Harga Tanaman Pucuk Merah

Harga Tanaman Pucuk Merah – Membahas tentang tanaman hias, sebagian besar dari Anda pasti pernah melihat tanaman pucuk merah.

Tanaman hias daun yang satu ini dapat dengan mudah ditemui di banyak lokasi karena kerap dijadikan sebagai tanaman penambah semarak suasana.

Tanaman ini diberi nama pucuk merah karena memang daun-daun yang berada di bagian pucuknya berwarna merah, berbeda dengan daun tuanya yang bewarna hijau.

Nama latinnya Syzigiun oleana dan merupakan jenis tanaman perdu atau semak. Jika diperhatikan dia mirip dengan tanaman cengkeh karena masih berada dalam satu famili di dalam klasifikasi ilmiahnya.

Baca Juga : Harga Tanaman Aglaonema

Perdu dari tanaman pucuk merah bisa tumbuh sampai dengan ketinggian 50 cm sampai 2 meter.

Tanaman ini biasa ditanam di bagian pinggir atau dibuat sebagai pembatas jalan ataupun bangunan. Tampilannya yang segar dengan perpaduan warna hijau, orange dan merah dapat memanjakan mata para pejalan kaki jika tanaman ini ditanam di sisi jalan.

Untuk mendapatkannya kita bisa membelinya di penjual tanaman hias.

Berapa harga tanaman pucuk merah ini?

Biasanya beragam sesuai dengan ukuran serta tingkat estetika dan ukuran tinggi tanaman.

Untuk bibit dengan tinggi tanaman 20cm harganya berkisar antara Rp. 25.000,00.  Bibit di jual dalam wadah polybag.

Tanaman Pucuk Merah

Tanaman Pucuk Merah

Tata Cara Menanam dan Memelihara Tanaman Pucuk Merah yang Benar

Anda bisa mencoba menanam tanaman hias ini di rumah untuk memberikan warna pada halaman rumah Anda.

Tanaman ini dapat ditanam secara langsung di tanah pekarangan ataupun di dalam pot-pot cantik.

Cara menanam pucuk merah dapat dilakukan secara generatif dari biji maupun secara vegetatif dengan metode seperti stek batang.

Masing-masing metode penanaman memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Menanamn pucuk merah dari biji memang memakan waktu yang relatif lebih lama tetapi tanaman yang dihasilkan akan lebih kuat dan kokoh.

Sementara itu penanaman dengan metode stek batang membuat tanaman tumbuh besar dalam waktu yang lebih cepat, sifatnya persis sama dengan tanaman indukan akan tetapi tanaman tidak sekuat yang ditanam secara generatif dari biji.

Baca Juga : Tanaman Hias Merambat

Dari segi perawatan, cara merawat pucuk merah sebenarnya tidak jauh  berbeda dari tanaman lainnya. Langkah-langkah perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman:

  • Penempatan tanaman

Tanaman ini menghendaki lingkungan dengan cahaya matahari yang cukup. Keberadaan cahaya matahari ini yang dapat mempengaruhi tumbuhnya pucuk-pucuk daun yang berwarna kemerahan.

Akan tetapi tetap perhatikan lokasi penempatan agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung agar tanaman tidak mudah kekeringan.

  • Penyiraman tanaman secara rutin

Setiap tanaman pasti memerlukan air untuk dapat hidup, begitu pula tanaman pucuk merah. Anda perlu rutin menyiram tanaman ini pada pagi dan sore hari agar kebutuhan airnya senantiasa tercukupi.

Baca Juga : Harga Tanaman Anggrek

  • Rutin memangkas tanaman

Tanaman berbentuk semak atau perdu memerlukan pemangkasan rutin untuk menjaga bentuknya tetap indah dan enak dipandang. Pemangkasan dapat dilakukan setiap 2 atau 3 bulan sekali untuk menjaga keindahan bentuk si pucuk merah.

Tanaman hias ini mengandalkan keindahan daunnya, oleh karena itu Anda dapat memberikan pupuk tambahan berupa pupuk daun agar pertumbuhan daun lebih baik dan maksimal.

Tanaman hias ini banyak tersedia di toko ataupun penjual tanaman hias. Harga tanaman hias pucuk merah  tergolong murah jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya yang bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah.

Baca Juga : Tanaman Hias Daun Merah

Anda dapat menghemat pengeluaran dengan memberi bibit tanaman berukuran kecil untuk ditumbuhkan sendiri di halaman rumah Anda.

Menghias rumah dengan beragam tanaman hias selain membuat tampilan rumah semakin cantik juga akan membuat udara di rumah Anda menjadi semakin segar.

Mungkin Anda juga menyukai