Ikan Bawal, Sumber Protein Yang Bagus Untuk Kecerdasan Otak

Ikan bawal merupakan  ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Di Brazil, bawal banyak ditemukan di sungai amazon.  Juga banyak ditemukan di sungai Orinoco, Venezuela.

Selain di Indonesia, ikan bawal juga banyak tersebar di seluruh dunia.  Di Amerika dan Inggris, ikan ini disebut dengan nama red bally karena bagian perutnya berwarna kemerahan.

Ikan bawal pertama kali masuk ke Indonesia sekitar tahun 1986.  Awalnya ikan ini di perdagangkan sebagai ikan hias.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Koi

Ikan bawal termasuk ke dalam jenis ikan yang laju pertumbuhannya sangat cepat.  Dalam waktu 3 bulan berat badannya dapat mencapai 1 kg.

Ikan bawal termasuk ke dalam ikan pemakan daging.  Apabila pakan di kolam habis makan dia akan memakan sesamanya.

Gambar Ikan Bawal

Gambar Ikan Bawal

Karena produksinya setiap tahun meningkat, maka ikan bawal pada akhirnya menjadi ikan konsumsi.  Selain juga karena rasa dagingnya yang enak dan empuk.

Baca Juga : Makanan Ikan

Jenis – Jenis Ikan Bawal

Ikan bawal ada yang hidup di air tawar, namun ada juga yang hidup di laut.  Berikut ini adalah jenis-jenis ikan bawal air tawar dan laut.

  1. Ikan Bawal Hitam

Ikan bawal hitam memiliki nama internasional black pomfret.  Di Indonesia ikan bawal hitam dapat ditemukan di Laut Jawa, Selat Malaka, sepanjang perairan Kalimantan, Sulawesi Selatan, Laut Arafuru, ke utara sampai teluk Bengal. Teluk Siam, sepanjang Laut Cina Selatan dan Filipina.

Biasanya ikan bawal hitam ini hidup pada dasar perairan yang berlumpur terutama daerah muara sungai.

Bentuk tubuh ikan bawal hitam pipih dengan tinggi tubuh yang tinggi sehingga akan terlihat seperti belah ketupat. Warna tubuhnya abu-abu keunguan di bagian atas dan putih perak di bagian bawah.

Makanannya adalah tumbuhan dan sering memakan udang, ikan kecil, maupun hewan lainnya.  Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi dipasaran.

Baca Juga : Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal

  1. Ikan Bawal Putih

Ikan bawal putih sering juga disebut dengan naman kuli paser putih.  Nama internasional untuk ikan bawal putih adalah silver pomfret.

Hidup di daerah perairan pantai, payau atau bisa juga di air tawar.

Sama seperti ikan bawal hitam, ikan bawal putih hidup di dasar perairan yang keadaan dasarnya berlumpur sampai kedalaman 100 m dan cenderung berada pada kedalaman 15 – 25 m.

Penyebarannya di Indonesia meliputi daerah pantai timur Indonesia, Laut Jawa, sebagian timur Sumatera, pantai laut Cina Selatan.

Ikan bawal putih memiliki bentuk tubuh yang sangat lebar menyerupai belah ketupat.  Makanan ikan bawal putih adalah plankton kasar udang dan ikan-ikan kecil.

Tinggalnya di kedalaman 100 m dan sering membentuk gerombolan dalam jumlah besar.

Warna tubuh ikan ini abu-abu di bagian atas dan putih perak di bagian bawah.  Sirip-siripnya berwarna sedikit gelap.  Ukuran tubuh ikan bawal putih yang tertangkap biasanya antara 15 – 20 cm dan panjang maksimal dapat mencapai 29cm.

Bobot maksimal ikan bawal putih adalah 1,5 – 2 kg per ekor.

Ikan bawal putih ditangkap menggunakan jaring insang dasar.

Baca Juga : Mengenal Jenis Ikan Mas Konsumsi Yang Ada Di Indonesia

  1. Ikan Bawal Air Tawar

Ikan bawal air tawar memiliki tubuh membulat dengan perbandingan antara panjang dan tingginya 2:1.  Warna tubuh bagian atasnya abu-abu gelap, sedangkan bagian bawahnya berwarna merah disekitar sirip dada dan sirip perut.  Kepala ikan bawal berukuran kecil dengan bibir bawah lebih tebal dari bibir atasnya.

Ikan bawal memiliki kandungan nutrisi dan omega 3 serta omega 6 AA.  Karena kandungan kalori dan karbohidratnya rendah, maka ikan ini cocok untuk mereka yang sedang menjalani program diet.

Kandungan proteinnya yang tinggi, akan sangat baik jika ikan bawal disajikan untuk anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan.  Protein tinggi akan membantu pertumbuhan anak-anak serta mencerdaskan otak.

Baca Juga : Mengenal Jenis Ikan Koi : Pengenalan Bisnis Ikan Koi

Jenis-jenis Olahan Ikan Bawal

Ikan bawal bisa disajikan dalam bentuk ikan bawal goreng, ikan bawal bakar atau ikan bawal asam manis.  Olahan masakan itu bisa disesuaikan dengan selera keluarga.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *