Jenis-jenis Ikan Koi

Ikan yang harganya bisa mahal banget ini ternyata asalnya dari jepang.  Ikan yang tetuanya ikan mas ini di silang-silangkan oleh petani di Jepang dan ada yang hasilnya berkulit indah dan  diberi nama ikan Koi.

Harga dan nilai ikan Koi di lihat dari warna, komposisi warna dan bentuk badannya.

Baca Juga : Mengenal Jenis Ikan Koi : Pengenalan Bisnis Ikan Koi

Apa saja siy jenis-jenis ikan Koi ini?

7 Jenis-Jenis Ikan Koi Jepang dan Harganya

  1. Shiro Utsuri Koi : Keelokan Koi Bercorak Zebra

Koi cantik ini memiliki warna yang seperti zebra, belang-belang hitam dan putih.  Ikan ini memiliki nilai tersendiri dan menantang untuk dipelihara.  Bagi pecinta ikan Koi memelihara Koi jenis ini memiliki seni yang unik karena dalam pertumbuhannya, ikan bisa mengalami perubahan.

Memilih Shiro Utsuri untuk dipelihara kita perlu memilihnya dengan cermat.  Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah mulai dari kepalanya.  Kepala Shiro Utsuri harus memiliki unsur hitam dan putih.  Shiro Utsuri yang hanya memiliki satu warna di kepalanya tidak akan menarik dalam kontes.

Selanjutnya, pola antara warna hitam dan putih juga diperhatikan.  Komposisi warna hitam yang disukai adalah 40% hitam dan 60% putih.  Pola hitam hitam berbentuk huruf V pada bagian kepala turun hingga bagian wajah merupakan pola yang paling banyak disukai.

Ketika kontes dilakukan, juri biasanya akan lebih senang Shiro Utsuri yang memiliki warna putih sekitar 50% lebih di badannya.  Dibandingkan dengan yang 50% : 50% hitam banding putih.

Hindari memilih Shiro Utsuri yang memiliki spot atau bintik hitam.  Termasuk yang memiliki warna hitam mendominasi tubuhnya.

Shiro Utsuri muda seringkali belum memperlihatkan warna hitam dan putih  yang tegas karena masih ada pigmen yang belum tumbuh sempurna.  Ini yang kemudian membuat Shiro dewasa bisa berbeda dengan Shiro muda.  Karena pigmen warnanya belum terlalu kuat muncul.

Jika untuk warna badan dicari dominasi warna putih, maka untuk bagian sirip cari yang seluruhnya berwarna hitam.  Keseimbangan warna sirip juga berpengaruh dan memberikan nilai yang besar.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah bercak warna lain.  Pastikan tidak ada bercak warna selain hitam dan putih karena itu akan mengurangi keindahan Shiro Utsuri.

Selain sirip dan warna, bentuk badan juga akan menjadi faktor yang perlu diperhatikan juga.  Bentuk badan yang kekar seperti torpedo akan memberikan sinyal bahwa Shiro ini bisa menjadi ikan koi jumbo.

Harga Koi Utsuri berkisar antara Rp. 25.000 sampai Rp. 2.500.000  tergantung ukuran dan asalnya.  Yang mahal adalah Utsuri yang import dari Jepang dan bersertifikat.

  1. Koi Ogon Aka Hikarimono

Hikarimono atau lebih banyak dikenal Ogon merupakan Koi dengan warna metalik dan hanya memiliki satu warna saja.  Dalam bahasa Jepang Hikari berarti metalik atau berkilau, sedangkan mono berarti satu.  Kalau ogon artinya emas.

Gambar Koi Hikarimono

Gambar Koi Hikarimono

Koi ogon terdiri atas beberapa jenis yang didasarkan pada warna ikannya.  Ikan yang berwarna putih metalik akan disebut Patinum Ogon.  Ogon yang warnanya kuning terang dan hampir seperti emas disebut Yamabuki ogon.

Nezu ogon merupakan ikan koi metalik dengan warna dasar abu-abu.  Jika Orenji ogon merupakan ogon yang berwarna orange metalik.

Kekuatan ogon terletak pada kualitas hikari atau kecermelangannya.

Harga Koi Ogon dibandrol antara Rp. 200.000 – Rp. 1.000.000 tergantung ukuran, warna dan kecermelangannya.

  1. Kujaku Koi : Koi Laksana Burung Merak

Kujaku merupakan jenis koi yang berkembang belakangan ini.  Semakin lama peminat koi jenis ini semakin banyak.

Kujaku adalah Koi metalik (ogon) dari varian Matsuba dengan pola warna merah atau orange seperti pola pada Kohaku. Pola matsuba dari Kujaku Koi mirip seperti bulu burung merak itu sebagnya koi jenis ini diberinama Kujaku (Burung Merak dalam bahasa Jepang).

Harga dipasaran untuk koi jenis Kujaku Koi adalah Rp. 100.000 – Rp. 750.000 an.

  1. Ochiba : Keindahan “Autumn Leaves On Water”

Ochiba ini tergolong varietas Koi yang baru diperkenalkan di bandingkan dengan varietas koi lainnya. Akan tetapi pesona Ochiba telah membuat banyak penggemar koi di seluruh dunia tertarik padanya.

Nama panjang Ochiba adalah Ochiba Sigure yang secara harfiah diartikan sebagai “Autumn  Leaves on The Water”.

Warna sisik yang bersinar sempurna memberikan kesan sebagai daun yang mengambang di atas air.  Ochiba sigure  memiliki pola warna abu-abu, kuning, tembangga atau perunggu yang akan terlihat seperti daun yang jatuh di musim gugur.

Harga yang di tawarkan oleh penjual untuk Koi Ochiba antara Rp. 20.000 – Rp. 350.000 an.

  1. Doitsu Koi Tanpa Sisik

Doitsu merupakan koi yang tidak memiliki sisik di sekujur tubuhnya.  Daitsu Koi hampir bisa dijumpai pada semua jenis ikan koi.  Misalnya saja Doitsu Kohaku, Doitsu Sanke dan lain sebagainya.

Karena tidak memiliki sisik, biasanya Kiwa (batas tepi warna) pada doitsu cukup tajam yang menjadi salah satu kriteria Koi yang baik.

Harga Doitsu Koi bisa mencapai Rp. 5.000.000 untuk koi yang bersertifikat.

  1. Koi Shusui

Koi Shusui pada dasarnya adalah koi yang memiliki sisik hanya pada sepanjang punggungnya saja.  Warna sisik pada bagian punggung adalah nila.

Memilih Koi Shusui yang baik memiliki ciri-ciri :

  • Sisik pada sepanjang punggung berwarna biru
  • Pola sisik pada sepanjang punggung harus rapi dan meliputi dari bawah kepala sampai punggung
  • Pola sisik di punggung harus rapi dan tidak ada sela
  • Tidak ada sisik lain di luar sepanjang punggung. Jika ada sisik diluar punggung akan mengurangi nilau Shusui.

Harga koi jenis Shusui di pasaran antara Rp. 125.000 – Rp. 4.000.000

  1. Koi Gin Rin

Koi Gin Rin adalah koi yang memiliki sisik berkilauan di sekujur tubuhnya.  Warna berkilau yang dimiliki sisik Gin Rin adalah hasil refleksi pigmen warna yang terletak di bawah sisik ikan ini.  Semua jenis koi berpotensi memiliki pola Gin Rin hanya saja pola Gin Rin pada berbagai jenis koi terkadang tidak merata di sekujur tubuh koi.

Harga Koi Ginrin bisa diatas lima ratus ribuan.

Baca Juga : Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula

Sebagai salah jenis ikan termahal, Koi ini menarik untuk di pelihara dan di jadikan peluang bisnis.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *