Harga Tanaman Sikas

Harga Tanaman Sikas – Sedang menjadi trend dewasa ini, bahwa taman-taman menggunakan tanaman sikas sebagai salah satu ornamen penghiasnya.

Selain karena bentuk pohonnya yang cantik dan indah, sikas banyak dipilih juga karena mudah di rawat.  Dengan pertambahan tinggi tanaman yang lama, membuat tanaman ini juga cocok dijadikan tanaman di taman yang berhalaman sempit. Baca Juga : Cantiknya Padu Padan Tanaman Hias Outdoor Untuk Taman

Bayangkan saja, apabila kita memiliki taman yang minimalis, tapi tanaman yang kita tanam cepat tumbuh besar, wah pastinya akan sangat merepotkan ya.

Keindahan taman bisa rusak dalam waktu yang cepat, sekaligus kita perlu mencari tanaman pengganti.  Atau jika tidak kita perlu sering-sering melakukan pemangkasan.

Tanaman Sikas

Tanaman Sikas

Keungulan-keunggulan itulah yang membuat tanaman sikas menjadi salah satu tanaman yang dipilih untuk menghias taman.

Baca Juga : Harga Tanaman Bonsai 2018

Asal Usul Pohon Sikas

Sebenarnya dari mana siy tanaman sikas ini berasal?

Tanaman sikas karena sekerabat dengan palem-paleman maka memang tumbuh dan berasal dari daerah tropis yang suhunya tinggi dan memiliki 2 musim saja.

Sebenarnya lebih cenderung cocok di daerah-daerah yang panas seperti di pesisir dan dataran rendah. Oleh karenanya kita akan banyak menjumpainya di daerah Asia, Amerika Tengah, Australia, dan Afrika.

Yang lebih menarik lagi adalah, ternyata tanaman sikas ini sudah ada dari jaman dinosaurus, jutaan tahun silam.  Bisa jadi karena alasan itupula lah maka banyak yang menyukai tanaman ini.

Macam-Macam Tanaman Sikas

Ada banyak sekali jenis tanaman sikas di seluruh dunia.  Ada yang menyebutkan 70 jenis, namun ada pula yang menyebutkannya 90 jenis.

Baca Juga : Harga Tanaman Hias 2018

Dari puluhan jenis tanaman sikas itu ada satu yang sangat populer yaitu cycas rumpii.  Tanaman ini paling banyak digunakan dan banyak ditemui di Indonesia.

Pohon Sikas Untuk Taman Minimalis

Kenapa sikas cocok untuk taman minimalis?

Ada beberapa alasan yang menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk di tanam di taman minimalis.  Diantaranya adalah :

  1. Bentuknya yang indah.

Daun sikas berwarna hijau dan batangnya coklat kehitaman dengan bulu-bulu yang ada di seluruh batangnya.  Perpaduan warna hijau segar daunnya dengan batang coklat tuanya inilah yang menjadikan tanaman ini terlihat kompak.

  1. Pertambahan tinggi tanaman yang lambat.

Beberapa mengatakan bahwa sikas hanya bertambah tinggi 10 cm setiap tahunnya.  Ini juga yang membuat harga sikas mahal. Karena untuk mendapatkan sikas yang memiliki tinggi 80 cm membutuhkan waktu yang lama.

  1. Perawatannya mudah

Tidak banyak hama dan penyakit yang menyerang sikas.  Bulu-bulu yang terdapat di sekujur batangnya ternyata juga memiliki fungsi untuk menangkal serangan hama tanaman.

Hama yang paling banyak menyerang sikas adalah hama kutu putih, itu pun sebetulnya mudah di hilangkan dengan menggunakan sikat gigi yang di basahi dengan air detergen.

Caranya adalah : gosok bagian yang terkena kutu putih dengan sikat gigi yang telah di basahi dengan air detergen secara perlahan.  Kemudian amati, maka dalam beberapa hari kutu putih sudah akan hilang dari pohon.

  1. Dapat tumbuh di tanah yang kesuburannya rendah

Daerah-daerah afrika yang kering dan tandus banyak ditumbuhi sikas.  Hal ini menunjukkan tanaman ini mampu tumbuh di daerah yang kering.

Tentu saja dapat dipahami karena memang sikas adalah tanaman tropis.

  1. Mudah di padu padankan dengan aneka jenis tanaman yang lainnya

Bentuk sikas yang kompak menjadikan tanaman ini mudah di kombinasi dengan tanaman lain dalam sebuat desain taman.  Beberapa tanaman yang sangat cocok berpasangan dengan sikas adalah bromelia.

Bromelia dengan daunnya yang berwarna merah, dan sikas yang hijau – berbatang coklat, menjadikan harmonisasi warna taman terlihat sangat cantik.

Baca Juga : Harga Tanaman Aquascape 2018

Karena tanaman ini banyak penggemarnya dan pertumbuhannya yang lambat, maka tidak heran jika sikas termasuk tanaman dengan harga mahal.  Penasaran berapa sebetulnya harga sikas 2018 yang terbaru?

Lanjut saja baca tulisan ini ya, mimin akan uraikan di bawah harga-harga sikas terbaru 2018.

Daftar Harga Tanaman Hias Sikas 2018

No.Jenis SikasHarga (rupiah)Keterangan
1.Harga sikas pakis haji1.500.000Tinggi tanaman 70 cm
2.Harga bibit sikas paksi haji150.000Tinggi tanaman 4 – 5 cm
3.Harga sikas pakis haji sedang1.200.000Tinggi tanaman 50 cm

 

Gimana? Lumayan kan harga tanaman hias sikas 2018?  Tentu saja jika kamu adalah penggemar atau hobiis maka harga segitu bukanlah nilai yang perlu dihindari.

Kenapa? Karena menanam tanaman sikas bukan saja menjadikan taman terlihat lebih indah, namun juga akan membuat gengsi kita sebagai kolektor tanaman langka naik.  Bayangkan saja, tanaman yang kita tanam adalah makanannya dinosaurus … gimana ngga keren coba.

Cara Mendapatkan Tanaman Sikas

Nah sekarang kemana kalau ingin beli tanaman sikas?

Karena tanaman ini ukurannya cukup besar dan harganya juga lumayan sebetulnya akan lebih mudah jika kita membelinya langsung dari penjual tanaman hias yang ada di dekat rumah kita.  Kalau mau pesan ke kami juga bisa….silakan WA ke 0813.9020.3005 untuk informasi langsungnya.

Pilihan ini tentu saja akan mengurangi biaya kirim sekaligus biaya tanam.  Karena kita request agar penjualnya sekalian menanamkan di taman rumah kita.

Enak kan?

Bukan itu saja, jika kita meminta penjualnya untuk menanam sikas langsung, maka kita akan mendapatkan garansi full.  Jika tanaman mati dalam beberapa hari kita bisa meminta ganti ke penjual.

Karena meskipun tanaman ini mudah dirawat, namun tetap saja supaya tanaman tumbuh dengan baik harus tahu teknik menanam sikas dengan benar.

Jadi semakin asyik kan, sudah hemat ongkos kirim, hemat biaya penanaman, masih ditambah garansi lagi, kurang apa lagi coba?

Jadi selamat menikmati sikas di taman sendiri ya.  Salam.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *