Jenis Tanaman Aquascape

Memilih ikan sebagai hewan peliharaan menjadi hobi banyak orang, ikan memang memiliki keunikan tersendiri yang bisa membuat orang yang melihatnya terasa damai. Apalagi bila ditempatkan di aquarium, selain bisa langsung menyaksikan tingkah ikan, aquarium juga bisa menjadi hiasan menarik di dalam rumah.

Membuat suasana aquarium yang menyenangkan sangat disarankan agar ikan bisa hidup dengan baik. Menciptakan aquarium yang cantik ternyata tidak sulit karena sudah mudah ditemukan berbagai keperluan untuk menghiasnya. Sebut saja seperti tanaman aquascape yang bisa dipakai untuk mempercantik sekaligus tempat ikan bisa bersembunyi dan bermain.

Ada begitu banyak ragam tanaman khusus di dalam air untuk aquarium, bagi Anda yang sedang mencari referensi, berikut beberapa yang bisa Anda pilih.

Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Yang Memberikan Hasil Maksimal

3 Jenis Tanaman Aquascape untuk Aquarium

Tanaman air aquascape yang banyak beredar memiliki jenis berbeda dan memberikan kesan yang unik dengan masing-masing karakternya. Berikut ini 3 jenis tanaman yang paling sering diburu oleh para pecinta ikan hias dan aquarium.

  1. Tanaman Windelov

Windelov menjadi salah satu tanaman aquascape di sekitar kita yang banyak diperjualbelikan. Masuk dalam jenis favorit karena memiliki tampilan yang cantik.

Windelov memiliki ujung yang bercabang-cabang, jika dilihat mirip seperti rumput laut. Panjangnya bisa mencapai ukuran 20 cm sehingga bisa memberikan tempat yang baik untuk ikan bersembunyi.

Gambar tanaman Windelov, tanaman aquascape

Gambar tanaman Windelov

Tanaman ini juga sangat mudah dalam perawatan, cocok bagi Anda yang baru saja memulai untuk menjadi seorang aquascaper. Agar tidak menjalar secara tidak beraturan, sebaiknya berikan tempat untuk merambat dengan mengikatkannya pada batu atau kayu sehingga aquarium terlihat lebih tertata.

Baca Juga : Harga Tanaman Aquarium

  1. Tanaman Elatine Triandra

Elatine Trianda merupakan jenis tanaman aquascape yang bisanya menghiasi bagian dasar atau lantai aquarium sehingga sering juga disebut dengan istilah carpet plant. Tanaman ini memiliki tampilan yang rupawan dengan warna hijau yang segar.

Tampilannya sangat mirip dengan rumput yang biasa tumbuh pada halaman rumah. Kehadirannya sangat membantu dalam mencitpakan kondisi aquarium yang lebih hidup dan indah. Tanaman ini biasanya hidup dalam media tanah yang berlumpur, serupa dengan tanaman aquascape di sawah.

Jenis tanaman ini bisa hidup lama dan cenderung mudah dalam hal perawatan.

Baca Juga : Gurihnya Peluang Usaha Ternak

  1. Tanaman Anubias Coffeefolia

Anubias Coffeefolia merupakan tanaman air yang berasal dari Afrika Barat. Tanaman ini terbilang tangguh dan dapat bertahan lama dalam kondisi air yang kekurangan cahaya bahkan dengan kadungan karbondioksida yang rendah jadi tumbuhan ini bisa dibilang sebagai tanaman aquascape tanpa CO2.

Hal ini juga berpengaruh pada perawatannya yang tidak sulit. Tanaman ini memiliki tampilan fisik dengan daun yang agak lebar, yang menjalar dan tumbuh dengan rapi, tumbuhnya juga serempak sehingga membuat aquarium semakin menarik. Warna daunnya cenderung hijau dan bisa berubah menjadi merah kecokelatan.

Baca Juga : Nama-Nama Tanaman Aquascape Yang Populer

Itulah 3 jenis tanaman aquascape yang paling banyak dicari dan tentunya sangat mudah untuk dirawat.

Bagi para permula bisa menjadikan ketiganya sebagai percobaan awal sekaligus latihan, karena ternyata tidak mudah juga dalam menangani ataupun merawat tumbuhan aquarium tersebut. Dibutuhkan perhatian dan perawatan yang maksimal agar tanaman tumbuh dengan baik dan dapat menjadi hiasan yang indah pada aquarium.

Baca Juga : Harga Tanaman Aquascape 2018

Hal yang harus diperhatikan adalah selalu menjaga kondisi kebersihan, kondisi CO2 dan kadar pH di dalam air. Semuanya demi kebaikan para penghuni aqurium, termasuk ikan dan tanaman yang ada di dalamnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *