketahanan pangan, maka program-program pengembangan padi akan selalu menjadi prioritas oleh pemerintah.

gambar tanaman padi

gambar tanaman padi

Pada awalnya tanaman padi di kembangkan di Indonesia di tanah kering dengan sistem ladang, tanpa pengairan.  Namun karena kebutuhan masyarakat yang tinggi maka sistem budidaya padi pun semakin lama semakin intensif dengan menggunakan sistem pengairan, varietas unggul dan lain sebagainya.

  1. Ganyong (Canna edulis)

Gayong sebenarnya adalah umbi yang dapat menghasilkan karbohidrat sehingga bisa menjadi bahan pangan alternatif.  Tanaman ini memiliki keunggulan dapat tumbuh di lahan yang tandus atau sering disebut dengan lahan marjinal.  Kemampuan uniknya ini sebenarnya dapat menjadi salah jawaban dari kurangnya persediaan makanan di daerah-daerah kering dan tandus.

Gambar Tanaman Ganyong

Gambar Tanaman Ganyong

Selain mampu tumbuh di tanah yang tandus, ganyong juga mudah dirawat.  Tanaman ini tahan terhadap serangan hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman.

  1. Jagung (Zea mays)

Jagung menjadi komoditas penting kedua setelah padi.  Sebagai bahan makanan, jagung bernilai gizi tidak kalah bila dibandingkan dengan beras.

gambar tanaman jagung yang sehat

gambar tanaman jagung yang sehat

Tanaman jagung sudah di tanam sejak ribuan tahun silam.  Berasal dari Amerika, berkembang terutama di daerah Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.  Di Indonesia sendiri, jagung pertama kali di bawa oleh bangsa Spanyol dan Portugis.

  1. Singkong (Manihot esculenta)

Singkong termasuk tanaman yang perawatannya mudah.  Tanaman ini menjadi salah satu tanaman pangan yang penting karena kegunaannya yang luas baik untuk industri ataupun individu masyarakat.

Tanaman singkong

Tanaman singkong

Terdapat beraneka ragam makanan olahan singkong yang telah dikembangkan oleh masyarakat, sehingga ada banyak daerah yang memiliki makanan khas olahan singkong seperti Banyumas dengan getuk gorengnya.

  1. Ubi jalar (Ipomoea batatas)

Ubi jalar merupakan sumber makanan alternatif setelah padi, jagung, dan singkong.  Tanaman ini termasuk tanaman umbi-umbian yang paling tua dalam sejarah umat manusia.

Tanaman Ubi Jalar

Tanaman Ubi Jalar

Bentuk olahan ubi jalan juga bervariasi.  Mulai dari dijadikan sebagai makanan pokok, di olah menjadi camilan atau pun menjadi tepung untuk berbagai makanan olahan lanjutan lainnya.

  1. Kentang (Solanum tuberosum)

Kentang adalah komoditas pertanian yang sangat penting dan memiliki nilai ekonomi tinggi.  Hal ini disebabkan karena harganya yang tinggi dan stabil, permintaannya juga banyak.  Sehingga dilihat dari aspek agribisnis, menanam kentang memiliki potensi keuntungan yang menarik.

Kentang Hasil Panen Hidroponik

Kentang Hasil Panen Hidroponik

Pemanfatan kentang kalau di Indonesia lebih banyak sebagai bahan pembuatan camilan atau makanan ringan.  Ini berbeda dengan kentang di daerah Eropa dan Amerika yang memang menjadi sumber karbohidrat yang utama.

Baca Juga : Kentang Hidroponik

  1. Sorghum (Andropogon sorghum)

Sorghum tidak terlalu populer di Indonesia.  Namun di Amerika, tanaman ini salah satu tanaman utama yang dikembangkan produktifitasnya.

Sorghum

Sorghum

Tepung sorghum adalah diantara produk olahannya.  Kegunaannya bisa untuk konsumsi ataupun bahan pembuatan makanan lain.  Di daerah Jawa Barat, sorghum ini banyak diolah menjadi tape ataupun alkohol.

  1. Nipah (Nypa fruticans)

Konsumsi gula per kapita di Indonesia setiap tahun mengalami kenaikan.  Tentu saja dapat di pahami karena hampir setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi mengandung gula.  Selain tepu dan kelapa, ternyata Nipah adalah salah satu tanaman penghasil gula yang potensial.

Nipah

Nipah

Nipah biasanya terdapat di sepanjang tepi sungai-sungai besar yang berair payau dan di daerah berawa-rawa.  Tanah dengan kondisi tersebut dapat menjadikan nipah tumbuh dengan subur.  Akan tetapi hingga saat ini, potensi nipah sebagai sumber pemanis masih belum dikembangkan secara maksimal.

  1. Tebu (Saccharum officinarum)

Tebu hingga saat ini masih menjadi sumber pemanis yang utama.  Produk olahannya adalah gula pasir.  Kebutuhan gula pasir sebagai sumber pemanis masih sangat tinggi bahkan setiap tahun mengalami kenaikan.

Akan tetapi produksi gula tebu justru mengalami penurunan hingga saat ini posisi Indonesia adalah importir gula tebu.

Kondisi ini sebenarnya bertolak belakang dengan kondisi tahun 1927 dimana ketika itu Indonesia menjadi pengekspor gula tebu keberbagai negara. Diantaranya Cina, Hongkong, Jepang, Taiwan, Singapura, Eropa dll.

Tebu

Tebu

  1. Sagu (Metroxylon sp.)

Sagu sebagai sumber penghasil karbohidrat alternatif telah banyak di kenal di Indonesia, khususnya penduduk Maluku yang memang menjadi sagu sebagai makanan pokok mereka.

Selain Maluku, masih ada Irian Jaya, Sulawesi, dan Kepulauan Mentawai yang juga menjadikan sagu sebagai sumber makanan pokok sehari-hari.

Sagu

Sagu

Manfaat sagu selain sebagai makanan pokok alternatif, juga dapat digunakan untuk bahan baku industri seperti sirup.

Baca Juga : Tanaman Pangan dan Pentingnya Bagi Kehidupan

Dari 10 jenis tanaman pangan yang telah disebutkan di atas baru beberapa saja yang dikembangkan dengan intensif,  seperti padi, jagung, dan tebu.  Lainnya masih di budidayakan apa adanya sesuai dengan kebiasaan masyarakat.  Padahal tanaman-tanaman tersebut juga memiliki potensi yang luar biasa.  Sehingga kita melihat adanya peluang usaha agribisnis pertanian yang masih terbuka lebar.

Budidaya Tanaman Pangan

Budidaya tanaman pangan untuk masing-masing jenis berbeda-beda.  Itu akan tergantung pada jenis tanaman serta kebutuhan tumbuhnya.  Untuk penjelasannya maka anda dapat melihat ke artikel lain yang membahas tentang :

  1. Budidaya tanaman pangan padi
  2. Budidaya tanaman pangan ganyong
  3. Budidaya tanaman pangan singkong
  4. Budidaya tanaman pangan ubijalar
  5. Budidaya tanaman pangan jagung
  6. Budidaya tanaman pangan Kentang
  7. Budidaya tanaman pangan Nipah
  8. Budidaya tanaman pangan sorghum
  9. Budidaya tanaman pangan sagu
  10. Budidaya tanaman pangan tebu

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *