Harga Tanaman Bonsai

Tanaman bonsai ini terkenal sebagai tanaman eksotis yang memiliki keindahan eksotis.  Kenapa disebut demikian? Karena memang tanaman bonsai termasuk tanaman seni yang di bentuk penuh dengan cita rasa keindahan.  Kombinasi antara sense of art, teknik, dan waktu yang lama.

Ya, dibeberapa hal yang membuat tanaman bonsai terlihat makin indah dan cantik adalah dari usianya yang semakin tua.  Dan ini seringkali akan membuat tanaman ini memiliki harga yang semakin mahal.

Beberapa kelompok masyarakat menyebut bonsai sebagai tanaman prestise, namun banyak juga yang memang menjadi kolektor bonsai karena menyukainya.

Hobby yang mahal, itulah bertanam bonsai dan mengkoleksi tanaman ini.  Dan tidak semua tanaman bisa dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Rata-rata, tanaman yang dijadikan sebagai tanaman bonsai adalah tanaman yang memiliki kambium dan kayu di batangnya.  Kambium dan serat kayu inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan untuk membentuk tanaman menjadi bentuk yang diharapkan.

Karena termasuk pekerjaan seni, maka membentuk tanaman menjadi bonsai membutuhkan teknik yang juga tidak mudah.  Diperlukan keahlian dan peralatan yang memadai untuk membentuknya.

Tujuan tanaman di bonsai sendiri adalah agar bentuknya semakin indah dan pertumbuhannya terbatas (tidak menjadi besar).

Baca Juga : Step By Step Budidaya Tanaman Bonsai Untuk Pemula

Karena bentuknya yang kecil inilah, bonsai cocok menjadi tanaman yang di letakkan di dalam ruangan.

Namun seiring perkembangan jaman, tanaman bonsai semakin kesini variasinya semakin banyak.  Tidak hanya tanaman berkambium dan berkayu saja yang bisa menjadi tanaman bonsai, namun jenis-jenis tanaman lain pun mulai banyak di jadikan bonsai.

Baca Juga : Harga Tanaman Bromelia

Ingin memelihara bonsai tapi belum punya pohonnya?

Pilihannya bisa membeli bonsai yang sudah jadi, atau membuat tanaman bonsai sendiri.

Membuat tanaman bonsai sendiri, berarti perlu membeli tanaman bakal yang kemudian di bentuk sesuai dengan keinginan.

Supaya hasilnya bagus, maka perlu belajar membentuknya.  Jangan lupa, lengkapi juga perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan.

Proses pembentukan tanaman menjadi bonsai ini juga mengandalkan waktu.  Agar bentuk yang diinginkan sempurna, diperlukan proses agar batang dan ranting pohon yang di maksud akan tumbuh sesuai harapan.

Terutama untuk bonsai serut, dengan melakukan guratan-guratan pada batang tanaman maka kenampakan yang indah ini akan terlihat ketika usia tanaman semakin bertambah.

Pada tanaman bonsai menggunakan pohon beringin, adanya akar gantung yang banyak juga menambah faktor keindahan tanaman.  Kombinasi bentuk serutan, bentuk ranting, serta akar gantung sungguh merupakan perpaduan yang sempurna.

Sepertinya, bukan hanya hanya hal teknis saja yang diperlukan untuk membentuk tanaman bonsai.  Filosofi-filosofi yang mendalam tentang bonsai juga pasti akan sangat membantu.  Terdapat bentuk-bentuk yang menunjukkan filosofi yang mendalam tentang tanaman bonsai ini.

Baca Juga : Harga Tanaman Bougenville

Ingin tahu, berapa siy sebenarnya harga tanaman bonsai yang sudah jadi itu?  Tentu saja informasi ini bisa memberikan wawasan bahwa profesi seniman bonsai juga bisa memberikan hasil yang lumayan.  Atau jika ingin membeli bonsai, bisa mempersiapkan anggaran sesuai dengan harga tanamannya.

Harga tanaman bonsai kecil biasanya malah lebih mahal dibandingkan dengan harga tanaman bonsai yang ukurannya lebih besar.

Gambar Tanaman Bonsai

Gambar Tanaman Bonsai

Baca Juga : Ragam Jenis Tanaman Bonsai Paling Cantik

Jika ingin mendapatkan harga tanaman bonsai murah maka cari yang bentuknya masih bahan.  Dalam arti masih perlu di proses supaya terbentuk menjadi tanaman bonsai.

Langsung saja ya, supaya punya gambaran berapa kah sebetulnya harga tanaman bonsai yang sudah jadi itu?

Daftar Harga Tanaman Bonsai

No.Nama TanamanHarga (rupiah)Keterangan
1.Harga Bonsai Santigi3.500.000
2.Harga Bonsai Kawista2.300.000Tinggi 43 cm
3.Harga Bonsai Lohansung500.000Masih berupa bahan
4.Harga Bonsai Cing Cuan500.000Masin berupa bahan
5.Harga Bonsai Kayu Akar Rasmala50.000Untuk aquascape
6.Harga Bonsai Seribu Bintang300.000
7.Harga Bonsai Waru450.000
8.Harga Bonsai Sisir700.000
9.Harga Bonsai Jeruk Kinkit750.000
10.Harga Bonsai Cendrawasih750.000
11.Harga Bonsai Saeng Simbur Vietnam300.000
12.Harga Bonsai Sianci200.000Masih bahan
13.Harga Bonsai Mame Anting Putri700.000
14.Harga Bonsai Wahong Laut500.000
15.Harga Bonsai Beringin Dolar470.000
16.Harga Bonsai Murbei800.000Sudah berbuah
17.Harga Bonsai Sianci1.700.000Sudah berbunga
18.Harga Bonsai Cemara Udang50.000Untuk taman
19.Harga Bonsai Asem Jawa5.500.000Usia 17 tahun
20.Harga Bonsai Beringi5.300.000Untuk taman
21.Harga Bonsai Serut28.000.000Usia 28 tahun
22.Harga Bonsai serut mikro akar500.000
23.Harga Bonsai Mustam1.500.000
24.Harga Bonsai Gelam Merah3.000.000Untuk taman
25.Harga Bonsai Beringin Taiwan2.500.000

 

Dari tabel di atas terlihat kan, justru semakin tua, harga tanaman bonsai akan semakin mahal.  Karena biasanya jika usianya sudah tua maka bentuk batang dan tanamannya akan semakin unik, cantik dan eksotis.  Selain juga bentuk penghargaan terhadap proses pemeliharaannya yang tidak sebentar.

Baca Juga : Harga Tanaman Brokoli Kuning

Bahkan di jepang, harga bonsai yang semakin melangit biasanya dimiliki oleh yang usianya sudah ratusan tahun.  Tanaman yang biasanya menjadi warisan turun temurun.  Tentu saja hanya orang-orang terpandang saja yang bisa memiliki tanaman bonsai dengan harga setinggi itu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *