Hidroponik Kangkung


Tanaman Hidroponik Kangkung

Kangkung hidroponik

Kangkung hidroponik

Hidroponik KangkungKangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang digemari oleh semua masyarakat karena kangkung sangat lezat ketika di masak.

Sayuran ini juga cocok ditanam dengan metode hidroponik karena kangkung dapat tumbuh di air dan darat.

Bagi anda yang suka dengan sayuran kangkung ini dan suka berkebun boleh mencoba menanam kangkung di lahan sekitar rumah anda.

Baca Juga : Hidroponik Cabe

Cara Menanam Hidroponik Kangkung

Menanam tanaman kangkung dengan cara hidroponik sebenarnya mudah dan sederhana. Karena sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat ini tidak memerlukan lahan yang luas untuk tumbuh.

Sehingga sangat cocok jika di tanam dengan menggunakan metode hidroponik. Anda dapat memanfaatkan lahan sempit di rumah anda untuk menanamnya.

Selain itu anda dapat mengaturnya sesuai yang anda inginkan jadi akan terlihat indah. Untuk lebih jelasnya berikut cara menanam tanaman hidroponik kangkung.

Baca Juga : Harga Tanaman Hidroponik

  • Mempersiapkan bahan dan peralatan

Untuk menanam tanaman hidroponik kita memerlukan beberapa bahan dan peralatan sebelumya. Alat yang perlu dibutuhkan yaitu kaleng plastic yang berukuran 5 kg, nutrisi AB mix, keranjang besek, serta busa filter akuarium.

Selain itu siapkan bibit kangkong yang berkualitas. Sebelum ditanam akan lebih baik jika bibit direndam terlebih dahulu dengan air kurang lebih 2 – 3 sendok makan selama satu malam.

Ketika saat direndam terdapat benih kangkung yang mengambang maka benih tersebut dibuang saja karena benih yang mengapung tidak dapat menjadi kecambah.

Baca Juga : Kentang Hidroponik

  • Penanaman kangkung

Setelah benih berkualitas sudah disiapkan kemudian letakkan benih kangkong ke dalam kaleng yang suda disiapkan dan berisi air.

Pastikan jika akar sayur kangkung masuk ke air, tetapi ingat bahwa batang kangkung tidak boleh terendam air.

Karena jika batang kangkung terendam akan membuat tanaman busuk. Ketika benih kangkung sudah terlihat daunnya anda buang airnya lalu ganti dengan larutan nutrisi ABmix 400 ppm.

Setelah kangkung sudah berumur lebih dari satu minggu maka anda perlu meningkatkan nutrisinya menjadi 800 ppm. Sehingga akan membuat tanaman kangkung tumbuh lebih baik lagi.

Baca Juga : Tanaman Sayur Hidroponik

  • Pemeliharaan tanaman

Factor dari keberhasilan dalam penanaman sayur kangkung ini dengan melakukan pemeliharaan pada tanaman.

Pemeliharaan tanaman dengan metode ini harus benar-benar memperhatikan kelembaban serta kualitasnya agar tanaman tumbuh secara optimal meskipun tidak menggunakan media tanah.

Anda perlu mengontrol tanaman tersebut apakah ada hama atau penyakit yang menyerang. Siram tanaman secara rutin dan perhatikan intensitas cahayanya.

Untuk intensitas cahaya yang diperlukan minimal 4 – 5 jam dan jangan lupa memberikan pupuk secara teratur agar unsur haranya tidak kurang.

Hal tersebut akan membuat tanaman akan tumbuh subur dan sehat serta dapat memanen dengan cepat.

Baca Juga : Tanaman Buah Hidroponik

  • Panen

Jika penanaman dan perawatan yang baik maka bisa di panen dalam waktu kurang dari 2 bulan tetapi pada umumnya 2 – 3 hari.

Sebenarnya proses pemanenan tanaman ini sangatlah mudah, yang anda lakukan hanyalah mengangkat media tanam hidroponik ataupun bisa juga dengan mencabut secara langsung.

Namun anda perlu hati2 agar tanaman yang di panen tidak rusak dan layu.

Hidroponik Kangkung Paralon

Sekarang ini banyak masyarakat yang menyukai menanam dengan menggunakan metode hidroponik. Apalagi pada saat sekarang ini kita susah untuk menemukan tanaman sayur dan buah yang sehat dan segar.

Itu karena banyak konsep Bertani konvensional yang masih menggunakan pestisida untuk membunuh hama penyakit.

Sebenarnya hal tersebut dapat berdampak kurang baik untuk tanaman sayur ataupun buah yang di semprotkan dengan pestisida tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat menggunakan metode hidroponik. Anda juga dapat menggunakan berbagai media untuk menanam tanaman menggunakan metode ini salah satunya yaitu menggunakan paralon.

Cara Menanam Hidroponik Kangkung Paralon

Berikut beberapa cara menanam kangkung dengan menggunakan metode hidroponik.

Tahap pertama yaitu persiapan pengumpulan alat dan bahan

Pastikan jika anda sudah menyiapkan bahan bahan yang akan digunkan untuk membuat hidroponik vertical dengan paralon.

Bahan dan alat yang perlu disiapkan yaitu ada paralon dengan ukuran 3 inchi, alat bor listrik, penyambung paralon, penutup paralon, lem paralon, gergaji pemotongan paralon, selang, pompa aquarium, solder, media tanam hidroponik, benih tanaman kangkong serta wadah untuk tanam dari gelas plastic.

Berbagai bahan yang sudah disiapkan akan diolah dengan bantuan alat alat yang telah disediakan juga. Paralon yang dipotong dan di buat lubang pada satu sisi di tutup dengan penutup paralon.

Sisi satunya lagi diberi sambungan paralon agar membentuk jalur air yang akan mengarah ke paralon lainnya.

Tahap kedua yaitu persiapan pembuatan lubang paralon

Untuk proses kedua ini anda dapat melubangi paralon dengan menggunakan mesin bor yang dilanjutkan dengan pembuatan jalur air.

Bagi anda yang baru pertama kali mencoba disarankan untuk membuat dua jalur dengan menggunakn dua paralon.

Pada pembuatan lubang paralon anda perlu menyiapkan alat pelubang mesin bor dengan ukuran yang sama seperti diameter gelas plastic yang sudah disiapkan.

Beri jarak antara lubang yang satu dengan lubang yang lain sekitar 20 cm. Hal tersebut bertujuan agar ketika tanaman kangkung nanti tubuh besar tidak akan berhimpitan dengan tanaman yang ada di sebelahnya.

Setelah dua paralon sudah dilubangi dan panjangnya sama maka anda harus menutup salah satu lubang dengan penutup paralon dan di sisi lain dipasangi penyambung paralon.

Pada sisi lain dari paralon yang telah disambung juga ditutupi dengan penutup paralon. Agar air dapat melakukan sirkulasi putar anda dapat menutup kedua paralon dengan sambungan.

Tahap ketiga yaitu persiapan melubangi gelas plastik

Samakan jumlah gelas plastic dengan lubang paralon. Anda juga perlu membiarkan satu lubang terbuka  untuk pemberian nutrisi hidroponik dalam bentuk cair.

Untuk membuat lubang pada gelas plastic anda dapat mengggunakan solder listrik. Lubangi dengan ukuran kecil pada bagian bawah dan sisi gelas. Setelah itu anda dapat melakukan tahap semai benih.

Tahap keempat yaitu penyemaian benih tanaman dalam busa

Anda dapat menggunakan media tanam busa untuk cara ini. Walaupun banyak media yang dapat digunakan dalam metode ini tetapi media tanam busa ini mampu menyerap air lebih banyak.

Potong kotak busa dan sesuaikan dengan gelas agar dapat masuk ke dalam gelas plastic. Kemudian selipkan benih ke dalam busa dan masukkan busa yang telah diisi bibit tanaman kengkung ke dalam gelas plastic. Setiap gelas terdapat satu busa saja ya.

Tahap kelima yaitu pemberian larutan nutrisi hidroponik secara rutin

Setelah penanaman bibit anda dapat menuangkan air bersih ke dalam paralon lewat lubang yang sudah dikosongkan. Untuk memasukkannya anda dapat menggunakan selang dan pompa.

Perlu diingat jika tinggi air jangan sampai memenuhi paralon dan sisakan ruang agar tanaman dapat memperoleh oksigen.

Selanjutnya, anda hanya perlu menunggu beberapa hari sampai tanaman mengalami pertumbuha secara vegetative atau generative sehingga anda dapat memberikan larutan nutrisi yang telah dibuat setiap hari dengan rutin.

Jangan sampai tanaman tersebut tidak mendapatan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Tunggu sekitar satu bulan atau lebihh untuk dapat dipanen.

Mungkin Anda juga menyukai