Jenis Tanaman Buah


Tanaman Buah Adalah

Tanaman buah merupakan tanaman yang menghasilkan buah dan dapat dikonsumsi oleh semua makhluk hidup baik itu manusia ataupun hewan.

Buah berasal dari bunga dengan proses penyerbukan dari putik oleh benang sari. Pada umumnya tanaman buah merupakan tanaman tahunan yang memiliki sumber vitamin di dalam buah.

Jenis Tanaman Buah

Jenis tanaman buah memiliki fungsi untuk dimakan namun tanaman buah memiliki banyak fungsi selain itu.

Di dunia ini banyak jenis buah-buahan yang dapat kita temukan di sekitar daerah kita masing-masing.

Contohnya seperti jenis tanaman buah pisang, jenis tanaman buah jeruk, jenis tanaman buah manga, jenis tanaman buah papaya, jenis tanaman buah jambu dan lain sebagainya.

Dari beberapa jenis tanaman buah tersebut memiliki manfaat dan khasiat yang berbeda-beda.

Setiap jenis tanaman buah memiliki berbagai macam variasi buah seperti jenis tanaman pisang ada pisang ambon, pisang nangka, pisang susu, pisang dan lain-lain.

Begitu juga dengan jenis tanaman buah yang lainnya.

Jenis Tanaman Buah Yang Cepat Berbuah

Setiap orang pasti ingin menanam tanaman buah yang cepat berbuah.

Pada umumnya tanaman buah yang cepat berbuah memiliki ciri fisik kayu pohon yang tidak menahun.

Selain itu agar tanaman buah cepat berbuah dapat ditanam dari hasil perkembangbiakan vegetative baik itu stek, cangkok, dll.

Nah berikut merupakan beberapa tanaman buah yang cepat berbuah:

  1. Tanaman buah belimbing

Buah berbentuk bintang ini relative cepat berbuah dan tak mengenal musim. Anda dapat mencoba menanamnya di rumah.

  1. Tanaman buah delima

Tanaman buah delima juga mudah untuk berbuah di setiap waktu sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.

  1. Tanaman buah jambu air

Tanaman yang satu ini memiliki adaptasi yang tinggi sehingga cepat untuk berbuah.

  1. Tanaman buah jeruk

Tanaman buah jeruk dapat berbuah tanpa mengenal musim.

  1. Tanaman buah srikaya

Buah yang rasanya manis ini juga merupakan tanaman yang cepat berbuah

Jenis Tanaman Buah Yang Menguntungkan

Tingginya tingkat kebutuhan masyarakat terhadap buah-buahan membuat para pelaku usaha memanfaatkan pelung besar ini.

Tidak hanya penjual buah saja yang mendapat keuntungan besar, tetapi para petani buah-buahan juga mendapatkan untung yang besar.

Jika dalam proses pembudidayaannya benar maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Berikut merupakan beberapa tanaman buah yang menguntungkan.

  1. Tanaman buah mangga

Banyak masyarakat yang menyukai aneka jenis buah-buahan termasuk mangga. Selain itu tanaman ini juga memiliki banyak manfaat.

Buah Mangga

Buah Mangga

Jadi tidak heran jika tanaman buah ini termasuk dalam tanaman buah yang menguntungkan.

  1. Tanaman buah tomat

Tanaman buah ini memiliki nilai yang ekonomis dan memiliki banyak kandungan vitamin di dalamnya. Buah tomat ini merupakan salah satu tanaman yang menguntungkan.

Buah Tomat

Buah Tomat

  1. Tanaman buah pisang

Buah pisang mengandung vitamin A, C, B1, dan B2 yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu pisang juga banyak disukai oleh masyarakat. selain buahnya, daun pisang juga dapat dimanfaatkan untuk membungkus makanan.

buah pisang

buah pisang

  1. Tanaman buah papaya

Tanaman buah papaya sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Buah ini dapat membantu melancarkan saluran pencernaan dalam tubuh.

Buah Pepaya

Buah Pepaya

  1. Tanaman buah jambu biji

Jambu biji memiliki berbagai varietas yang digemari oleh masyarakat seperti jambu sukun, jambu Bangkok, jambu apel, dan lain-lain. Selain itu jambu biji juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Buah Jambu Biji

Buah Jambu Biji

Tanaman Buah-Buahan Di Halaman Rumah

Anda dapat memaksimalkan halaman rumah Anda sebagai lahan untuk menanam berbagai jenis buah-buahan. Berikut merupakan tanaman buah-buahan yang dapat ditanam di halaman rumah.

  1. Tanaman buah manga

Banyak orang yang memilih menanam manga di halaman rumah. Hal ini karena perawatannya mudah, buahnya manis dan dapat berbuah dengan lebat.

  1. Tanaman buah rambutan

Buah rambutan dengan rasa yang manis dan segar serta pohonnya yang rindang membuat beberapa orang memilih untuk menanamnya di halaman rumah. Namun perlu diperhatikan juga dalam memilih bibit tanaman ini.

  1. Tanaman buah jambu air

Buah jambu air memiliki rasa yang nikmat sehingga banyak orang yang menanamnya. Selain itu bisa juga untuk ngerujak. Tanaman buah ini banyak di temukan di daerah pedesaan.

  1. Tanaman buah pisang

Tanaman ini sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang intensif. Selain itu, buah pisang digemari banyak masyarakat.

  1. Tanaman buah jeruk

Tanaman buah jeruk dapat memperindah halaman rumah Anda. Tanaman ini juga memiliki banyak khasiat yang bagus.

Tanaman Buah Dalam Pot

Anda yang tidak mempunyai lahan yang besar untuk menanam tanaman buah dapat menggunakan media pot. Banyak tanaman buah yang dapat ditanam dalam pot, selain tidak memerlukan tempat yang luas juga dapat memperindah halaman rumah Anda. Berbagai macam tanaman buah dalam pot seperti.

  1. Tanaman blackberry

Tanaman buah ini termasuk tanaman yang dapat di tanam dalam pot. Anda yang tinggal di daerah dataran tinggu dengan iklim yang sejuk atau dingin dapat mencoba untuk menanamnya.

  1. Tanaman anggur

Tanaman buah anggur dapat Anda tanam di dalam pot yang besar. Tanaman ini juga merupakan tanaman yang tumbuh merambat.

  1. Tanaman lemon

Warna yang terang dan dapat dibuat sebagai minuman membuat tanaman lemon banyak di tanam dalam pot. Namun Anda harus telaten dalam merawat tanaman ini agar berbuah dengan bagus.

  1. Tanaman melon

Tanaman melon merupakan tanaman yang merambat. Anda dapat menanamnya di pot dan membiarkan tanaman itu menjulur ke samping pot atau membuat tempat untuk merambat.

Bibit Tanaman Buah

Bibit tanaman buah dapat dibagi menjadi dua yaitu pembibitan secara generative dan pembibitan secara vegetative.

Pembibitan secara generative merupakan penyerbukan yang menggunakan biji, karena biji dihasilkan dari penyerbukan antara putik dan benang sari.

Sedangkan pembibitan secara vegetative merupakan penyerbukan yang tidak menggunakan biji, tetapi menggunakan akar, batang atau tunas.

Kualitas bibit memiliki pengaruh yang besar untuk budidaya. Dalam hal ini perlu diperhatikan dalam memilih bibit tanaman buah yang baik.

Anda dapat melihat bibit dari bagian daunnya, bagian batangnya serta bagian akarnya dan bagian buahnya.

Budidaya Tanaman Buah

Budidaya tanaman buah dapat dilakukan di suatu lahan yang luas atau bisa juga di dalam pot yang biasa disebut dengan tabulampot.

Untuk orang yang mempunyai lahan yang sempit dan ingin membudidayakan tanaman bisa mencoba tabulampot ini.

Baca Juga : Harga Tanaman Buah Dalam Pot

Selain untuk pemanfaatan lahan dan sebagai tanaman budidaya, tabulampot juga dapat menjadi tanaman hias untuk halaman rumah Anda.

Untuk membudidayakan tanaman buah di dalam pot Anda harus mengetahui karakteristik dari setiap tanaman yang akan Anda tanam.

Karena setiap tanaman memiliki karakteristik yang berbeda-beda. ada beberapa jenis tanaman buah yang dapat ditanam dalam pot seperti buah jeruk, belimbing, sawo, strawberry, blueberry, manga, jambu, anggur seperti yang sudah dibahas di atas.

Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal perlu diperhatikan dalam pemilihan jenis tanaman, pemilihan pot, media tanam, pemupukan, pengendalian OPT dan pemangkasan (penting dilakukan untuk menoptimalkan pertumbuhan tumbuhan). (Baca Juga : Cara Menanam Tanaman Buah Dalam Pot)

Mungkin Anda juga menyukai