Ikan Arwana

7 min read

Arwana Golden Red

Jenis Ikan Arwana

Ikan arowana atau ikan arwana merupakan jenis ikan tawar yang memiliki nama latin Osteoglossidae.

Jenis ikan ini memiliki berbagai macam ukuran berdasarkan jenisnya, tempat asal dan lingkungannya.

Ada berbagai macam jenis ikan arwana yang ada di dunia. Namun, jenis yang dapat dipelihara berasal dari Asia, Amerika Selatan, Australia sampai Afrika.

Untuk wilayah Indonesia, ikan ini banyak kita temukan di daerah Kalimantan dan Papua.

Arwana Brazil

Ikan ini merupakan jenis ikan yang berasal dari Amerika Selatan, namun saat ini sudah banyak dikembang biakkan di daerah Indonesia.

Jenis arwana Brazil ini memiliki bentuk tubuh yang berbeda, bentuk tubuhnya panjang dengan sirip yang panjang serta tubuh berwarna silver.

Bagian tengah badan sampai bagian ujung ekor memberikan kesan yang anggun ketika berenang. Harga dari ikan brazil terjangkau karena banyak kita temukan di daerah Indonesia.

Ketika dewasa ikan brazil memiliki ukuran yang bisa mencapai 1 meter. Ikan Brazil atau ikan silver arowana ini memiliki keunikan yaitu mampu melompat dari dalam air ke udara untuk menangkap mangsanya.

Salah satu jenis ikan ini biasanya ditawarkan mulai dari harga Rp 2.000.000,-.

Ikan Arwana Silver

Ikan yang berasal dari negara Brazil dan negara Kawasan Amerika Selatan ini memiliki nama latin yaitu Osteoglossum bicirrhosum.

Arwana Silver Brazil
Arwana Silver Brazil

Jenis ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang paling popular dan banyak dipelihara sebagai penghias aquarium.

Hal tersebut dikarenakan harga dari ikan silver ini lebih murah jika dibandingkan dengan jenis yang lain.

Habitat dari ikan silver ini berada di sungai dengan arus tenang dan air agak sedikit keruh. Di Indonesia sendiri ikan arwana sudah banyak dibudidayakan dan diperjual belikan.

Arwana Asia

Arwana atau siluk merah merupakan salah satu ikan air tawar yang asli berasal dari sungai-sungai Asia Tenggara. Ikan ini memiliki nama latin Scleropages formosus.

Pada umumnya ikan dari asia memiliki warna yang keperak-perakan dengan badan yang panjang dan sirip dubur terletak di belakang badan.

Ikan jenis ini juga sering disebut dengan ikan naga karena sering dihubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Ikan dari asia ini tergolong satwa langka Indonesia dengan habitat asli di Kalimantan dan Papua.

Habitat untuk tempat hidupnya berada di tepian sungai yang ditumbuhi dengan pepohonan, dimana pohon tersebut memiliki akar di dasar sungai dengan batang pohon di dalam air, tetapi daun-daunnya rimbun di atas.

Di tempat itu ikan berkembang biak serta bersembunyi dan untuk memberikan makan dapat menggunakan pakan alami seperti mikrokrustasea, insekta, ikan kecil, crustaceae serta sedikit material tumbuhan.

Arwana Irian

Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang tidak kalah cantik dengan jenis ikan hias lainnya.

Jenis ikan irian ini memiliki badan yang lebar dan tebal dengan sisik berwarna-warni sehingga terlihat cantik dan anggun.

Bagian tubuhnya terdapat bercak yang berwarna merah dan kuning, untuk sirip dan badannya didominasi dengan warna hijau tua.

Selain itu pada bagian muka ikan irian ini terdapat guratan kemerahan yang biasa dikenal dengan nama Northem Spotted Barramundi.

Jika anda ingin memelihara jenis ikan ini maka anda perlu memperhatikan kualitasnya.

Ikan dari irian yang layak dipelihara ini memiliki sirip dan sisik yang utuh, sungutnya tidak patah atau pun tertekuk, bola mata bening serta tidak juling.

Bercak merah pada kedua siripnya juga hampir sama.

Arwana Jardini

Arwana Jardini atau arwana irian merupakan salah satu jenis ikan arwana yang berasal dari perairan Indonesia, terutama perairan Merauke.

Arwana Jardini
Arwana Jardini

Nama ilmiah dari jenis ikan ini yaitu Scleropages jardini.

Memiliki sisik tubuh yang berkilauan sangat indah seperti Mutiara jika terkena sinar pada sudut yang tepat, sehingga disebut juga dengan ikan Mutiara.

Apabila dilihat dari bentuk fisiknya, sisik arwana jardini ini ada tujuh atau delapan baris dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan arwana asia.

Corak dasarnya berwarna coklat dengan bintik-bintik kemasan pada bagian tengah sisiknya, bagian kepala, bagian sirip dan bagian ekornya.

Di tepi sisik ada pola cincin melingkar seperti bulan sabit dan berwarna hijau atau merah.

Ada dua jenis arwana yang berasal dari Papua ini yaitu red pearl dan green pearl.

Jenis red pearl mudah untuk dikenali dengan adanya beragam corak seperti garis bercoret berwarna merah muda di sekitar mata dan penutup insangnya.

Untuk jenis green pearl warnanya polos dengan sisik berbintik kehijauan dan sirip berwarna abu-abu dan hitam. Ada beberapa spot putih yang dapat ditemukan pada bagian sirip punggung dan sirip anal.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Koi

Arwana Kalimantan

Ada beberapa jenis ikan yang berasal dari Kalimantan. Mungkin setiap orang yang suka atau gemar memelihara ikan ini mengetahui berbagai jenisnya.

Sekarang ini ada berbagai macam arwana yang beredar di perairan Indonesia, dari mulai bibit ikan sampai yang sudah dewasa.

Salah satu arwana yang banyak ditemukan di Kalimantan yaitu arwana merah atau arwana super red. Ada dua tempat yang terkenal menjadi habitat bagi ikan arwana super red ini yaitu danau Kapuas dan danau Sentarum.

Jenis ikan ini terbagi menjadi empat varietas yaitu merah emas (golden red), merah darah (blood red), merah orange (orange red), serta merah cabai (chili red).

Ikan Arwana Super Red

Arwana super red banyak ditemukan dan berasal dari Kalimantan Barat, di sungai Kapuas dan Sentarum. Ketika masih muda arwana super red memiliki warna merah di seluruh tubuh.

Arwana Super Red
Arwana Super Red

Namun ketika sudah dewasa ikan warna merah ini akan merambat hampir di seluruh tubuhnya terutama pada bagian sisik dan tutup insang.

Oleh karena itu warnanya menjadi merah merona atau yang biasa disebut dengan merah permata delima. Selain itu,  matanya tidak juling untuk keduanya tetapi tidak dapat focus pada satu arah.

Arwana Banjar

Pada umumnya jenis arwana banjar memiliki warna merah dengan level dua.

Namun, warna yang terlihat tidak seperti arwana merah. Panjang arwana jenis ini biasanya berkisar antara 90 cm, sehingga jik anda ingin menempatkannya di aquarium maka anda memerlukan aquarium yang cukup besar.

Selain itu, arwana banjar juga terkenal sangat aktif dalam bergerak dan memiliki ciri khas yang dapat dilihat dari siripnya.

Sirip arwana banjar berwarna oranye dan ekor yang berwarna kekuningan. Namun, setiap jenis arwana banjar tentunya memiliki perbedaan ciri-cirinya.

Ada tiga jenis arwana banjar yang bisa anda pelihara sebagai ikan hias di rumah diantaranya :

  1. arwana banjar red,
  2. arwana banjar golden red, serta
  3. arwana banjar super red.
Arwana Red Banjar

Para pecinta arwana pasti tahu dengan salah satu jenis arwana red banjar atau banjar red. Ikan arwana jenis ini termasuk dalam ikan yang berwarna merah kelas dua atau dibawah ikan arwana super red.

Arwana Red Banjar
Arwana Red Banjar

Warna merah pada badan ikan arwana red banjar tidak mencolok dengan warna dasar kehijauan dan kekuning-kuningan.

Sisiknya berbentuk tapal kuda dengan didominasi warna merah muda pada sisik di sekujur tubuhnya. Memiliki sirip yang berkilau kuning agak kehijauan serta warna merah kekuningan.

Di daerah asalnya yatu Kalimantan Barat atau lebih tepatnya di sungai Kapuas, Pontianak ikan arwana red banjar bernama ikan siluk sirip merah.

Ikan arwana red banjar ketika masih muda dan berukuran sekitar 10-15 cm terlihat sama dengan arwana super red.

Namun ketika ikan jenis ini berukuran sekitar 15-20 cm sudah berbeda karena telah terjadi mutase dan perubahan warna. Warna dari arwana red banjar semakan kalam dengan ekor yang terlihat berwarna oranye.

Arwana Golden Red

Ikan arwana golden red atau ikan arwana emas ini berasal dari Indonesia. Pada umumnya ikan arwana memiliki bentuk yang sama yaitu panjang dan dengan sisik yang besar-besar.

Warna dasar kulitnya bermacam-macam ada warna biru, hijau, hitam dan keemasan.

Arwana Golden Red
Arwana Golden Red

Selain itu, sisik dari ikan arwana golden red ini berwarna emas, sirip berwarna merah dan punggung kehitaman dengan ukuran tubuh mencapai 40 cm.

Siripnya berwarna emas kemerahan, sehingga disebut dengan arwana golden red.

Keunikan dari jenis ikan ini yaitu memiliki sungut di dekat bibirnya yang besar seperti duri yang menancap.

Habitat ikan arwana golden red ini memang asli berasal dari perairan Indonesia, terutama di daerah Sumatera.

Selain itu juga banyak ditemukan di berbagai perairan Riau dan Kepri.

Namun tidak hanya di Indonesia saja, karena ikan jenis ini juga sudah menyebar sampai ke benua Eropa, Asia dan Amerika.

Salah satu jenis ikan arwana yang satu ini semakin berkurang sehingga perlu adanya pemijahan atau penangkaran benih ikan arwana golden red, agar tidak punah.

Ikan Arwana Silver Albino

Apakah anda tahu seperti apa ikan arwana albino?

Ikan arwana silver albino memiliki ciri yang mirip dengan ikan arwana silver Brazil, hanya saja warna tubuhnya yang berbeda.

Arwana Albino
Arwana Albino

Bagi anda yang belum mengenal ikan arwana tentu akan sulit membedakannya. Ikan albino memiliki warna yang lebih pucat dan warna agak kekuning-kuningan.

Untuk lebih jelas dalam membedakannya dapat dilihat dari matanya. Mata ikan arwana silver albino memiliki warna dasar merah yang berasal dari pembuluh darah halus, karena ikan arwana silver albino tidak memiliki pigmen sama sekali.

Warna badan yang agak kekuning-kuningan juga merupakan warna dari daging ikan yang terlihat tanpa ditutupi oleh warna sisik ikan tersebut.

Ikan Arwana Pino

Ikan arwana memang salah satu ikan hias yang banyak di pelihara oleh masyarakat karena warna dan bentuk tubuhnya yang menarik.

Sekarang ini ikan arwana pino sudah banyak diperjual belikan di pasar, karena sudah banyak pembudidaya ikan yang berhasil.

Untuk merawat jenis ikan arwana ini ternyata mudah, cukup dengan menempatkan arwana pino ke aquarium yang berukuran 100 x 50 cm.

Sedangkan untuk makanannya anda dapat menggunakan pellet ikan atau pun bisa juga menggunakan ikan kecil, udang, cacing dan juga kodok.

Arwana Golden Pino

Ikan arwana golden pino ini banyak ditemukan di negara Asean seperti Myanmar, Kamboja, Thailand dan Indonesia. Sekarang ini banyak orang yang memperjual belikan ikan arwana golden pino.

Karena ikan ini termasuk jenis ikan arwana yang memiliki harga cukup mahal di pasaran, sehingga pembudidaya ikan jenis ini akan mendapatkan untung banyak.

Arwana Golden Pino
Arwana Golden Pino

Ciri khas ikan anakan arwana golden pino ini berwarna hijau kekuningan. Seiring bertambahnya usia warnanya akan dimana ketika dewasa akan berubah menjadi warna kuning keemasan.

Pada sirip bagian atas ikan berwarna hitam, sedangkan untuk sirip bagian ekor dan bawah berwarna merah kehitaman.

Bentuk kepalanya lebih besar dengan bagian atas berwarna hitam kekuningan dan warna pipi berwarna emas kekuningan.

Ikan Arwana Green Pino

Ikan arwana green pino merupakan ikan yang termasuk dalam kategori jenis ikan predator yang mudah dipelihara.

Harga yang ditawarkan dari ikan arwana green pino ini lebih murah dibanding dengan jenis ikan arwana lainnya.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya penangkar atau pun pembudidaya dari Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Selain itu cara untuk membudidayakannya juga mudah.

Arwana Green Pino
Arwana Green Pino

Meskipun memiliki harga yang murah dibanding dengan jenis yang lain, namun ikan green juga memiliki ciri-ciri yang cantik dan tak kalah dengan jenis ikan arwana lainnya.

Memiliki warna krem terang yang diselangi dengan warna hijau. Selain itu ada juga warna hijau gelap, warna hijau dengan abu-abu tua bahkan sampai ke sirip, punggung, anal dan juga ekor.

Arwana Crossback

Varietas crossback merupakan bagian dari varietas arwana golden. Varietas ikan ini dapat dijumpai di berbagai tempat atau daerah di Malaysia.

Arwana Cross Back
Arwana Cross Back

Maka dari itu sering dijuluki sesuai dengan nama tempat asalnya seperti golden Pahang, bukit merah bule dan msih banyak lagi.

Mengapa ikan arwana jenis ini disebut crossback? Karena ketika dewasa varietas ini memiliki warna emas penuh sampai melewati punggungnya.

Harga ikan arwana crossbac juga sangat mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, karena termasuk hewan yang jarang ditemui.

Ikan jenis crossback ini terbagi menjadi beberapa kelas berdasarkan kelas dasar sisik diantaranya yaitu warna dasar ungu, biru, emas serta perak.

Arwana gold yang memiliki warna dasar emas dapat mencapai warna penuh pada usia yang lebih muda jika dibandingkan dengan varietas lain.

Ikan Arwana Platinum

Anda pecinta ikan arwana tentu tahu dengan jenis-jenis ikan arwana. Salah satu jenis ikan arwana ini merupakan jenis ikan hias termahal di dunia dengan ukuran 15 inchi.

Arwana Platinum
Arwana Platinum

Kekhasan dari ikan arwana platinum ini memiliki warna tubuh yang keputihan, yaitu dampak mutasi yang sangat langka diantara jenis arowana lainnya.

Mengapa jenis arwana yang satu ini harganya mahal?

Karena kesempurnaan yang dimilikinya yaitu tidak ada bintik-bintik putih atau pun warna lain pada tubuh. Namun ikan arwana ini matanya menghadap ke bawah.

Arwana Blue Base

Ikan arwana blue base atau si naga biru arwana ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang hampir mirip dengan golden red atau red tail golden.

Arwana Blue Base
Arwana Blue Base

Namun, warna sisik jensis arwana ini berwarna agak kebiruan dan biasa disebut dengan blue base arwana. Apakah anda tahu darimana asal ikan arwana blue base?

Ikan jenis ini sama dengan jenis ikan crossback golden 24k yang berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia.

Selain itu, Indonesia juga memiliki berbagai jenis ikan arwana diantaranya yaitu arwana super red, golden red, pino, red banjar serta irian atau jardini.

Jenis-jenis Ikan Koi

ucihadiyanto
3 min read

Ikan Koi

ucihadiyanto
2 min read

Budidaya Ikan Koi

ucihadiyanto
2 min read